Tidak semua konten situs web penting dan relevan untuk audiens. Content mapping adalah salah satu strategi yang harus diperhatikan.
Fungsi content mapping sekilas mirip dengan manfaat taksonomi website untuk SEO. Strategi ini juga bisa melengkapi apa yang sebelumnya telah Anda lakukan: membuat content plan.
Dikutip dari Mobidea, penelitian telah membuktikan bahwa bisnis kecil yang dilengkapi dengan blog mendapatkan pertumbuhan prospek 126% lebih tinggi daripada bisnis sejenis tanpa blog.
Hal ini menjadi alasan utama mengapa content mapping menjadi proses penting bagi setiap bisnis.
Ini adalah pendekatan strategis untuk membuat konten yang bermanfaat, relevan, informatif, dan tepat sasaran untuk membidik audiens yang Anda tuju.
Manfaat Content Mapping
Content mapping dapat menguraikan konten yang ingin Anda sampaikan, tergantung pada perjalanan pelanggan dan persona pembeli.
Selain membantu Anda membangun kampanye dan strategi pemasaran yang efektif, strategi ini dapat mengundang lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan.
Berikut adalah beberapa manfaat utama lainnya dari content mapping.
1. Mempererat Hubungan dengan Pelanggan
Content mapping dapat memberikan Anda representasi visual tentang jalur yang mungkin diambil pelanggan sebelum membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan.
Representasi ini menunjukkan kebutuhan, kekhawatiran, dan masalah dari setiap pelanggan.
Hal ini juga menunjukkan keputusan yang mungkin diambil oleh pelanggan setelah membaca konten Anda. Anda dapat memahami perilaku pelanggan Anda dengan mempelajari pola ini dan merancang ide inovatif.
Content mapping juga dapat membantu meningkatkan fitur produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
2. Meningkatkan Penjualan
Content mapping dapat membantu Anda meningkatkan penjualan produk. Hal ini dapat membantu Anda fokus pada pemasaran produk yang memenuhi kebutuhan pelanggan.
Bagaimanapun juga, mengetahui bagaimana dan kapan harus menjangkau pelanggan dapat membantu Anda meyakinkan mereka untuk membeli produk Anda dan memandu mereka dalam perjalanan pembelian mereka.
3. Meningkatkan Penilaian Konten
Content mapping memungkinkan para profesional pemasaran untuk meninjau dan menilai konten mereka saat ini. Anda dapat merencanakan dan mengatur aset pemasaran untuk mengurangi pengulangan konten.
Hal ini juga memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi tahapan customer journey dan menggunakan kembali konten yang sudah ada.
4. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan
Strategi ini juga memungkinkan para profesional marketing untuk mengamati dan mempelajari perilaku pelanggan mereka.
Dengan cara ini, Anda bisa memperkenalkan strategi yang meningkatkan keseluruhan proses pembelian produk.
Pelanggan mungkin lebih suka membeli produk yang memenuhi persyaratan mereka dan mudah dibeli.
Proses ini dapat membantu Anda meningkatkan interaksi pelanggan dengan brand Anda.
5. Meningkatkan Kualitas Produk
Content mapping juga dapat membantu Anda mengidentifikasi jenis produk atau fitur yang disukai pelanggan.
Para profesional pemasaran sering menggunakan informasi ini untuk fokus pada kualitas, bukan kuantitas.
Statistik dan wawasan yang ditunjukkan oleh content mapping dapat memungkinkan Anda untuk memahami preferensi pelanggan secara terperinci.
Hal ini juga dapat membantu dalam memperbarui produk untuk menargetkan audiens yang lebih luas.
6. Menghemat Sumber Daya
Perencanaan konten yang efektif dapat membantu Anda menghemat waktu, uang, dan upaya dalam bereksperimen dengan ide-ide yang mungkin kurang berhasil.
Content mapping dapat membantu Anda mengurangi pekerjaan yang tidak terduga, menghemat uang untuk konten yang mungkin tidak dapat mencapai tujuan Anda, dan merampingkan sumber daya Anda.
Dengan melakukan mapping, Anda dapat lebih fokus untuk meningkatkan kualitas setiap konten dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi pelanggan.
Kesimpulan
Content mapping adalah proses untuk menilai strategi pemasaran dan penjualan Anda secara keseluruhan.
Strategi ini dapat menentukan konten apa yang perlu Anda buat untuk mendukung pelanggan pada setiap fase perjalanan pembeli. Berikut adalah beberapa manfaat mapping konten.
- Mempererat hubungan dengan pelanggan
- Meningkatkan penjualan
- Meningkatkan penilaian konten
- Meningkatkan pengalaman pelanggan
- Meningkatkan kualitas produk
- Menghemat sumber daya
Dengan beberapa informasi di atas, tidak ada alasan untuk tidak mengimplementasikan mapping konten, bukan?