Sebuah perusahaan pasti memiliki divisi humas. Salah satu tugas divisi ini adalah menulis press release. Manfaat press release adalah untuk menyampaikan informasi mengenai perusahaan kepada masyarakat luas.
Press release tidak hanya dapat menjadi alat marketing untuk perusahaan, tapi juga memiliki berbagai kegunaan lainnya. Seperti meningkatkan citra perusahaan hingga membuat perusahaan lebih dikenal oleh khalayak luas.
Lalu apa itu yang dimaksud dengan press release? Apa saja manfaat press release untuk perusahaan? Berikut ulasannya.
Apa itu Press Release?
Press release merupakan sarana yang digunakan oleh perusahaan untuk menyampaikan sebuah informasi kepada masyarakat. Informasi yang disampaikan pada press release disusun oleh tim public relations dari perusahaan yang bersangkutan.
Press release atau yang biasa disebut siaran pers adalah alat komunikasi terkuat untuk sebuah perusahaan dalam menyampaikan berbagai informasi karena jangkauan yang dicapai cukup luas. Beberapa informasi umumnya disampaikan dengan press release, antara lain peluncuran produk baru, promo terbaru, sampai penggantian struktur perusahaan.
Manfaat Press Release untuk Bisnis Anda
Dilansir dari Semrush, press release dapat membuat perusahaan Anda memiliki citra positif di mata masyarakat luas. Selain untuk menaikkan citra perusahaan, ada beberapa manfaat press release lainnya. Simak ulasannya di bawah ini.
1. Jangkauan Pasar yang Luas
Manfaat press release untuk perusahaan yang pertama adalah jangkauan pasar yang sangat luas. Press release diterbitkan oleh media massa yang sudah memiliki banyak pembaca dari berbagai wilayah.
Pada akhirnya, ini dapat meningkatkan awareness masyarakat yang sebelumnya belum mengetahui atau mengenal betul perusahaan Anda. Secara tidak langsung, press release dapat membantu meningkatkan omset perusahaan karena meluasnya pasar yang dapat dijangkau.
Namun, untuk mengirimkan press release ke media massa, Anda juga perlu cermat. Anda perlu mengetahui tips mengirim artikel yang dapat memikat media untuk diterbitkan. Dengan begitu, tujuan dari press release satu ini bisa tercapai.
2. Sebagai Sarana Penanganan Krisis
Manfaat press release untuk perusahaan selanjutnya adalah sebagai sarana penanganan krisis. Dalam menangani suatu krisis, perusahaan perlu untuk gerak cepat untuk meluruskan dan mengklarifikasi isu-isu miring yang beredar.
Dengan membuat press release atau siaran pers, perusahaan yang bersangkutan dapat menyampaikan informasi yang diperlukan secara cepat dan dapat mencapai masyarakat luas.
Dengan begitu, pihak perusahaan dapat mengklarifikasi hal-hal negatif yang mengarah ke perusahaan dalam waktu yang singkat sehingga tidak memperburuk citra perusahaan yang sudah dibangun selama ini.
3. Sebagai Sarana Pengenalan Produk Baru
Manfaat press release untuk perusahaan selanjutnya adalah sebagai sarana pengenalan produk baru. Peluncuran produk baru juga harus disertai strategi marketing yang tepat sehingga pasar dapat mengenal produk baru Anda.
Dengan membuat press release dalam memperkenalkan produk baru, maka produk Anda dapat dengan cepat sampai ke telinga masyarakat luas hanya dalam hitungan waktu yang cukup singkat.
Tidak hanya itu, press release juga dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap produk yang baru dirilis karena dapat juga disertakan review atau testimoni pada penyampaian informasi.
4. Biaya yang Relatif Terjangkau
Manfaat press release untuk perusahaan selanjutnya adalah biayanya relatif terjangkau. Dalam menyusun strategi marketing, sudah pasti perusahaan ingin mempromosikan produknya secara luas namun dengan biaya yang relatif rendah.
Saat ini, biaya untuk membuat dan menyebarkan press release pada media massa nasional terjangkau. Oleh karena itu, membuat press release untuk strategi marketing merupakan salah satu pilihan terbaik saat ini.
Kesimpulan
Ada banyak manfaat press release untuk kelangsungan bisnis Anda, antara lain:
- Pasar yang dijangkau cukup luas
- Sebagai tempat untuk penanganan krisis
- Sebagai tempat untuk memperkenalkan produk baru
- Harga yang terjangkau
Itulah penjelasan serta manfaat press release untuk bisnis Anda. Sekarang sudah paham betapa pentingnya press release untuk bisnis Anda, bukan? Yuk, mulai lakukan press release sebagai bagian dari strategi marketing Anda!