Panduan Memilih PR Agency untuk Bisnis Anda

Pilih PR agency sesuai kebutuhan dan anggaran Anda.

Memilih PR agency yang tepat menjadi salah satu kunci untuk menentukan keberhasilan strategi komunikasi bisnis Anda. 

Dengan banyaknya pilihan, penting bagi perusahaan untuk mempertimbangkan beragam faktor dalam menentukan PR agency yang sesuai kebutuhan.

Lantas, bagaimana cara memilih PR agency yang tepat untuk bisnis Anda?

Memilih PR Agency 

RadVoice Indonesia menjelaskan panduan untuk memilih PR agency yang sesuai bagi bisnis Anda sebagai berikut. 

Relevan dengan Kebutuhan

Pilih PR agency yang memiliki jasa layanan sesuai kebutuhan bisnis Anda. Apakah Anda ingin meningkatkan brand awareness, media coverage, atau mengelola krisis?

Misal: Anda butuh membuat event untuk memperkenalkan bisnis Anda ke audiens, maka Anda dapat memilih PR agency yang memang memiliki spesifikasi terkait event management

Jika Anda ingin menjalin hubungan dengan media untuk kepentingan menyebarkan press release hingga media gathering, maka Anda dapat memilih PR agency yang memang memiliki jaringan media yang luas.

Perusahaan Anda ingin mengirim press release ke media? Hubungi RadVoice sekarang. 

PR agency
Pilih agensi PR yang memiliki jasa layanan sesuai kebutuhan Anda. (Foto oleh Freepik)

Umumnya, PR agency besar memiliki sejumlah jasa sekaligus. Anda dapat memilih dengan lebih leluasa sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Di era digital saat ini, Anda juga dapat mempertimbangkan keahlian PR dalam strategi komunikasi digital seperti media sosial, optimasi SEO, hingga pengelolaan reputasi online. 

Kemampuan digital PR akan membantu perusahaan menjangkau audiens yang lebih luas. 

Cari Tahu Reputasinya

Cara termudah mengetahui reputasi sebuah agensi PR adalah dengan melihat portfolio klien dan kampanye program atau proyek mereka sebelumnya. 

Anda dapat memintanya langsung atau mengecek dari informasi yang biasanya tersedia di website agensi. 

Dikutip dari SSS Communications, Anda dapat melihat dari keberhasilan proyek yang dikerjakan serta ulasan dari para klien.  

PR agency
Anda dapat meminta langsung portfolio atau proyek yang pernah dikerjakan sebagai bahan pertimbangan. (Foto oleh Freepik)

Mereka biasanya juga akan memberikan data terkait keberhasilan sebuah proyek kepada Anda. Hal ini dapat berupa efektivitas kampanye, tingkat eksposur media, maupun dampak brand awareness dan penjualan.

Dari hasil tersebut, Anda dapat menentukan apakah agensi PR itu memang layak untuk membantu perusahaan. 

Berbagai portfolio proyek yang berhasil dijalankan menunjukkan bahwa agensi memiliki kemampuan merancang strategi yang efektif dan terukur. 

Kesesuaian dengan Anggaran Perusahaan

Pastikan untuk memilih agensi yang menawarkan layanan sesuai anggaran perusahaan tanpa mengorbankan kualitas. 

Anda dapat membahasnya sejak awal mengenai seluruh biaya layanan serta detail pekerjaan untuk menghindari biaya tak terduga. 

Agensi PR umumnya mematok biaya per layanan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. 

Jaringan Media yang Luas

Salah satu keuntungan menggunakan jasa PR agency adalah kemampuannya dalam menjalin hubungan dengan media. 

Agensi yang memiliki jaringan media mulai dari cetak, online, televisi, dengan cakupan nasional hingga internasional akan membantu perusahaan mendapatkan liputan yang lebih luas. 

Baca juga: 5 Cara Menggaet Perhatian Media agar Hadir di Konferensi Pers Anda

Agensi PR biasanya menangani beragam klien, sehingga mereka memiliki jaringan media yang luas sesuai kebutuhan. 

Pastikan agensi memiliki koneksi media yang relevan dengan perusahaan Anda. 

Komunikasi Terbuka

Komunikasi yang terbuka antara agensi PR dan perusahaan menjadi salah satu faktor penting keberhasilan sebuah kampanye. 

Anda mesti memilih agensi yang terbuka memberikan laporan, analisis kinerja, maupun saat bekerja sama dengan tim internal perusahaan. 

PR agency
Komunikasi yang terbuka antara agensi PR dan perusahaan menjadi salah satu faktor penting keberhasilan sebuah kampanye. (Foto oleh Freepik)

Memperkerjakan agensi PR juga dapat membuat Anda lebih leluasa dalam mengatur keterlibatan selama proyek dijalankan. Anda dapat meminta laporan terkait aktivitas PR yang dijalankan, misalnya sebulan sekali atau setiap tiga bulan untuk efektivitas kedua pihak. 

Dengan cara ini, Anda tak perlu mengontrol apa yang telah dijalankan oleh pihak agensi setiap saat

Kesimpulan

Memperkerjakan PR agency akan memudahkan bisnis Anda dalam meningkatkan brand awareness maupun menjangkau audiens yang lebih luas. 

Namun, Anda perlu mempertimbangkan sejumlah hal berikut sebelum menentukan dari banyaknya pilihan:

  • Relevan dengan kebutuhan;
  • Cari tahu reputasinya;
  • Kesesuaian dengan anggaran perusahaan;
  • Jaringan media yang luas;
  • Komunikasi terbuka.

Dengan merujuk pada panduan tersebut, kini Anda dapat menentukan PR agency sesuai kebutuhan perusahaan. 

Contact Us!
Contact Us!
RadVoice Indonesia
Hello
Can we help you?