Setiap perusahaan bisa mendapat manfaat jangka panjang jika sudah memiliki sebuah blog site, termasuk e-commerce. Mengutip Newbird.com, blog site merupakan salah satu tools konten marketing yang paling terjangkau dibandingkan iklan online berbayar.
Kendati demikian, sebuah blog site yang dikombinasikan dengan iklan online berbayar akan memberikan manfaat untuk perusahaan, termasuk menumbuhkan traffic website e-commerce secara organik.
Bahkan, beberapa pengunjung juga akan bertahan lebih lama di sebuah situs e-commerce jika memiliki konten pada blog-nya.
Selain itu, RadVoice Indonesia juga telah merangkum beberapa alasan e-commerce memerlukan blog site dalam artikel berikut ini.
Alasan E-commerce Perlu Blog Site
Mulai dari peningkatan SEO hingga loyalitas terhadap brand, berikut empat alasan setiap e-commerce membutuhkan blog site.
1. Tingkatkan SEO
Search Engine Optimization (SEO) merupakan hal penting untuk e-commerce. Pasalnya, kehadiran blog site pada sebuah situs e-commerce akan meningkatkan peringkat SEO Anda di mesin pencarian.
Semakin banyak konten yang ditulis, semakin mudah seseorang mencari website Anda. Jika hal ini terjadi, website Anda mungkin akan ditemukan pada halaman pertama situs pencarian.
Untuk hasil terbaik, Anda dapat menggunakan kata kunci yang terdiri dari dua kata sesuai dengan tren terkini. Terdapat beberapa jenis keyword untuk optimasi SEO yang dapat dijadikan acuan.
Selain itu, Anda juga dapat membagikan postingan terbaru melalui media sosial agar lebih mudah menarik pembaca. Link dari blog yang diklik oleh pengguna akan meningkatkan peringkat SEO Anda, lho.
2. Customer Engagement
Customer engagement juga menjadi salah satu hal penting ketika Anda memiliki bisnis e-commerce.
Mengutip TechTarget, customer engagement merupakan sarana yang digunakan perusahaan untuk menumbuhkan loyalitas dan brand awareness dari pelanggan.
Ada banyak cara membangun customer engagement untuk perusahaan e-commerce, salah satunya adalah dengan aktif membuat konten blog.
Buatlah konten yang relevan dan dapat meningkatkan penjualan e-commerce Anda. Jangan ragu untuk selalu melakukan riset, sehingga konten blog Anda akan semakin menarik untuk dibaca.
Anda juga dapat menambahkan gambar atau video pendukung ke dalam blog agar pengunjung tidak bosan saat membacanya.
3. Dapat Membuat Komunitas Online
Ketika Anda rajin membuat konten yang relevan, komunitas online akan terbentuk dengan sendirinya, lho.
Jangan ragu untuk selalu membalas komentar dari pembaca di dalam blog, sehingga pembaca akan merasa diperhatikan oleh Anda. Hubungan baik antara pembaca dan perusahaan akan memberikan banyak manfaat, termasuk membentuk komunitas online.
Selain itu, Anda dapat memberikan kesempatan kepada komunitas untuk menulis di blog perusahaan terkait pengalaman mereka sebagai konsumen.
Jika komunitas sudah terbentuk, maka manfaatnya akan memberikan kemudahan untuk Anda ketika perusahaan sedang mengalami masalahnya.
4. Bangun Brand Loyalty
Anda mungkin memiliki produk atau layanan terbaik di dunia, tetapi jika brand loyalty tidak dibangun, jumlah pelanggan cenderung tetap rendah.
Dalam bisnis berbasis online seperti e-commerce, loyalitas merek adalah hal penting sehingga harus dibangun dengan baik.
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membangunnya adalah melalui blog site. Meskipun tidak memberikan imbas secara langsung dan cepat, blog akan memainkan peran kunci ketika proses membangun brand loyalty.
Postingan yang relevan dan informatif dapat membantu membangun loyalitas brand di depan pelanggan.
Jangan lupa untuk selalu melibatkan komunitas ketika Anda sedang memposting sebuah konten blog. Komunitas pelanggan yang sudah terbentuk akan memberikan imbas positif ketika proses membangun loyalitas brand. Mereka tidak akan ragu mendukung setiap kampanye yang Anda luncurkan.
Kesimpulan
Sebuah e-commerce harus mulai membuat blog site dengan empat alasan berikut, yakni:
- Tingkatkan SEO
- Customer engagement
- Membentuk komunitas online
- Membentuk brand loyalty
Pada akhirnya, Anda tetap harus menulis blog yang relevan dan informatif agar pembaca akan kembali mengunjungi situs Anda. Jadi, apakah Anda sudah siap membuat blog agar website perusahaan berada di halaman pertama Google?