Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

3+ Cara Membangun Media Relations untuk Perusahaan Startup

3+ Cara Membangun Media Relations untuk Perusahaan Startup

Media relations menjadi hal yang penting untuk setiap perusahaan, termasuk startup.

Sayangnya, tidak semua perusahaan startup memiliki divisi public relations untuk mengatur hubungan dengan media.

Padahal, hubungan dengan media akan memberikan banyak manfaat untuk perkembangan perusahaan rintisan, lho.

Nah, jika ingin tahu lebih banyak tentang cara membangun media relations untuk perusahaan startup, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Pentingnya Media Relations untuk Startup

Mengutip Pressbooks at Ohio State, hubungan media memberikan keuntungan untuk perusahaan maupun jurnalis.

Manfaat utama dari media relations untuk perusahaan adalah menekan anggaran publikasi terkait produk atau layanan.

Sementara itu, wartawan dapat lebih mudah mengakses informasi dan mencari ide pemberitaan.

Cara Membangun Media Relations untuk Perusahaan Startup

Untuk mendapatkan manfaat dari media relations, Anda juga harus memperhatikan cara yang efektif, lho.

Jangan sampai cara Anda menjajakan diri dengan wartawan memberikan hasil yang tidak sesuai ekspektasi.

Jika ingin hasil yang positif, Anda dapat mencoba empat cara berikut dari RadVoice Indonesia.

1. Hubungi Wartawan secara Pribadi

Salah satu cara efektif untuk menjalin media relations dengan wartawan adalah menghubungi secara pribadi.

Hal ini mungkin cukup mudah jika perusahaan Anda sudah cukup dikenal oleh publik. Namun, bagaimana dengan rintisan?

Seorang wartawan mungkin tidak akan tertarik mengangkat informasi terkait perusahaan Anda jika itu belum dikenal publik.

Jadi, penting untuk Anda berkenalan secara pribadi kepada wartawan sebelum mulai mengirimkan informasi terkait perusahaan.

Anda dapat meminta langsung nomor pribadi para wartawan ketika acara offline atau sekadar mengirimkan email secara berkala.

2. Kirim Siaran Pers

Cara menjalin media relations yang juga dapat dicoba oleh perusahaan startup adalah mengirim siaran pers.

Saat mengirimkan siaran pers, pastikan bukan broadcast yang sifatnya umum. Jika hal ini dilakukan, wartawan mungkin tidak akan menerima press release Anda.

Sebuah press release yang dikirimkan secara langsung mungkin akan masuk ke dalam spam dan tidak dilihat oleh wartawan.

Anda sebaiknya mulai mengirimkan email yang sifatnya pribadi kepada rekan media.

Mengutip Bplans, saat ini sudah banyak tools yang dapat digunakan untuk personalisasi email Anda.

Selain itu, Anda juga harus memastikan press release telah dikirim kepada jurnalis yang relevan dengan bisnis Anda.

3. Follow Up

Cara berikutnya yang harus Anda lakukan adalah selalu follow up kepada rekan media.

Hindari menghubungi wartawan melalui telepon ketika akan melakukan follow up terkait undangan acara atau press release.

Wartawan tidak selalu bekerja di balik meja, sehingga mereka akan merasa terganggu ketika Anda menelepon secara tiba-tiba.

Penting untuk setiap praktisi PR memperhatikan hal ini, sehingga hubungan dengan wartawan akan terjaga dengan baik.

Jangan sampai, media relations akan terganggu hanya karena Anda tidak menghargai seorang wartawan ketika melakukan follow up.

4. Informasi Eksklusif

Eksklusivitas menjadi hal terbaik untuk wartawan. Penting untuk perusahaan startup selalu memperhatikan hal ini ketika ingin menjalin hubungan baik dengan media.

Seorang wartawan akan sangat senang ketika mereka mendapat informasi terbaru dan bersifat eksklusif dari sebuah perusahaan.  

Pilih beberapa media yang dianggap kredibel dan relevan terhadap bisnis Anda sebelum memberikan informasi eksklusif.

Anda mungkin akan mendapatkan manfaat lebih setelah memberikan informasi eksklusif kepada rekan media.

Jangan ragu untuk mengajak wartawan untuk melakukan wawancara dengan petinggi perusahaan usai memberikan informasi eksklusif.

Jika isu Anda menarik, wartawan mungkin tidak akan berpikir panjang untuk mempublikasikan di media mereka.

Kesimpulan

Media relations memiliki manfaat untuk perusahaan startup, khususnya dalam meningkatkan brand awareness. Berikut empat cara membangun media relations yang baik untuk perusahaan startup.

  1. Hubungi wartawan secara pribadi
  2. Kirim siaran pers secara berkala
  3. Follow up
  4. Berikan media informasi eksklusif

Jika ingin hasil yang terbaik, sebaiknya Anda jangan melupakan empat cara di atas, ya!

Kini saatnya menjalin hubungan baik dengan rekan media agar perusahaan Anda akan berkembang!

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id