Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

3 Industri yang Butuh Copywriting, Ada Kesehatan hingga Fintech

3 Industri yang Butuh Copywriting, Ada Kesehatan hingga Fintech

Copywriting belakangan menjadi salah satu hal yang banyak digunakan oleh perusahaan ketika menjalankan kegiatan marketing.

Mengutip American Writers and Artist Institute, copywriting adalah proses menulis materi pemasaran dan promosi persuasif yang memotivasi seseorang untuk mengambil tindakan seperti pembelian, klik tautan, dan konsultasi.

Nantinya, seorang copywriter akan menerjemahkan penjelasan terkait dengan produk atau layanan dari perusahaan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh audiens.

Konsumen atau audiens mungkin akan lebih tertarik jika penjelasan terkait produk atau layanan yang diberikan mudah dipahami.

Layanan atau produk yang mudah dipahami oleh konsumen akan memberikan efek positif, salah satunya dapat meningkatkan brand awareness dari perusahaan Anda.

Dilihat dari pengertiannya, copywriter sangat dibutuhkan dalam kegiatan marketing perusahaan Anda melakukan proses copywriting, khususnya yang bergerak dalam bidang seperti berikut.

Industri yang Butuh Copywriting

Bisnis yang bergerak dalam bidang berikut ini dianggap sangat membutuhkan copywriting untuk mendukung kegiatan pemasarannya.

Maklum, bidang bisnis yang akan dibahas dalam artikel berikut ini memang memiliki banyak istilah yang cukup rumit. Karena itu, perlu ada penerjemahan agar mudah dipahami oleh audiens.

1. Kesehatan

Healthcare atau kesehatan diproyeksikan sebagai industri yang paling tumbuh dengan cepat, hingga 2029 mendatang.

Produk dan layanan kesehatan dibutuhkan oleh semua orang, sehingga penting untuk setiap lembaga memberikan informasi terhadap orang awam.

Penting untuk industri kesehatan melakukan copywriting, sehingga konsumen akan lebih mudah memahami bahasa yang rumit terkait produk dan layanannya.

Produk dan layanan kesehatan sering menggunakan bahasa medis dan sulit dimengerti oleh audiens.

Jika Anda menggunakan jasa copywriter, hal ini mungkin tidak akan menjadi sebuah masalah karena mereka dapat menerjemahkannya menjadi konten yang lebih mudah dipahami.

Biasanya, para pembaca akan lebih tertarik membaca artikel kesehatan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. 

Sebaliknya, penggunaan istilah medis yang terlalu banyak mungkin akan ditinggalkan oleh pembaca karena dianggap kompleks dan membingungkan.

2. Teknologi

Selain kesehatan, perusahaan yang bergerak di bidang teknologi juga memerlukan copywriting dalam kegiatan marketingnya.

Produk atau layanan di bidang teknologi mungkin akan menggunakan bahasa teknis yang sulit dipahami.  

Padahal, produk dan layanan di bidang teknologi memiliki pangsa pasar yang besar karena menjadi salah satu kebutuhan primer di masyarakat.

Jika ingin produk atau layanan Anda diminati oleh banyak orang, sebaiknya mulai mempertimbangkan kegiatan copywriting di perusahaan. 

Seorang copywriter akan menulis artikel seolah mereka adalah pembaca yang tidak mengerti mengenai istilah teknologi, sehingga pembaca lebih mudah untuk memahaminya. 

Penting untuk setiap perusahaan teknologi selalu membagikan artikel terkait produk atau jasa yang dijual demi meningkatkan awareness dari calon konsumen. 

Semakin banyak Anda menulis tentang produk di website, brand awareness akan terbangun dan produk akan dikenali di pasaran. 

3. Fintech  

Fintech atau financial technology merupakan industri keuangan yang sedang berkembang di Indonesia. 

Dalam industri ini, banyak istilah keuangan dan teknologi yang digabungkan dan sering membuat masyarakat sulit memahaminya. 

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, penting untuk perusahaan Fintech memiliki seorang copywriter untuk menerjemahkan terkait istilah yang ada di industri ini. 

Biasanya, copywriter akan lebih mudah untuk menerjemahkan konsep keuangan yang kompleks dan teknologi agar lebih mudah dipahami oleh target audiens perusahaan Anda. 

Copywriting yang baik mungkin akan membantu kegiatan marketing Anda semakin baik, sehingga brand awareness juga akan terbentuk dengan sendirinya. 

Perlu diingat, ujuan utama dari perusahaan fintech adalah mempermudah seseorang dalam transaksi di bidang keuangan.

Jadi, penting untuk perusahaan menjelaskan produk atau layanannya dengan mudah sesuai dengan target pasar.

Kesimpulan

Copywriting menjadi hal yang penting jika bisnis Anda bergerak dalam tiga bidang berikut.

  1. Kesehatan
  2. Teknologi
  3. Fintech

Bahasa yang rumit nantinya akan mudah diterjemahkan oleh seorang copywriter sehingga akan lebih mudah dipahami oleh audiens. 

Jadi, penting untuk perusahaan dari tiga industri tersebut mulai mempertimbangkan penggunaan copywriting sebagai pendukung kegiatan marketing. 

Selain industri di atas, kira-kira bidang apa lagi yang butuh copywriting, ya?

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id