Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

3 Keuntungan Media Relations untuk Perusahaan

3 Keuntungan Media Relations untuk Perusahaan

Media relations menjadi salah satu hal penting dalam proses pemasaran sebuah produk. Liputan sebuah media dapat meningkatkan awareness publik terhadap sebuah produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan Anda.

Keuntungan dari media relations dapat dirasakan semua pengusaha, baik yang baru merintis maupun yang sudah lama berbisnis.

Jika ingin tahu lebih banyak tentang keuntungan media relations untuk perusahaan Anda, RadVoice Indonesia telah merangkumnya dalam artikel berikut ini. 

Keuntungan Media Relations untuk Perusahaan

Keuntungan media relations dapat dirasakan perusahaan dalam skala berbeda. Seperti apa keuntungan media relations untuk perusahaan? Berikut penjelasannya. 

1. Mudah Promosi Produk atau Jasa 

Praktisi PR sebuah perusahaan memang tidak dapat dipisahkan dari media, khususnya dalam pemasaran produk atau jasa.

Media relations merupakan salah satu strategi public relations yang lazim dijalankan oleh perusahaan. Produk atau jasa dari sebuah perusahaan akan lebih mudah dikenal publik jika dipasarkan melalui media yang kredibel dan memiliki audiens luas.

Dikutip dari Lion Spirit Media, ketika perusahaan sering menggandeng media dalam meluncurkan produknya, secara tidak langsung brand awareness akan terbangun.

Jika hal tersebut sudah terbangun dengan baik, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tinggi untuk memasarkan sebuah produk atau jasa.

Anda hanya perlu mengirimkan produk atau jasa kepada media, sehingga mereka dapat mendeskripsikannya dengan baik dalam sebuah tulisan.

Nantinya, wartawan akan menjelaskan tentang produk yang akan diberikan oleh perusahaan Anda.

2. Sukses Jalankan Kampanye Perusahaan 

Media relations yang baik akan mempermudah praktisi PR dalam menjalankan campaign perusahaan.

Sebuah perusahaan mungkin akan mengadakan campaign setiap tahunnya. Nah, di sinilah hubungan media sangat diperlukan.

Media memiliki jangkauan luas, sehingga akan mempermudah perusahaan dalam mengenalkan campaign Anda kepada audiens.

Perusahaan yang sudah memiliki hubungan baik dengan media mungkin tidak akan kesulitan membagikan informasi kampanyenya secara luas.

Anda hanya perlu mengundang media atau mengirimkan press release untuk memberikan informasi terkait campaign yang akan dilakukan.

Jika Anda mengirimkan press release, pastikan campaign perusahaan dijelaskan dengan detail. Wartawan nanti akan mudah menuliskannya kembali menjadi sebuah artikel.

Press release yang disampaikan juga harus memiliki kutipan langsung dari pemegang keputusan tertinggi perusahaan Anda. 

3. Meningkatkan Trust 

Ketika sebuah perusahaan sering diberitakan oleh media, secara tidak langsung kepercayaan publik akan terbangun.

Artikel review produk yang baik dari sebuah media dapat meningkatkan kredibilitas produk dan trust dari audiens.

Namun, seorang wartawan tidak akan mudah menuliskan artikel jika mereka tidak puas dengan produk tersebut.

Produk atau jasa perusahaan Anda mungkin akan ditulis, tetapi tidak lebih dari informasi umum.

Hal ini tentu tidak akan memberikan efek apa pun terhadap produk atau jasa perusahaan Anda.

Media relations yang handal tentu akan mempermudah Anda dalam menjelaskan kepada rekan media terkait dengan produk atau jasa yang diluncurkan.

Praktisi PR pun harus siap menerima banyak pertanyaan dari rekan media terkait produk atau jasa yang akan dipasarkan.

Jika informasi yang diterima cukup lengkap, wartawan mungkin tidak akan ragu dalam menuliskan produk atau jasa perusahaan Anda secara detail. 

Kesimpulan

Sebuah media relations antara perusahaan dan media memiliki banyak manfaat seperti berikut ini: 

  1. Mudah promosi produk dan jasa
  2. Sukses jalankan kampanye perusahaan 
  3. Meningkatkan trust

Itu dia keuntungan media relations untuk perusahaan Anda. Yuk, mulai menjaga hubungan baik dengan rekan media! 

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id