5 Ide Konten dan Live TikTok Tanpa Wajah untuk Bisnis Anda

jurnalisme tiktok

TikTok kini menjadi salah satu platform unggulan untuk membangun branding perusahaan. Dengan jangkauan audiens yang luas, konten di TikTok efektif membantu bisnis tampil lebih menarik dan elegan.

Menariknya, banyak ide konten TikTok yang bisa dibuat tanpa harus menunjukkan wajah, sehingga cocok untuk branding bisnis perusahaan yang ingin tetap menjaga privasi.

Menurut James Nord yang merupakan CEO FOHR, sebuah perusahaan digital marketing di New York, faceless marketing semakin berkembang seiring banyaknya konten video yang fokus terhadap branding produk.

“Ada sesuatu yang terasa menenangkan saat menonton video yang tidak fokus pada wajah,” ujar James Nord, dikutip dari The Hollywood Reporter.

TikTok juga memiliki fitur Live, yang memungkinkan Anda melakukan siaran langsung dan berinteraksi secara real-time dengan audiens. Fitur ini bisa digunakan untuk menjelaskan manfaat produk, menjawab pertanyaan, atau memberikan diskon khusus secara langsung.

Dengan menggabungkan ide konten TikTok tanpa wajah dan fitur Live, Anda bisa memperkuat kredibilitas brand sekaligus menjangkau lebih banyak audiens.

Mengapa Perusahaan Perlu Memiliki Konten TikTok?

1. Meningkatkan Visibilitas Brand

ide konten TikTok
Perusahaan perlu memiliki konten TikTok untuk meningkatkan visabilitas brand. (Foto oleh Freepik)

Dengan ide konten TikTok yang selaras dengan nilai dan identitas brand, visibilitas brand Anda semakin tinggi dan dikenal oleh audiens, apalagi jika konten TikTok bisnis Anda berhasil viral.

Peluang ini akan semakin besar apabila konten yang Anda buat relevan dan terasa dekat dengan kehidupan audiens.

Baca Juga: 10 Ide Konten YouTube Tanpa Wajah yang Bisa Menarik Ribuan Viewer

2. Menarik Engagement Generasi Muda

Mayoritas pengguna TikTok didominasi oleh generasi muda, sehingga Anda bisa memanfaatkan platform ini untuk menarik perhatian mereka.

Mengutip Ignite Visibility, satu dari empat pengguna TikTok berusia di bawah 20 tahun, dengan rata-rata usia content creator berkisar antara 18 hingga 24 tahun.

Bahkan, jumlah pengguna Gen Z di TikTok lebih banyak dibandingkan di Instagram.

Jika Anda ingin menyasar market audiens yang lebih muda, memahami ide konten yang menarik serta menyiapkan strategi pemasaran bisa membantu bisnis Anda.

3. Menjangkau Audiens Lokal hingga Global

Dengan memanfaatkan fitur iklan TikTok dalam konten perusahaan, Anda bisa menjangkau audiens di wilayah tertentu maupun di seluruh dunia.

Melalui akun TikTok For Business, Anda bisa menjangkau audiens dari berbagai demografi, sekaligus menambahkan lokasi spesifik ketika mempromosikan produk.

5 Ide Konten TikTok Tanpa Wajah untuk Bisnis Anda

RadVoice Indonesia merangkum 5 ide konten TikTok tanpa wajah yang bisa digunakan untuk branding bisnis Anda.

1. Konten Peluncuran Produk Baru

Konten peluncuran produk sangat penting untuk memperkenalkan produk Anda kepada para pengguna. 

Video ini bisa dibuat dengan berbagai konsep, seperti gabungan gambar dan video, suara latar yang menarik, serta tambahan teks. Namun yang terpenting, deskripsi produk harus disampaikan dengan jelas agar mudah dipahami.

Contoh: akun TikTok MentuSea ((34.700 followers) mengunggah peluncuran iPhone 15 yang berhasil meraih 39.100 views.

ide konten TikTok
Ide konten TikTok peluncuran produk baru. (Foto tangkapan layar TikTok dari Mentusea)

2. Konten Edukasi

Banyak content creator memilih ide konten TikTok ini sebagai fokus utama mereka.

Untuk membuat konten edukasi tanpa harus menunjukkan wajah, Anda bisa memanfaatkan slide sharing, tangkapan layar, atau video sambil memberikan narasi penjelasan secara lisan.

Contoh: Akun @Maknabisnis (16.300 followers) mengunggah video edukasi tentang alasan produk masih sulit laku di pasaran.

Baca Juga: 3+ Jenis Konten Evergreen untuk Stabilkan Traffic | RadVoice

3. Konten Tips and Trick”

Buat konten tips dan trik Anda lebih menarik dengan menambahkan fakta-fakta terbaru dan mengaitkannya dengan produk atau layanan bisnis Anda.

Meskipun pembuatan video tidak memperlihatkan wajah, ide konten ini bisa menjangkau audiens lebih luas.

Contoh: Content Creator @ikaa.rn (9.041 followers) membagikan tips skincare untuk kulit kering dan sensitif dengan menampilkan produk Wardah. Video ini berhasil menarik 25.100 likes.

4. Konten Travelling

Jika bisnis Anda bergerak di bidang perlengkapan travelling, ide konten TikTok ini sangat cocok untuk digunakan.

Rekam pemandangan indah, aktivitas seru, atau momen menarik selama perjalanan, lalu sisipkan produk bisnis Anda dalam video tersebut. Tambahkan narasi suara atau teks untuk menjelaskan lokasi dan pengalaman yang Anda rasakan.

Contoh: akun Eiger Store Mamuju (35.800 followers) membagikan informasi alat perlengkapan travelling yang perlu dibawa sambil menunjukkan brandnya. Video ini mendapat 3.848 likes.

5. Konten Unboxing dan Review Produk

Ide konten TikTok ini bisa membantu audiens mengenal lebih dalam tentang produk Anda tanpa harus tampil di kamera.

Cukup letakkan kamera di samping kanan, kiri, atau di atas meja agar yang terlihat hanya tangan dan produk. Sambil merekam, jelaskan secara lisan keunggulan produk tersebut.

Contoh: Content Creator Willabelle Ong (708.000 followers) mempromosikan sepatu merek Chanel dalam sebuah video yang disukai lebih dari 17.500 kali.

ide konten TikTok
Ide konten TikTok unboxing dan review produk. (Foto tangkapan layar TikTok dari Willabelle Ong)

5 Ide Live TikTok Tanpa Wajah untuk Bisnis Anda

Manfaat live streaming di fitur TikTok adalah untuk menjawab pertanyaan sekaligus memberikan wawasan tentang bisnis Anda.

1. Shopping

Mulailah live streaming dengan intro yang menarik dan sambutan yang hangat. Jelaskan produk yang Anda tawarkan beserta fitur-fitur unggulannya. Anda juga bisa memberikan tawaran diskon khusus untuk audiens agar mereka merasa dihargai dan semakin tertarik untuk bertahan menonton lebih lama.

Tanpa menampilkan wajah, Anda cukup fokuskan kamera HP pada produk sambil menjelaskan kelebihannya secara detail.

Contoh: Akun @Mamakay (5.593 followers) mempromosikan kemeja wanita melalui live streaming tanpa menampilkan wajah.

2. ASMR

Live ASMR (Autonomous Sensory Meridian Response) dapat menghibur audiens melalui suara-suara khas seperti ketukan, gemerisik, atau bisikan.

Anda bisa membuat live ASMR dengan merekam suara produk, misalnya suara membuka kemasan, menggesek bahan kain, atau mengetuk produk. Tanpa perlu menampilkan wajah, fokuskan kamera dan mikrofon pada produk ini sambil menyapa audiens.’

3. Gaming

Jika bisnis Anda bergerak di bidang game, ide live TikTok ini bisa menjadi wadah interaksi yang seru.

Audiens bisa berinteraksi langsung dengan Anda, meminta review produk, atau mengajukan permintaan game yang ingin mereka lihat Anda mainkan.

Pastikan perangkat Anda mendukung kelancaran streaming. Anda juga bisa menambah keseruan dengan mengadakan giveaway atau tantangan selama live untuk mendorong keterlibatan dan loyalitas audiens.

4. Live Tutorial

Melalui live tutorial, Anda bisa menunjukkan cara penggunaan produk, tips, atau trik yang relevan dengan bisnis Anda. Anda bisa fokuskan kamera terhadap produk tanpa perlu memperlihatkan wajah.

Contohnya akun @cpns.asn, content creator ini mengadakan live tutorial tentang panduan menjawab soal TES CPNS 2025. Akun ini juga mempromosikan buku dan layanan les mereka. Konten ini berhasil menarik 625 penonton yang aktif berinteraksi.

ide konten TikTok
Contoh ide live TikTok tanpa wajah. (Foto tangkapan layar TikTok di akun cpns.Asn)

5. Mewarnai

Jika bisnis Anda berkaitan dengan crayon atau alat mewarnai, live TikTok mewarnai bisa menjadi cara menarik untuk berinteraksi dengan audiens tanpa harus menampilkan wajah.

Fokus kamera bisa diarahkan pada tangan Anda dan hasil mewarnai yang sedang berlangsung, sehingga audiens tetap terhibur.

Contohnya, akun @UmmiUla sukses melakukan live streaming mewarnai sambil berbagi tips, yang berhasil menarik perhatian 437 penonton.

Masih banyak cara lain untuk menampilkan identitas brand Anda, seperti lewat blog, artikel, siaran pers, atau berbagai konten tertulis lainnya.

Jika Anda memerlukan bantuan dalam pembuatan konten tersebut, tim RadVoice siap memberikan layanan profesional untuk mendukung kebutuhan Anda.

ide konten TikTok

Let's Amplify Your Voice Together

Tell us about your project, and we will get back to you within one business day.

Contact Us!
Contact Us!
RadVoice Indonesia
Hello
Can we help you?