Press release merupakan media yang digunakan sebuah perusahaan untuk memperkenalkan brand kepada media massa.
Saat ingin melakukan hal tersebut, setiap perusahaan harus selalu menjaga konsistensi merek atau brand voice jika ingin mendapat hasil sesuai target.
Mengutip newswire.com, brand voice merupakan cara perusahaan dalam mengekspresikan pesan untuk produk yang dipasarkan.
Brand voice memiliki dua komponen utama: nada dan gaya. Kedua komponen ini memengaruhi setiap bagian pemasaran dari iklan hingga media sosial setiap perusahaan.
Penting untuk setiap perusahaan selalu menjaga komponen tersebut, bahkan saat menyebarkannya melalui siaran pers.
Konsistensi merek atau brand voice dapat membantu Anda meraih perhatian dari target pasar Anda.
Jika hal tersebut dijaga dengan baik dalam sebuah press release, pesan yang akan disampaikan melalui media massa pun akan tersampaikan dengan baik, lho.
Yuk, simak tips mempertahankan konsistensi merek pada press release dalam artikel berikut ini.
Tips Mempertahankan Konsistensi Merek pada Press Release
RadVoice Indonesia telah merangkum tips mempertahankan konsistensi mereka pada press release. Berikut tipsnya.
1. Konsistensi Bahasa
Konsistensi bahasa menjadi hal yang penting ketika Anda ingin menyampaikan pesan dalam sebuah press release.
Pastikan Anda menggunakan bahasa yang sama ketika menulis siaran pers, sehingga pelanggan akan lebih mudah menerima informasi yang Anda berikan.
2. Konsistensi Gambar
Gambar termasuk foto, grafik, dan infografis adalah bagian dari siaran pers.
Gambar yang digunakan harus konsisten dan mencerminkan merek Anda.
Misalnya, Anda mungkin selalu menempatkan batas biru di sekeliling foto dan logo Anda selalu ditempatkan di pojok kanan bawah.
Hal-hal seperti itu penting untuk diperhatikan, sehingga brand Anda memiliki ciri khas yang mudah diingat oleh pelanggan.
3. Konsistensi Format
Format yang digunakan untuk memperkenalkan brand Anda kepada publik juga harus selalu konsisten.
Fformat yang konsisten akan meningkatkan kepercayaan jurnalis dan pelanggan Anda.
Pikirkan tentang struktur siaran pers media sosial Anda. Tentukan di mana Anda harus menempatkan tombol ‘bagikan’. Setelahnya, pertahankan posisi tersebut.
Jika Anda ingin menyertakan link video atau konten pendukung di sidebar, pastikan posisinya sudah ditentukan dan tidak berubah.
Jangan ragu untuk melakukan peninjauan awal hingga Anda mengetahui format yang ideal untuk siaran pers Anda.
Perubahan kecil dapat dilakukan, tetapi jangan sampai mengubah format awal yang memang sudah dikenal oleh jurnalis atau pelanggan Anda.
4. Judul
Judul dapat memberikan pengaruh positif dan negatif terhadap brand Anda.
Beberapa judul justru dapat menarik rasa ingin tahu pelanggan atau sebaliknya.
Ada cara menulis judul press release yang efektif yang harus Anda ketahui. Pastikan Anda memiliki judul yang sesuai dengan brand Anda.
Jangan lupa untuk melakukan riset terkait kata-kata yang akan digunakan dalam siaran pers.
Jika Anda telah mendapat kata-kata yang sesuai, jangan lupa untuk menyampaikannya dalam siaran pers secara konsisten.
Langkah pertama untuk mempertahankan suara merek yang konsisten adalah mencerminkan misi, nilai-nilai perusahaan, dan target pasar Anda.
Perlu diketahui, brand voice adalah bagian terbesar dari strategi pemasaran perusahaan Anda.
Jadi, pastikan Anda membuatnya secara konsisten agar tingkat kepercayaan wartawan dan pelanggan juga semakin meningkat.
5. Storytelling
Pertimbangkan bagaimana Anda menggunakan kutipan dan membagikan informasi dalam siaran pers Anda.
Storytelling menjadi hal yang penting karena akan membangun komponen yang kuat dalam sebuah siaran pers. Inilah salah satu cara termudah untuk menciptakan konsistensi.
Sebelum memulai, Anda dapat menentukan gaya bercerita yang akan digunakan sehingga membuat pelanggan ingin mengetahui lebih dalam tentang brand Anda.
Kesimpulan
Konsistensi merek dalam sebuah siaran pers akan mudah dipertahankan jika Anda memperhatikan beberapa tips berikut ini.
- Konsistensi bahasa
- Konsistensi gambar
- Konsistensi format
- Judul
- Storytelling
Jika Anda membuat kelima unsur dengan baik, konsistensi press release pun akan terbentuk dengan sendiri.