Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

3 Cara Menulis Deskripsi Produk untuk E-commerce

Menulis deskripsi produk untuk e-commerce yang tepat guna ternyata berperan penting untuk visibilitas toko. Ketika semua orang berbelanja online, teks deskripsi akan membantu pembeli setelah melihat gambar produk. Tentunya, teks ini mampu mendorong dan meyakinkan calon pembeli, bukan?

Di samping itu, deskripsi produk juga dapat meningkatkan potensi penjualan. Hal ini jelas terlihat ketika teks deskripsi dibuat sesuai dengan target audiens, keunggulan dan manfaat produk, informasi tertera jelas dan detail, yang dipadu dengan kalimat menarik melalui copywriting

Namun, bagaimana menulis deskripsi produk yang mudah dilacak e-commerce dan situs pencari? RadVoice Indonesia merangkum cara menulis deskripsi produk untuk e-commerce dari berbagai sumber. Mari bahas! 

Cara Menulis Deskripsi Produk untuk E-Commerce

Berbisnis online, tepatnya di e-commerce membuahkan banyak kesempatan bagi Anda. Namun dari sekian juta penjual, apakah produk Anda dapat bersaing dan di-notice calon pembeli? Solusinya: deskripsi produk dapat membantu Anda. 

Pada dasarnya, teks deskripsi produk adalah teks yang berisi informasi penjelasan produk. Mulai dari spesifikasi, cara penggunaan, keunggulan, dan sejenisnya. 

Menulis deskripsi produk pun punya caranya seperti sebagai berikut. 

1. Riset Target Konsumen dan Pahami Produk

Cara menulis deskripsi produk untuk e-commerce yang pertama adalah lakukan riset target konsumen serta pahami produk. Menurut laman Shipper Indonesia, cara ini akan memudahkan teknik copywriting

Laman tersebut menyarankan, dengan meriset target konsumen dan memahami produk, Anda dapat menggunakan gaya bahasa berbeda untuk deskripsi produk berdasarkan karakter calon pelanggan. Misalnya dari segi usia, jenis kelamin, minat, dan lokasi. 

Makin spesifik target konsumen, makin efektif juga deskripsi produknya. Misalnya, jika target konsumen Anda adalah ibu muda, maka Anda dapat gunakan sapaan “Bunda”, “Bund”, “Bundsay”, atau “Kakak”. 

Setelah meriset target konsumen, pastikan Anda memahami betul keunggulan produk. Tujuannya, agar informasi dalam deskripsi produk lebih informatif, akurat, dan membantu pembeli mempertimbangkan atau membandingkan produk. 

2.  Tulis Deskripsi Produk secara Singkat, Padat, Menarik, dan Mudah Dimengerti

Cara menulis deskripsi produk berikutnya adalah menulis deskripsi secara singkat, padat, menarik, dan mudah dimengerti. 

Walaupun singkat, pastikan Anda menyertakan kata kunci atau keyword yang sesuai dengan judul di deskripsi produk. Tujuannya, agar produk Anda menempati urutan teratas di mesin pencari Google.

Bagaimana menemukan kata kunci yang tepat untuk deskripsi produk? Anda dapat mencari kata kunci ramah SEO (Search Engine Optimization) melalui tools gratis seperti Ubersuggest, Google Search Console, Google Keyword Planner, hingga Ahref Keyword Generator.  

Laman Niagahoster memberi tips agar teks deskripsi produk mudah dimengerti dan di-skimming

Pertama, gunakan ukuran font berbeda dengan judul dan deskripsi. Kedua, tulis dalam paragraf ringkas dan beri ruang kosong atau white space. Terakhir, gunakan bullet points atau numbering

3. Padukan Teks Deskripsi Produk dengan Copywriting

Cara menulis deskripsi produk yang terakhir adalah memadukan teks dengan copywriting

Meskipun berupa teks deskripsi produk, namun Anda perlu menyampaikannya secara menarik dengan copywriting berima, jika memungkinkan. Jenis copywriting ini membentuk pola yang dapat membuat pembeli gampang mengingat produk. 

Menurut laman Sirclo, Anda dapat menyelipkan kalimat ajakan yang tidak biasa di deskripsi produk. Entah itu pantun, kalimat penegas, klaim, gombal, testimoni, dan sejenisnya. Cara ini seolah-olah membuat produk Anda sedang berbicara dan mengajak pembeli. 

Di samping itu, Anda juga dapat menyematkan sentuhan emosional di deskripsi produk. Tujuannya agar membangun hubungan dengan pembeli. Salah satu caranya adalah menggunakan teknik storytelling, sehingga teks yang dihasilkan berupa konten soft-selling meski menjual produk di e-commerce

Kesimpulan

Ada banyak jalan menuju Roma, termasuk soal bersaing dengan jutaan penjual di e-commerce. Bermodalkan teks deskripsi produk yang tepat, Anda dapat menarik perhatian pembeli. 

Meskipun demikian, Anda membutuhkan cara menulis deskripsi produk yang efektif. Dapat disimpulkan, terdapat tiga cara sebagai berikut. 

  1. Meriset target konsumen dan memahami produk.
  2. Menulis deskripsi produk secara singkat, padat, menarik, dan mudah dimengerti. 
  3. Memadukan teks dengan copywriting agar mudah diingat audiens. 

Semoga dengan tiga insight di atas dapat membantu Anda menulis teks deskripsi produk secara efektif. Semangat!

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id