Apakah perusahaan atau institusi tempat Anda bekerja memiliki media internal yang diterbitkan untuk karyawannya?
Media internal bisa jadi selalu ditunggu-tunggu waktu terbitnya bagi karyawan suatu perusahaan, institusi, atau lembaga.
Simak ulasan RadVoice Indonesia mengenai manfaat pembuatan media internal perusahaan selengkapnya sebagai berikut.
Keuntungan Media Internal untuk Perusahaan
Sebagai Media Komunikasi Perusahaan

Media internal dapat berfungsi sebagai media komunikasi dan informasi bagi seluruh karyawan yang bekerja dalam satu perusahaan atau institusi yang sama.
Terlebih jika perusahaan tersebut memiliki karyawan dalam jumlah besar dan terbagi dalam beberapa divisi atau bidang kerja yang berbeda.
Media tersebut dapat berfungsi sebagai pemelihara komunikasi yang praktis, memudahkan proses penyaluran informasi dengan cepat dan mudah.
Memperkuat Reputasi Perusahaan
Menurut pemimpin redaksi majalah PR Indonesia Asmono Wikan, keberadaan inhouse magazine atau majalah internal mampu memberikan dampak besar bagi citra perusahaan.
Konten perusahaan yang dibagikan dalam majalah internal akan menggiring perusahaan hingga memperoleh citra positif di mata publik.
Syaratnya: konten yang dibagikan berkualitas dan disajikan secara apik dan menarik.
Bentuk Penghargaan untuk Karyawan
Penyusunan media di perusahaan biasanya berfokus pada ulasan dan pemberitaan kegiatan atau hasil kerja yang telah dilakukan perusahaan.
Ulasan tersebut dapat menciptakan sense of appreciation bagi setiap karyawan suatu perusahaan.
Dengan mengapresiasi kerja karyawan, perusahaan menjaga semangat dan performa karyawan agar mereka akan termotivasi untuk bekerja lebih baik lagi.
Ingin menerbitkan majalah internal? RadVoice dapat membantu Anda.
Menciptakan Rasa Memiliki
Karyawan juga dapat merasakan sense of belonging atau rasa memiliki terhadap perusahan atau institusi tempat mereka bekerja dengan kehadiran media internal.
Ini karena media tersebut kerap mendokumentasikan kegiatan yang tengah dilakukan perusahaan atau institusi.
Prestasi dan keberhasilan yang telah diraih oleh suatu perusahaan atau institusi juga rutin diulas di majalah internal.
Membuat Karyawan Merasa Terlibat

Penyusunan media internal akan selalu melibatkan para karyawan yang bekerja di perusahaan atau institusi tersebut.
Mulai dari penyusunan, penulisan, hingga penerbitan, tim yang bertanggung jawab di balik proses peluncurannya akan semakin merasa terlibat dan engaged dengan perusahaan atau institusi tempatnya bernaung.
Begitu pun karyawan yang bukan termasuk dalam tim editorial. Mereka akan merasa didengar dan dihargai dengan adanya rubrik-rubrik dalam majalah internal yang mengulas kinerja atau mengutip pendapat mereka.
Sebagai Wadah Berbagi Ide dan Gagasan
Tidak hanya memberi manfaat yang berarti bagi tiap karyawan yang bekerja, media internal juga dapat berfungsi sebagai jembatan komunikasi yang efektif untuk manajemen dan karyawan.
Pemimpin dan manajemen dapat membagikan visi-misi yang menjadi tujuan perusahaan agar diketahui seluruh karyawan.
Sebaliknya, karyawan pun dapat memberikan ide dan gagasan yang membangun untuk perusahaan.
Baca juga: 3 Jenis Artikel Feature yang Cocok untuk Perusahaan
Jenis Publikasi Media Internal, Tak Hanya Majalah
Selain majalah, perusahaan juga dapat menerbitkan media internal dalam bentuk newsletter, wall newspaper (majalah dinding atau mading), atau buletin.
Newsletter biasanya dicetak dalam beberapa lembar seukuran surat kabar, wall newspaper dicetak untuk ditempel ke papan pengumuman, dan buletin dicetak dalam bentuk selebaran berisi informasi singkat.
Media internal juga dapat diterbitkan dalam format digital alih-alih cetak. Ini memudahkan karyawan untuk mengakses konten media internal secara praktis.
Kesimpulan
Bagi mereka yang bekerja lintas divisi, dinas, atau bidang yang berbeda, penerbitan media internal bisa jadi sangat bermanfaat.
Peran media atau majalah internal bagi perusahaan:
- Sebagai media komunikasi perusahaan;
- Memperkuat reputasi perusahaan;
- Sebagai bentuk penghargaan untuk karyawan;
- Menciptakan rasa memiliki;
- Membuat karyawan merasa terlibat;
- Sebagai wadah berbagi ide dan gagasan.
Jadi, apakah Anda berencana menerbitkan majalah internal hari ini?