Membuat traffic situs web selalu stabil tentu bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan strategi agar traffic website selalu stabil. Bagaimana caranya?
Banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang penulis konten agar traffic situs web tetap stabil. Di antaranya yakni dengan memperbaiki kualitas konten, waktu postingan, dan menggunakan tulisan evergreen.
Apa Itu Konten Evergreen?
Mungkin beberapa dari Anda belum banyak mengetahui istilah konten evergreen. Konten yang disebut juga dengan konten hijau merupakan konten yang tetap relevan dari waktu ke waktu. Konten ini selalu aman digunakan karena tidak memiliki jangka waktu yang ditentukan.
Dikutip dari WartaEkonomi.co.id, konten evergreen merupakan konten SEO mengenai topik yang selalu relevan dan segar bagi audiens. Konten ini selalu relevan kapan saja karena akan selalu dicari oleh publik. Contoh dari artikel evergreen, yaitu artikel tutorial untuk menurunkan berat badan. Artikel ini pasti selalu dicari pembaca.
Artikel evergreen bukan konten musiman, karena konten tidak terpaku pada tren maupun isu-isu yang sedang ramai dibahas.
Manfaat Konten Evergreen
Konten evergreen memberikan banyak manfaat. Salah satu keuntungannya yakni dapat menarik banyak audiens untuk jangka waktu tertentu. Konten ini juga termasuk salah satu cara yang efektif untuk menumbuhkan situs.
Bukan hanya itu, berikut beberapa manfaat yang didapat ketika menggunakan konten evergreen, yaitu:
1. Prospek Jangka Panjang
Konten evergreen memiliki prospek jangka panjang bagi bisnis Anda. Konten ini memiliki peluang besar untuk bertahan lama di mesin pencarian. Tidak cuma itu, dikutip dari IDN Times, kata kunci dari konten evergreen lebih sering dicari oleh pengguna internet karena sifatnya yang informatif, relevan, dan tidak lekang oleh waktu.
Sebagai catatan, Anda dapat memaksimalkan pencapaian tersebut dengan menggunakan artikel SEO-friendly dengan menggunakan kata kunci yang tepat. Anda harus meriset kata kunci secara optimal.
2. Meningkatkan Traffic
Membangun sebuah website membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Butuh kesabaran dan konsistensi agar website tersebut dilirik banyak pembaca. Artikel yang berkualitas dan bermanfaat juga sangat membantu meningkatkan traffic website yang sedang Anda kelola.
Menggunakan konten evergreen terbukti membantu meningkatkan dan menstabilkan traffic website Anda.
Sebagai contoh, Anda bisa membuat konten mengenai perayaan Hari Ibu, yang diperingati setiap 22 Desember.
Hal ini sangat menguntungkan bagi traffic website Anda, di mana sebelum maupun setelah perayaan Hari Ibu artikel ini, pasti banyak dicari audiens.
3. Hemat Biaya dan Ide Mudah Didapat
Membuat konten evergreen banyak menjadi pertimbangan dalam strategi pemasaran. Bukan tanpa alasan. Pasalnya, membuat konten evergreen dinilai menghemat biaya iklan.
Anda hanya membutuhkan tulisan sebagai media iklan. Anda bisa menghemat biaya membeli iklan di televisi maupun stasiun radio.
Mencari ide konten tidak sesulit yang Anda bayangkan selama informasi yang disampaikan dapat memberikan manfaat bagi audiens. Anda bisa membuat artikel mengenai kehidupan sehari-hari.
Membuat artikel edukasi, tips and tricks, serta artikel tutorial. Anda juga disarankan membuat format artikel listicle atau berupa poin-poin singkat karena lebih disukai oleh pembaca.
Kesimpulan
Secara umum, ada tiga manfaat yang Anda dapatkan jika menggunakan konten evergreen dalam menulis konten website, yaitu sebagai berikut:
- Prospek jangka panjang
- Meningkatkan traffic
- Hemat biaya
Melihat banyaknya manfaat dari konten evergreen, tentu membuat Anda lebih yakin lagi untuk menggali lebih banyak ide sejenis. Konten tipe ini memberikan rasa aman bagi Anda karena membantu menstabilkan traffic.
Namun, perlu diingat kualitas konten menjadi pertimbangan utama apakah konten Anda layak untuk dibaca atau tidak. Bagi Anda penulis pemula, Anda juga bisa mengikuti beberapa tips blogging ini. Selamat mencoba!