Jika bisnis Anda mengelola situs web, blog, hingga media sosial sebagai saluran untuk content marketing, memiliki kalender konten tentunya bisa memberi banyak manfaat.
Untuk menghasilkan sebuah konten membutuhkan waktu untuk riset kemudian membuatnya. Apalagi jika konten dalam bentuk grafik dan video, seperti untuk media sosial, tentu butuh waktu yang tidak sebentar.
Oleh karena itu, konten perlu direncanakan sebelum benar-benar dipublikasikan. Di sini kalender berperan besar agar Anda bisa menjadwalkan posting dengan lebih baik dan teratur.
Dalam artikel kali ini, RadVoice Indonesia akan berbagi sejumlah manfaat kalender konten sebagai bahan pertimbangan Anda, apakah ingin menggunakannya atau tidak untuk menunjang strategi content marketing perusahaan Anda.
Manfaat Kalender Konten
Menurut Social Pilot, sejumlah brand ternama mulai meninggalkan metode pembuatan konten secara “dadakan”. Meski teknik tersebut bagus untuk beberapa bisnis, risikonya konten yang dihasilkan bisa berkualitas rendah.
Itulah mengapa sejumlah brand menghilangkan risiko tersebut dengan melakukan perencanaan strategis kalender konten untuk menghasilkan posting berkualitas tinggi.
Kalender dapat membantu Anda mengatur konten yang akan datang dengan memerinci apa dan kapan Anda akan mem-posting. Berikut beberapa manfaat utama membangun kalender konten.
1. Mempertahankan Jadwal Postingan yang Konsisten
Manfaat utama dari membuat kalender konten, yaitu Anda dapat mempertahankan jadwal postingan yang konsisten. Untuk membangun audiens pada situs web dan media sosial, Anda tidak bisa mem-posting konten asal-asalan.
Posting harus dilakukan secara rutin dan berkala. Dengan demikian, audiens tetap mendapat informasi terkini dan menjaga engagement tetap terjadi.
Menurut Buffer, makin konsisten Anda mem-posting, makin besar peluang bisnis Anda untuk tampil di depan audiens target. Keberadaan kalender membuat Anda lebih siap menghadapi pasang surut musiman yang terjadi pada bisnis.
2. Mengalokasikan Waktu yang Tepat
Manfaat kalender konten lainnya, yaitu dapat membantu Anda menentukan waktu yang tepat untuk posting konten.
Hal ini biasanya berkaitan dengan kegiatan promosi pada event tertentu yang relevan. Misalnya, promosi khusus Hari Kemerdekaan atau konten soft selling lainnya di blog.
Dengan adanya kalender, Anda tidak ketinggalan membuat konten penting untuk event atau launching tertentu.
Misalnya, posting blog baru atau konten lain apa yang perlu dipromosikan di media sosial? Contoh lain, ada perkembangan apa pada bidang bisnis Anda yang bisa dijadikan konten?
3. Lebih Mudah Memusatkan Perencanaan Konten
Selain bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk posting, kalender konten juga membuat Anda jadi lebih mudah mengatur strategi konten. Apalagi jika Anda memublikasikan konten tidak hanya pada satu saluran.
Misalnya, selain blog, Anda juga mengelola lebih dari satu media sosial. Agar konten di semua saluran tersebut berkesinambungan, kalender diperlukan agar Anda bisa lebih mudah memusatkan perencanaan konten.
Dengan demikian, audiens Anda di berbagai saluran memiliki perpaduan yang seimbang antara konten informatif, edukatif, dan menghibur agar mereka tetap terlibat atau terjadi engagement.
Menurut Mauconline.net, kalender media sosial juga memastikan bahwa Anda tidak terjebak untuk memposting jenis konten yang sama di semua saluran.
Kesimpulan
Menggunakan kalender konten mendatangkan banyak manfaat, apalagi jika Anda memublikasikan konten pada lebih dari satu saluran. Berikut ini sejumlah manfaat kalender konten:
- Mempertahankan jadwal postingan yang konsisten
- Mengalokasikan waktu yang tepat
- Lebih mudah memusatkan perencanaan konten
Kalender yang disusun dengan baik, pada akhirnya akan membawa keuntungan terhadap bisnis. Misalnya engagement audiens yang tinggi berkat konsistensi konten, bisa meningkatkan brand awareness hingga penjualan.