Konten infografis (gabungan kata informasi dan grafis) sering Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam bentuk cetak maupun digital.
Infografis bisa juga dikatakan sebagai representasi informasi dalam format visual yang membuat data mudah dipahami. Konten ini dapat digunakan dalam berbagai postingan blog, halaman web, email, dan lainnya.
Dikutip dari Search Engine Journal, 49% pemasaran menganggap strategi pemasaran secara visual “sangat penting”. Sebanyak 22% lainnya menganggap “penting” dan 19% sisanya menganggap strategi konten bukanlah apa-apa tanpa adanya konten visual.
Persentase tersebut tentunya menunjukkan bahwa suatu konten membutuhkan presentasi secara visual.
Manfaat Membuat Konten Infografis
Sebagai seorang pembuat konten, Anda perlu mempertimbangkan untuk menyiapkan konten infografis.
RadVoice Indonesia merangkum beberapa manfaat membuat konten infografis sebagai berikut.
1. Mudah Dipahami
Keuntungan yang pertama dari infografis adalah membantu pembaca dengan mudah memahami konten.
Tidak semua orang mempunyai waktu untuk membaca artikel ribuan kata. Infografis adalah solusi bagi pembaca yang tidak mempunyai banyak waktu.
Infografis tidak hanya memvisualisasikan data, tetapi juga memungkinkan pembaca untuk memahaminya secara visual. Tidak hanya itu, semakin cepat Anda memproses informasi yang ada dalam konten infografis, maka akan semakin cepat juga Anda mengambil keputusan.
2. Meningkatkan Kredibilitas
Ketika membuat infografis, Anda membutuhkan riset mendalam. Data tersebut harus bisa diuji kebenarannya.
Jika kepercayaan audiens sudah meningkat, tentu ini juga akan berbanding lurus dengan kredibilitas brand Anda.
Audiens nantinya bisa membedakan konten yang Anda buat dengan konten kompetitor lainnya. Oleh karena itu, buatlah konten infografis Anda seunik mungkin.
3. Meningkatkan Peluang Konten Dibagikan
Infografis sering digunakan oleh pembuat konten sebagai strategi untuk mendapatkan link atau tautan.
Sebagai contoh, infografis yang dipublikasikan di blog maupun situs web biasanya menyediakan embed code atau kode sematan.
Membangun tautan memungkinkan bisnis yang Anda jalankan mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian organik. Tautan sebaiknya berasal dari situs web yang relevan dan berkualitas.
4. Mengoptimalkan SEO
Infografis berpeluang untuk meningkatkan SEO Anda. Hal ini tentu jika Anda melakukannya dengan semaksimal mungkin.
Anda bisa memposting konten infografis secara luas di email, iklan media sosial, dan lainnya. Infografis sangat mudah untuk dibagikan di berbagai platform medsos.
Jika menggunakan metode promosi yang tepat, maka akan membantu meningkatkan interaksi dan konversi konten Anda.
Apabila konten infografis yang Anda buat sering dibagikan, maka besar kemungkinan konten Anda akan muncul lebih tinggi di peringkat mesin pencarian.
Kesimpulan
Secara umum, berikut empat manfaat menggunakan infografik untuk konten.
- Mudah dicerna
- Meningkatkan kredibilitas
- Meningkatkan peluang konten dibagikan
- Mengoptimalkan SEO
Setelah mengetahui manfaat infografis bagi konten, apakah Anda tertarik mencoba? Penting bagi Anda untuk membuat konten yang original karena tentu lebih disukai audiens. Selamat mencoba!