10 Inspirasi Ide Konten YouTube Tanpa Wajah untuk Perusahaan

ide konten youtube shorts

YouTube kini jadi salah satu platform favorit untuk membangun branding perusahaan. Konten YouTube dapat menjangkau audiens yang luas, sehingga efektif membantu bisnis tampil lebih menarik dan relevan.

Namun, membuat konten yang sukses di YouTube tentu membutuhkan ide yang tepat.

Ide konten YouTube adalah fondasi dari setiap produksi, dan menariknya, tidak semua ide mengharuskan kreator tampil di depan kamera.

Menurut Michael Sugiharto, seorang Youtuber, keuntungan membuat konten di YouTube tanpa wajah adalah tidak memerlukan skrip yang terlalu detail dan tidak mengharuskan kreator berbicara di depan kamera.

“Topiknya mudah banget dan tidak pernah habis-habis, tidak pernah kehabisan ide konten. Selain itu bisa mendapat puluhan bahkan jutaan views,” kata Michael.

Lalu, ide apa saja yang bisa dibuat? RadVoice Indonesia merangkum 10 inspirasi ide konten yang relatable dan bisa diterapkan untuk perusahaan Anda.

10 Ide Konten YouTube Tanpa Wajah

Konten tanpa wajah bukan berarti membosankan. Justru, banyak brand dan kreator memanfaatkan konsep ini untuk membuat video yang informatif, menarik, dan mudah diproduksi.

Selain lebih hemat waktu, konten jenis ini juga cocok untuk perusahaan yang ingin fokus pada pesan dan nilai brand tanpa harus bergantung pada satu figur tertentu.

Berikut 10 ide konten YouTube tanpa wajah yang dapat menjadi sumber inspirasi Anda:

1. Konten Review Produk

Salah satu alasan orang membuka YouTube yaitu ingin mencari video review produk, mulai dari rumah tangga, elektronik, hingga barang terkait hobi.

ide konten YouTube
Anda bisa membuat video review produk tanpa menampilkan wajah. (Foto oleh Freepik)

Anda bisa membuat video review tanpa menampilkan wajah dengan meletakkan kamera di samping kanan, kiri, atau atas meja tempat produk tersebut, sehingga yang terlihat hanya tangan dan produknya.

Sambil merekam, berikan penjelasan tentang produk secara lisan.

Contoh: Content creator Mabel Lee mempromosikan produk kecantikan tanpa memperlihatkan wajahnya dan berhasil meraih 468.000 views.

Baca Juga: 5 Strategi Konten yang Membangun Kepercayaan Konsumen

2. Konten Tutorial

Ide konten YouTube ini selalu diminati karena orang akan mencarinya saat membutuhkan panduan. Anda bisa membuat tutorial penggunaan alat elektronik, Microsoft Excel, hingga life hacks.

Contoh: Video YouTuber Webon untuk pemula yaitu membuat video promosi animasi di Canva. Video ini sudah ditonton 12.000 kali.

ide konten YouTube
Contoh ide konten YouTube tutorial yaitu membuat video promosi animasi di Canva (Foto tangkapan layar dari YouTube Webon)

3. Konten DIY

Ide konten YouTube Do It Yourself (DIY) atau kerajinan tangan juga diminati banyak penonton.

Konten ini cocok bagi Anda yang suka membuat karya dan memanfaatkan barang bekas menjadi sesuatu yang berguna.

Seperti konten review dan tutorial, arahkan kamera ke tangan dan bahan yang digunakan.

Contoh: Content creator Fia Garcia DIY (249.000 subscribers) membuat konten promosi brand dekorasi McGee & Co asal AS, yang meraih 98.000 views.

ide konten YouTube
Contoh ide konten YouTube DIY yaitu konten thrift barang dekorasi rumah. (Foto tangkapan layar dari YouTube Fia Garcia)

4. Konten ‘A Day in My Life’

Ide konten YouTube berikutnya yang bisa dibuat adalah daily life yang menampilkan rutinitas sehari-hari. Tipe konten ini cukup ramai dan dicari banyak viewers.

Anda bisa mendokumentasikan kegiatan tanpa memperlihatkan wajah, cukup menyorot lingkungan sekitar, lalu menambahkan voice over atau teks untuk menjelaskan aktivitas.

Gunakan juga backsound menarik, misalnya dari Sueddu atau Milkcloud.

Contoh: Callista Y membagikan kehidupan pekerja di Jakarta sekaligus merekomendasikan berbagai restoran di Jalan Kebon Kacang.

5. Konten Gaming

Topik gaming adalah salah satu konten YouTube yang menarik bagi audiens.

Anda bisa merekam gameplay dari game populer seperti Mobile Legends, Valorant, Genshin Impact, atau The Sims.

Contoh: GwiGwi mengunggah konten gaming dengan brand Asus ROG Phone 9.

ide konten YouTube
Contoh ide konten Gaming untuk YouTube. (Foto tangkapan layar dari YouTube GwiGwi)

6. Konten Memasak

Jika Anda suka memasak dan bereksperimen dengan bahan-bahan masakan, buatlah video resep dengan format kamera menyorot tangan dan bahan masakan.

Tambahkan penjelasan lisan atau teks, serta musik latar dengan volume kecil agar video lebih menarik.

Contoh: Nestle Philippines membuat video resep Nestle Cream Spaghetti yang ditonton 76.000 kali.

7. Konten Fakta Menarik

Ide konten YouTube berisi fakta menarik biasanya dikemas dengan potongan video dari berbagai sumber yang disusun sesuai skrip.

Langkah pertama adalah menentukan topik utama, misalnya tentang sebuah brand. Setelah itu, pilih topik khusus seperti makna di balik logo perusahaan. 

Lanjutkan dengan riset menggunakan sumber terpercaya, dan pastikan video yang digunakan bebas hak cipta.

Contoh: YouTuber Bright Side mengunggah konten 16 logo perusahaan terkenal dengan makna yang tersembunyi.

ide konten YouTube
Contoh ide konten Youtube terkait fakta menarik. (Foto tangkapan layar dari YouTube Bright Side)

8. Konten Review Film

Bagi Anda yang gemar menonton film, membuat konten review film bisa menjadi pilihan menarik di YouTube.

Jika Anda tidak ingin tampil di depan kamera, Anda bisa memasukkan foto atau potongan trailer di film tersebut untuk dikompilasi menjadi video utuh.

Anda cukup merekam suara untuk menjelaskan ulasan terhadap suatu film.

Contoh: YouTuber Opet (523.000 subscribers) mengulas film The Founder yang menceritakan kisah di balik kesuksesan McDonald’s. Video ini meraih 856.743 views.

9. Konten Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran menjadi salah satu konten YouTube yang menarik.

Anda bisa menyajikan materi dengan ilustrasi, grafik, maupun teks yang mudah dipahami penonton. Topiknya beragam, mulai dari sejarah, branding perusahaan, hingga teknologi seperti artificial intelligence (AI).

Contoh: Akun YouTube NorwichBSchool mengunggah video definisi branding perusahaan, yang berhasil menarik 1,9 juta penonton.

10. Konten ASMR

Konten ASMR dikenal dengan keunikannya yang menonjolkan visual detail dan suara khas, seperti saat unboxing atau makan.

Anda bisa memanfaatkan gerakan tangan, pergeseran gambar, dan efek audio untuk menciptakan pengalaman sensori tanpa menampilkan wajah.

Contoh: Akun YouTube Audi, produsen kendaraan asal Jerman, mengunggah video ASMR untuk model Audi R8 GT, yang berhasil meraih 649.740 views.

ide konten YouTube
Contoh ide konten YouTube ASMR. (Foto tangkapan layar Youtube dari Audi)

Tips Membuat Konten YouTube yang Menarik dan Konsisten

Berikut enam tips membuat konten YouTube yang konsisten serta menarik bagi audiens.

1. Tentukan Ide dan Topik Konten

Mulailah dengan membuat daftar ide konten yang ingin dibuat. Tentukan topik utama, lalu pecah menjadi ide-ide yang lebih spesifik.

Contohnya, jika topiknya adalah makanan, Anda bisa mengerucutkannya menjadi makanan pedas atau manis, lalu lebih spesifik lagi seperti makanan restoran viral atau jajanan kaki lima. 

Setelah itu, tentukan bentuk kontennya, apakah review makanan, mukbang, atau ASMR. Pastikan ide yang dipilih sesuai dengan target audiens Anda.

Baca Juga: 3 Cara Membangun Kredibilitas Brand lewat Konten

2. Rekam Konten Sesuai Rencana Ide

Setelah ide matang, masuk ke tahap eksekusi. Siapkan perlengkapan yang dibutuhkan, atur pencahayaan, dan pilih lokasi shooting yang mendukung.

Kemudian, rekam video sesuai kebutuhan konten. Untuk vlog, cukup ambil potongan video singkat secara berkelanjutan.

Sedangkan untuk review produk atau makanan, rekam lebih banyak variasi gambar agar stok video untuk opsi untuk proses editing lebih banyak.

3. Edit Video

Proses editing bisa memakan waktu, mulai dari mengumpulkan rekaman, mencocokkan audio, menambahkan musik latar, hingga memberikan efek visual.

ide konten YouTube
Gunakan aplikasi editing sesuai kebutuhan, baik gratis maupun berbayar. (Foto oleh Freepik)

Gunakan aplikasi editing sesuai kebutuhan, baik gratis maupun berbayar. Misalnya, Adobe Premiere untuk laptop, atau VN, FilmoraGo, dan InShot untuk pengeditan di ponsel. Usahakan hasil video memiliki visual yang cerah dan menarik.

Mengutip TechSmith, intro video dapat membantu menarik perhatian penonton, sedangkan outro bisa memuat elemen seperti playlist, tautan ke video lain, tombol subscribe, atau rekomendasi kanal lain.

4. Buat Penonton Penasaran dengan Konten Anda

Gunakan judul yang memancing rasa ingin tahu penonton, sehingga mereka berpikir, “Saya ingin tahu lebih banyak.”

Manfaatkan juga beberapa detik pertama video untuk menampilkan cuplikan yang paling menarik atau menggugah pikiran. Tujuannya agar penonton terdorong untuk menonton lebih lanjut.

Jika tiga detik pertama video Anda tidak memikat, kemungkinan besar penonton akan pindah ke video lain.

5. Share dan Promosikan Konten Anda

Setelah video YouTube diunggah, promosikan di berbagai platform media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Facebook.

Membagikan video ke audiens yang sudah ada akan membantu meningkatkan jangkauan dan jumlah penonton.

6. Tambahkan Call to Action

Ajak penonton untuk berinteraksi dengan video Anda, baik dengan cara menyukai, mengomentari, membagikan video, maupun berlangganan kanal.

Di akhir video, ingatkan mereka untuk membagikan perspektif jika mereka menikmati konten yang Anda buat.

Masih banyak pilihan lain untuk mengekspresikan identitas brand Anda, seperti lewat blog, artikel, siaran pers, atau berbagai konten tertulis lainnya.

Jika Anda membutuhkan dukungan dalam pembuatan konten tersebut, tim RadVoice siap memberikan bantuan profesional.

ide konten YouTube

Let's Amplify Your Voice Together

Tell us about your project, and we will get back to you within one business day.

Contact Us!
Contact Us!
RadVoice Indonesia
Hello
Can we help you?