Memilih PR agency menjadi langkah penting dalam merancang strategi komunikasi bisnis yang efektif.
PR agency memiliki kelebihan dengan spesifikasi layanan yang lebih beragam, mulai dari media relations, manajemen krisis, hingga event management.
Dengan banyaknya pilihan yang tersedia, penting bagi perusahaan untuk mempertimbangkan beragam faktor dalam menentukan PR agency yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis.
Lalu, bagaimana cara memilih PR agency dan sesuai dengan bisnis Anda?
5 Faktor Memilih PR Agency
RadVoice Indonesia membagikan lima faktor sebagai pertimbangan dalam memilih PR agency yang sesuai bagi bisnis Anda sebagai berikut.
Relevan dengan Kebutuhan Bisnis
Pastikan memilih PR agency yang menawarkan layanan yang relevan dengan tujuan komunikasi perusahaan.
Apakah tujuannya untuk meningkatkan brand awareness, media coverage, atau menangani isu krisis?
Contohnya, jika Anda ingin membuat event guna memperkenalkan bisnis kepada publik, maka sebaiknya pilih agency yang memiliki skill di bidang event management.
Jika Anda ingin membangun relasi dengan media untuk kepentingan menyebarkan press release hingga menggelar media gathering, maka pilihlah agency yang memiliki jaringan media yang luas.
Ingin kirim press release ke media? Hubungi RadVoice sekarang.

Secara umum, PR agency besar biasanya menawarkan berbagai jasa. Anda dapat memilih dengan lebih leluasa sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Di era digital saat ini, penting juga untuk mempertimbangkan sejauh mana PR agency memiliki skill dalam strategi komunikasi digital seperti media sosial, optimasi SEO, hingga menjaga reputasi perusahaan secara online.
Kemampuan digital PR akan membantu perusahaan menjangkau audiens yang lebih luas.
Telusuri Reputasinya
Untuk memilih PR agency yang tepat, cara paling praktis adalah dengan melihat portofolio klien dan kampanye atau proyek yang telah mereka tangani sebelumnya.
Anda bisa memintanya langsung atau mengecek dari informasi yang biasanya tersedia di website agensi.
Menurut SSS Communications, Anda dapat melihat dari keberhasilan proyek yang dikerjakan serta ulasan dari para klien.

PR agency biasanya akan menyampaikan data terkait keberhasilan proyek kepada Anda.
Informasi ini bisa mencakup efektivitas kampanye, jangkauan media, hingga pengaruh terhadap brand awareness dan peningkatan penjualan.
Dari data tersebut, Anda dapat memilih apakah PR agency tersebut memang layak untuk membantu perusahaan.
Portofolio proyek yang berhasil dijalankan menunjukkan PR agency yang tepat punya kemampuan merancang strategi yang efektif dan terukur.
Sesuaikan dengan Anggaran Perusahaan
Pilihlah PR agency yang mampu memberikan layanan yang sesuai dengan alokasi dana perusahaan tanpa mengorbankan kualitas.
Diskusikan secara terbuka sejak awal mengenai seluruh rincian biaya dan cakupan pekerjaan, guna menghindari adanya biaya tambahan yang tidak terduga.
PR Agency biasanya akan menawarkan harga berdasarkan jenis layanan dan skala kebutuhan yang perusahaan ajukan.
Jaringan Media yang Luas
Salah satu keuntungan memakai jasa PR agency yang tepat adalah koneksi mereka dengan berbagai media.
PR agency yang punya relasi luas mulai dari media cetak, online, hingga televisi baik di level nasional maupun internasional akan membantu perusahaan mendapatkan eksposur yang lebih luasl.
PR agency biasa menangani klien dari beragam industri, sehingga punya koneksi yang luas dan beragam.
Namun, pastikan koneksi media yang dimiliki relevan dengan sektor dan target audiens perusahaan Anda.
Pentingnya Komunikasi Terbuka
Keberhasilan sebuah kampanye didorong faktor keterbukaan antara PR agency dan perusahaan.
Pilih PR agency yang terbuka menyampaikan laporan rutin, hasil evaluasi kinerja, dan yang bersedia bekerja sama secara transparan dengan tim internal Anda.

Menggandeng PR agency memberikan fleksibilitas untuk mengatur keterlibatan selama proyek dijalankan.
Anda dapat meminta laporan terkait aktivitas PR agency yang dijalankan, misalnya sebulan sekali atau setiap tiga bulan untuk efektivitas kedua pihak.
Dengan sistem pelaporan ini, Anda tetap dapat memantau perkembangan tanpa harus terlibat secara langsung setiap waktu.
Kesimpulan
Memilih PR agency yang tepat bisa membantu bisnis Anda memperluas jangkauan audiens dan meningkatkan brand awareness secara efektif.
Namun sebelum memilih agensi dari sekian banyak pilihan yang tersedia, penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor berikut:
- Relevan dengan kebutuhan bisnis;
- Telusuri reputasinya;
- Sesuaikan dengan anggaran perusahaan;
- Pentingnya jaringan media yang luas;
- Komunikasi yang terbuka.
Dengan 5 tips tersebut, kini Anda dapat memilih PR agency sesuai kebutuhan perusahaan.