Artikel SEO adalah konten tertulis seperti postingan blog yang ditampilkan di situs web Anda sebagai halaman dengan URL unik.
Selain dioptimalkan untuk mesin pencarian, artikel yang sesuai dengan kaidah SEO juga dibuat dengan tujuan mengedukasi sesuai dengan target audiens bisnis Anda.
Sebuah artikel yang sudah sesuai dengan kaidah SEO membuat website Anda memiliki peluang untuk muncul di halaman pertama mesin pencarian.
Jika sudah berada di halaman pertama Google, Anda akan mendapat berbagai keuntungan, termasuk meningkatkan traffic artikel secara organik.
Untuk mendapatkan hal tersebut, Anda harus memperhatikan kaidah SEO dengan cermat saat menulisnya.
RadVoice Indonesia telah merangkum tips menulis artikel SEO yang efektif berikut ini.
Apa Itu SEO?
Apa itu SEO? Menurut laman Ahrefs, Search Engine Optimization (SEO) adalah praktik mengoptimasi sebuah situs web atau laman web untuk mendapatkan traffic yang lebih berkualitas tinggi dari hasil organik mesin pencari.
Sementara itu, menurut laman Semrush, SEO adalah tentang memenuhi kebutuhan pencarian pengguna dengan membuat konten yang relevan, berkualitas tinggi, dan memberikan pengalaman pada pengguna dengan sebaik mungkin.
Semrush juga mengatakan, aktivitas SEO dapat Anda lakukan secara on-site dan off-site. Karena itu, istilah on-page dan off-page familiar dalam kategori SEO.
Apa saja praktik SEO? Kegiatannya mulai dari riset kata kunci (keyword research), pembuatan konten dan optimisasi, optimisasi secara teknis (technical optimization), dan link building.
Menurut laman Moz, optimasi konten dengan SEO mencakup konten-konten di laman web, video, gambar, daftar usaha kecil lokal, atau aset-aset lainnya, termasuk juga artikel SEO.
“Because organic search is the top method via which people discover and access online, utilizing SEO best practices is essential for ensuring that the digital content you publish can be found and chosen by the public, increasing your website’s organic traffic.”
— Moz
Apa Manfaat Artikel SEO?
Apa saja manfaat pembuatan artikel SEO? Menurut laman SEO.com, manfaat artikel SEO yakni:
- Meningkatkan visibilitas perusahaan atau brand di mesin pencari melalui kata kunci yang relevan dan informasi yang menjawab masalah pengguna
- Meningkatkan profil backlink di mesin pencari, khususnya jika konten bermanfaat dan original
- Meningkatkan metrik di situs web, mulai dari bounce rate, time on page, dan exit rate
- Meningkatkan pendapatan bisnis melalui pencarian di mesin pencari
- Mempercepat frekuensi crawl di mesin pencari
- Memelihara target audiens
- Menjangkau target pasar
- Memungkinkan perusahaan atau brand mengukur skalabilitas SEO
Cara Kerja Artikel SEO
Bagaimana cara kerja artikel SEO dalam mesin pencari? Dilansir dari berbagai sumber, ada dua tahap cara kerja artikel SEO terindeks di mesin pencari.
Pertama, mesin pencari akan mengindeks artikel SEO yang mengandung kata kunci sesuai dengan isi, kemudian menampilkan artikel tersebut.
Kedua, mesin pencari akan memastikan relevansi artikel SEO tersebut sesuai kategori search intent, yakni navigasional, informasional, komersial, dan transaksional. Berikut pembahasannya.
Tahap Pertama
1. Crawling
Ketika Anda mempublikasikan artikel SEO, mesin pencari akan melakukan crawl dengan program komputer untuk melacak laman situs apakah konten baru, updated, atau tidak.
Untuk membantu mesin pencari, satu laman artikel SEO setidaknya punya satu tautan (link) menuju laman tersebut.
2. Indexing
Setelah itu, mesin pencari akan mengindeks setiap laman dan memastikan laman tersebut relevan, logis, dan kontennya tidak mengandung kata kunci spam. Hasil pencarian kemudian akan disimpan dalam basis data.
3. Serving Result
Ketika pembaca mencari artikel SEO Anda dengan kata kunci tertentu, mesin pencari akan menampilkan laman terbaik sesuai kata kunci yang dicari.
Pertama, mesin pencari menampilkan artikel SEO Anda karena kualitas yang baik dan relevan. Kedua, rank laman tersebut dalam laman hasil mesin pencari atau search engine results pages (SERP).
Tahap Kedua
4. Ensuring Relevancy
Setelah menampilkan hasil pencarian artikel SEO Anda, mesin pencari akan membandingkan laman-laman di situs yang telah terindeks dengan kata kunci yang relevan.
Tujuannya, agar pengguna semakin puas dengan hasil pencarian sesuai kebutuhan.
Semrush menyebutkan, terdapat empat kategori intensi atau alasan pengguna mencari informasi (search intent):
- Navigasional: pengguna mencari informasi di situs web yang spesifik. Misalnya, membuka situs web resmi sebuah brand. Contoh: situs web RadVoice Indonesia.
- Informasional: pengguna mencari informasi dari sebuah topik. Misalnya, mencari definisi sebuah kata atau istilah. Contoh: “apa itu siaran pers?”
- Komersial: pengguna meriset pilihan-pilihan dari sebuah produk atau layanan. Contoh: layanan pembuatan siaran pers di RadVoice melawan kompetitor.
- Transaksional: pengguna mencari produk atau brand yang spesifik. Contoh: mengontak hello@radvoice.id untuk pembuatan siaran pers.
5. Ranking
Setelah mesin pencari membandingkan dan menampilkan hasil laman artikel SEO Anda, mesin pencari akan menempatkan laman Anda di ranking tertentu.
Semakin relevan artikel yang ditulis, maka laman artikel tersebut muncul di laman satu mesin pencari.
Tips Menulis Artikel SEO yang Efektif
Jika ingin mendapat hasil yang terbaik, simak tips menulis artikel SEO yang efektif berikut ini yuk!
1. Gunakan Bahasa yang Mudah
Tujuan pertama menulis artikel adalah menyampaikan informasi melalui rangkaian kata.
Jadi, penting untuk Anda selalu memilih bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca.
Posisikan diri Anda bukan sebagai penulis, tetapi pembaca yang sedang mencari informasi melalui artikel di website.
Hindari penggunaan istilah teknis yang sulit untuk dipahami oleh pembaca awam. Anda harus mencari padanan kata yang mudah untuk dipahami.
Manfaatkan tools copywriting ketika menulis artikel SEO, sehingga Anda tidak akan kesulitan dalam proses penulisannya.
Pada akhirnya, tujuan menulis artikel di blog yang Anda lakukan adalah untuk mengedukasi dan memberikan informasi kepada orang awam, bukan pakar di bidangnya.
Seorang pembaca mungkin akan meninggalkan artikel Anda jika terlalu banyak memuat istilah yang sulit dimengerti atau terlalu serius.
Anda juga dapat menggunakan kalimat sesuai dengan tone dari pembaca. Dengan begitu, mereka akan menikmati artikel yang sudah Anda tulis di website.
2. Perhatikan Jumlah Keyword
Keyword menjadi salah satu hal paling penting dalam penulisan artikel SEO.
Jumlah keyword dalam sebuah artikel SEO sangat menentukan hasil akhir di mesin pencarian Google, lho.
Sebuah artikel SEO yang efektif harus memiliki 1-2,5 persen keyword dari jumlah kata yang ditulis di dalamnya.
Jika jumlahnya kurang atau justru melebihi rentang tersebut, artikel Anda mungkin tidak akan terbaca oleh Google.
Jangan ragu untuk memeriksa jumlah keyword ketika menulis artikel SEO, karena hal ini merupakan salah satu cara meningkatkan traffic website Anda.
3. Subheading Harus Sesuai dengan Keyword
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keyword merupakan hal penting dalam penulisan artikel SEO, termasuk di bagian subheading.
Pada bagian ini, Anda harus menuliskan keyword yang sesuai dan tidak boleh diganti meskipun memiliki makna yang sama.
Penggantian keyword pada subheading dapat berdampak terhadap performa SEO dari artikel Anda, jadi tetaplah konsisten dengan pemilihan kata, ya.
4. Rangkum Isi Artikel di Meta Description
Dikutip dari Ahrefs, meta description merupakan salah satu elemen SEO yang wajib diperhatikan saat menulis artikel SEO.
Jadi, penting untuk membuat kalimat yang menarik dan tentunya mengandung keyword utama dari artikel Anda.
Rangkum isi artikel, kemudian tambahkan kalimat tanya pada bagian akhir di kolom ini.
Penambahan kalimat tanya dalam sebuah meta description mungkin akan meningkatkan rasa penasaran para pembaca, lho.
Namun, perlu diingat meta description yang efektif tidak boleh ditulis lebih dari 155 karakter, ya.
Pastikan Anda telah merangkum kalimat yang menarik untuk audiens ketika membaca di bagian awal mesin pencarian.
Anda pun wajib mengetahui cara membuat meta description yang ramah SEO.
Kesimpulan
Menulis artikel SEO menjadi tantangan tersendiri, namun hal tersebut dapat diatasi jika Anda mengikuti tips menulis artikel SEO yang efektif berikut.
- Gunakan bahasa yang mudah dimengerti
- Perhatikan jumlah keyword
- Subheading harus sesuai dengan keyword
- Rangkum isi artikel di meta description
Jika keempat tips berikut diterapkan, Anda tidak akan mengalami kesulitan ketika menulis artikel SEO yang efektif untuk situs perusahaan.
Apalagi, saat ini sudah banyak tools yang dapat dimanfaatkan untuk menulis sebuah artikel dengan kaidah SEO, sehingga hasilnya akan efektif.
Jadi, sudah siap menulis artikel SEO yang efektif untuk traffic website perusahaan Anda? Selamat mencoba!