Publisitas media adalah salah satu cara terbaik membuat gebrakan besar untuk brand Anda. Meskipun terdapat beberapa macam tipe media event, semuanya memang dirancang untuk meningkatkan perhatian publik.
Merencanakan acara media yang sukses jelas membutuhkan usaha. Akan tetapi, sebagian besar ahli setuju bahwa manfaatnya sepadan.
Misalnya, salah satu keuntungan press conference untuk bisnis yang dapat memberikan informasi lebih jelas agar dapat mengatasi crisis management yang sedang terjadi.
Tipe Media Event yang Populer
Keberhasilan sebuah acara atau media event selama bertahun-tahun telah membuat proyek ini terus digunakan oleh perusahaan, organisasi, dan individu yang ingin menarik perhatian publik. Ini memang salah satu alasan perusahaan perlu agensi PR.
Agar tidak salah melakukan perencanaan sebuah media event, Fiverr menjelaskan beberapa acara yang paling umum dilakukan saat ini.
1. Konferensi Pers
Press conference adalah tipe media event yang paling banyak digelar oleh perusahaan. Ini adalah cara yang paling umum untuk mendistribusikan informasi secara resmi kepada media.
Format ini populer karena memberikan Anda kesempatan untuk segera menjawab pertanyaan yang mungkin muncul dari berita yang Anda bagikan.
Meskipun press conference sering digunakan untuk menangani masalah PR, media event yang satu ini juga efektif untuk penggunaan lain, misalnya mengumumkan kampanye baru atau mempresentasikan terobosan ilmiah.
Jika bisnis Anda mensponsori acara amal, merekrut talenta baru, atau melakukan perubahan besar lainnya, konferensi pers bisa menjadi kesempatan yang tepat untuk menyebarkan berita secara luas.
2. Peluncuran Produk
Peluncuran produk adalah tipe media event yang dirancang untuk memperkenalkan sebuah produk ke pasar. Setelah peluncuran produk, konsumen akan memiliki kemampuan untuk menggunakan produk atau layanan baru.
Ada dua jenis launching produk: soft launching dan hard launching.
Soft launching adalah ketika perusahaan hanya memberikan kesempatan kepada segelintir orang untuk menggunakan produk.
Ini dilakukan untuk melihat apakah basis pengguna mengalami masalah sebelum perusahaan merilisnya ke publik. Setelah itu, perusahaan dapat membuat perubahan sebelum basis pelanggan yang besar memilikinya.
Sebaliknya, hard launching adalah perilisan secara besar atau serempak ke pasar lebih luas. Sebuah perusahaan akan mengerahkan seluruh upaya pemasaran di sekitar hari peluncuran.
Jadi, penting juga bagi PR untuk memahami strategi launching produk yang tepat dan efektif.
3. Photo Op
Photo op adalah tipe media event yang memberikan kesempatan kepada para peserta untuk berfoto bersama dengan politisi, selebriti, atau individu dan produk terkenal lainnya.
Media event yang satu ini pertama kali populer karena digunakan para politisi untuk menjangkau para pemilih dan mendapatkan kepercayaan.
Namun, sekarang acara ini sering digunakan oleh perusahaan untuk memamerkan dan memasarkan produk terbaru mereka atau memperkenalkan manajemen secara positif.
4. Acara Penghargaan
Seperti namanya, media event upacara penghargaan adalah acara di mana individu atau organisasi menerima penghargaan atas pencapaian yang terkait dengan bidang mereka. Acara ini biasanya bersifat semiformal hingga formal.
Biasanya media event ini sering memberikan piala atau kenang-kenangan lainnya kepada para pemenang untuk mengenang acara tersebut.
Kesimpulan
Media event menciptakan peluang bagi pemilik bisnis untuk mendapatkan perhatian publik secara gratis daripada membayar iklan. Acara ini juga sering dipandang sebagai sumber informasi kredibel.
Berikut beberapa tipe media event yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan media exposure.
1. Konferensi Pers
2. Peluncuran Produk
3. Photo Op
4. Acara Penghargaan
Jadi, tipe media event manakah yang cocok untuk acara perusahaan Anda dalam waktu dekat?