Sebagai PR perusahaan, konten LinkedIn yang efektif dapat menjadi kunci untuk membangun personal branding dan memperluas jaringan profesional.
Anda dapat berbagi info perusahaan, menulis cerita inspirasi, dan menghadirkan beragam konten lain yang menarik audiens.
Namun Anda membutuhkan strategi khusus agar konten LinkedIn tidak kalah bersaing dan tersampaikan dengan baik di tengah banyaknya konten yang beredar saat ini.
6 Jenis Konten LinkedIn
RadVoice Indonesia telah memilih sejumlah ragam konten LinkedIn yang dapat menjadi inspirasi bagi Anda.
Video Pendek
Anda dapat membuat video singkat terkait perusahaan atau topik apa saja yang relevan untuk menjangkau audiens.
Pahami bahwa orang akan fokus pada visual, alih-alih suara. Anda dapat menyertakan teks dalam video untuk memperjelas konten yang dibagikan.
Dikutip dari Humas Indonesia, LinkedIn mencatat bahwa konten video lima kali lebih efektif daripada konten lain untuk memantik pembicaraan dan diskusi di laman LinkedIn.
Konten Storytelling
Konten LinkedIn yang satu ini disampaikan dalam bentuk cerita yang berguna untuk membangun personal branding, menunjukkan nilai perusahaan, atau membagikan pengalaman yang relevan.
Cerita personal biasanya dapat menciptakan hubungan emosional dengan audiens, sehingga pesan lebih mudah diingat.
Anda dapat menuliskannya berdasarkan pengalaman pribadi atau sudut pandang yang dekat dengan kehidupan audiens. Gunakan bahasa yang mudah dipahami tapi tetap profesional.
Baca juga: Membangun Personal Branding di LinkedIn dengan Septia Rahma Khairunnisa
Unggahan Tips atau Saran
Selain konten storytelling, unggahan yang memuat informasi tentang tips atau saran juga akan menarik bagi audiens.
Mengutip Waalaxy, Anda dapat memanfaatkan LinkedIn untuk menawarkan produk atau jasa, misalnya seperti pelatihan, event, atau lainnya yang bisa ditawarkan ke jaringan Anda.
Anda dapat memulainya dengan menuliskan tips yang relevan dengan produk atau jasa perusahaan Anda.
Jika perusahaan Anda menawarkan jasa penulisan SEO, maka Anda dapat memberikan tips meningkatkan peringkat berdasarkan SEO di mesin pencari.
Perusahaan Anda ingin menuliskan artikel berbasis SEO? Hubungi RadVoice sekarang.
Informasi Terbaru dari Perusahaan
Anda dapat membagikan informasi tentang produk atau program terbaru perusahaan dalam konten LinkedIn yang dibuat.
Berikan informasi mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memperoleh program atau produk tersebut.
Selain meningkatkan brand awareness, informasi yang dibagikan secara transparan juga menunjukkan bahwa perusahaan terbuka dan aktif berkomunikasi dengan audiens.
Pencapaian Perusahaan
Membagikan pencapaian perusahaan sebagai konten LinkedIn dapat menjadi strategi untuk membangun kredibilitas sekaligus menunjukkan nilai perusahaan.
Pencapaian yang dibagikan ini diharapkan juga dapat menarik perhatian calon karyawan, mitra bisnis, atau investor di LinkedIn.
Untuk membuatnya lebih menarik, Anda dapat membuatnya dengan pendekatan storytelling, dilengkapi data dan visual pendukung.
Ceritakan proses dan tantangan yang dihadapi untuk mencapainya. Jelaskan juga bagaimana pencapaian ini berdampak pada karyawan maupun pelanggan.
Namun hindari bahasa yang terlalu membanggakan karena justru akan menimbulkan kesan negatif. Pastikan juga pencapaian yang dibagikan ini relevan dengan audiens LinkedIn yang profesional.
Baca juga: 3+ Tips Menulis di LinkedIn dari Septia Rahma Khairunnisa
Publikasi Pihak Ketiga
Pemberitaan dari media, mitra kerja sama, atau stakeholder terkait dapat Anda unggah untuk menjadi konten LinkedIn yang menarik.
Upaya ini dapat menjadi cara yang efektif memperkuat kredibilitas dan meningkatkan awareness perusahaan.
Pemberitaan positif di media menunjukkan bahwa pencapaian perusahaan Anda bernilai dan layak diberitakan. Membagikannya sebagai konten LinkedIn dapat memancing diskusi atau interaksi dari audiens.
Kesimpulan
Beragam konten LinkedIn yang Anda buat dapat membantu meningkatkan personal branding maupun memperluas jaringan.
Namun Anda harus jeli di tengah persaingan beragam konten LinkedIn yang saat ini muncul.
Anda dapat membuat konten seperti video pendek, pendekatan storytelling, berbagai tips atau saran, informasi perusahaan, pencapaian, hingga publikasi dari pihak ketiga.