Penulis freelance atau penulis lepas menjadi salah satu pekerjaan yang diminati banyak orang. Apalagi, jika Anda memiliki pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah atau di mana pun. 

Sebagai seorang penulis freelance, Anda bisa membuat berbagai konten yang berbeda. Mulai dari artikel, cerita pendek, naskah film, buku panduan, hingga iklan televisi. Apalagi di era digital, peluangnya semakin banyak karena kebutuhan konten masyarakat yang terus meningkat.

Kesempatan Penulis Freelance

Sektor yang Tumbuh Kini Justru Penulis Freelance

Laman CNBC mengatakan, pasar kerja lepas atau kerja freelance justru tumbuh di sektor kepenulisan.

Berdasarkan riset terbaru dari laman Freelancer.com, platform tersebut menemukan bahwa keahlian menulis kreatif (creative writing) menjadi keahlian yang banyak dicari.

Berdasarkan 300.000 lowongan pekerjaan freelance di situs tersebut antara April dan Juni 2023, keahlian menulis kreatif, termasuk freelance menulis artikel, ini lebih menjanjikan di samping keahlian koding (coding) dan desainer grafis. 

Mengutip dari pernyataan CEO Freelancer.com, Matt Barrie, meskipun banyak perusahaan mengandalkan kecerdasan buatan (AI) saat pembuatan konten, namun tuntutan penulis untuk mengedit naskah, menulis artikel blog yang dioptimasi SEO, dan membuat draf naskah proyek kreatif semakin meningkat sejak awal 2023. 

AI can’t replace creativity yet.” 

— CEO Freelancer.com, Matt Barrie via CNBC

Ragam Sektor Kerja Penulis Freelance

Karena itu, inilah saatnya Anda bersinar dan menonjol di penulisan lepas.

Apa saja sektor-sektor yang dapat melibatkan penulis freelance? Dilansir dari laman Tempo Institute, berikut pembahasannya. 

1. Penerbitan

Sektor penerbitan buku dan karya tulis membutuhkan pemeriksa aksara atau proofreader.

Tugasnya adalah memastikan tulisan bebas dari risiko salah ketik, salah eja, salah tanda baca, dan kekeliruan lainnya. 

Untuk memulai kerja sebagai penulis lepas sekaligus proofreader, Anda dapat memulainya dengan membiasakan diri dengan mengecek kamus dan pedoman ejaan bahasa. 

Selain itu, penulis fiksi digital juga dibutuhkan di sektor penerbitan. Saat ini, novel dan cerpen digital semakin banyak diakses pembaca.

Misalnya, kanal fiksi digital seperti Wattpad dan Rakata, yang memungkinkan penulis lepas dapat berkarya lebih bebas dan ekspresif. 

2. Pemasaran Digital

Sektor pemasaran digital (digital marketing) membutuhkan penulis SEO untuk memproduksi artikel ramah SEO. 

Melibatkan manusia dalam konten SEO akan membuat pemasaran produk atau jasa lebih optimal di mesin pencari. Bahkan, isi kontennya enak dibaca dan tidak aneh seperti ditulis robot. 

3. Produksi Konten Audiovisual

Sektor produksi konten audiovisual seperti video, film, atau iklan juga membutuhkan penulis naskah.

Penulis naskah bertugas untuk menyampaikan dan mengurai ide (brainstorming), mencocokkan naskah yang tepat untuk visual, dan menuliskannya. 

4. Pengolahan Transkripsi atau Transcribing

Sektor pengolahan transkripsi membutuhkan penulis transkrip. Mereka bertugas untuk mencatat atau menyalin secara per kata (verbatim) dan non verbatim, dan memastikan hasil transkrip tepat. 

Kemampuan penulis transkrip adalah mendengar dan ketelitian. Bidang yang membutuhkannya mulai dari penyedia konten, lembaga riset, hingga jurnalistik, dan dibayar per durasi atau jumlah file

5. Penulisan Opini dan Budaya Pop

Dalam penulisan opini dan budaya pop yang terbit di koran, majalah, atau media digital, penulisjuga dapat membantu tokoh menulis dan mempercantik tulisan, lho. Mereka sering disebut ghostwriter atau co-writer.

Tips Mencari Lowongan Penulis Freelance 

Dilansir dari berbagai sumber, penulis lepas dapat mencoba berbagai situs seperti Freelancer.com, Upwork, SolidGigs, ProBlogger, Projects.co.id, Sribu.com, dan sebagainya. Namun, Anda juga dapat mencarinya di LinkedIn atau media sosial.

Laman Copyblogger membagikan tips mencari lowongan penulis lepas sebagai berikut: 

  • Membangun personal branding, publikasi portofolio, dan jalin koneksi di LinkedIn untuk mencari klien baru
  • Bergabung di grup kepenulisan dan terlibat aktif dalam percakapannya
  • Melakukan pendekatan pada agensi pemasaran digital atau PR
  • Mengaktifkan Google Alert untuk update notifikasi pekerjaan penulis lepas di Google
  • Membuat tulisan guest post atau kontributor untuk membangun portofolio
  • Lakukan follow up
  • Menambahkan layanan AI, CNBC mengatakan, naiknya tren AI dalam konten membutuhkan penulis lepas yang menyunting naskah agar tulisan lebih enak dibaca
  • Hindari iklan proyek dengan deskripsi yang kurang detail

Tips Menjadi Penulis Freelance Pemula

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk memulai karier sebagai penulis freelance, penting untuk mempelajari apa saja yang diperlukan. Dalam artikel ini, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadi penulis freelance. Yuk, simak!

1. Ikuti Kursus Online

Edukasi menjadi hal penting untuk memulai karier dalam dunia menulis. Terutama, jika Anda belum memiliki keterampilan menulis. Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengikuti kursus menulis secara daring.

Saat ini, Anda bisa dengan mudah menemukan platform atau komunitas yang menyediakan kursus menulis online. Manfaatnya, Anda bisa mendapatkan wawasan baru mengenai dunia kepenulisan. 

2. Mulai Menulis di Blog Pribadi

Mulailah menulis di blog pribadi, seperti Blogspot, Tumblr, WordPress, atau Medium. Platform menulis tersebut bisa mengasah keterampilan menulis Anda. Dari tulisan tersebut, Anda bisa menjadikannya sebagai portofolio. Selain itu, beberapa skill content writing lainnya juga perlu Anda asah. 

Sebab, portofolio tulisan yang disajikan dengan baik menjadi hal penting bagi Anda yang ingin menjadi penulis freelance. Ketika ingin melamar pekerjaan sebagai freelance writer di perusahaan atau bekerja sama dengan klien, Anda hanya perlu menunjukkan portofolio tulisan yang pernah dibuat.

3. Bangun Kebiasaan Membaca

Mungkin Anda pernah membaca kalimat bahwa penulis yang mahir berasal dari orang yang senang membaca. Hal tersebut benar, karena dengan membaca Anda akan mempelajari kosa kata baru, sehingga tulisan Anda menjadi lebih bervariasi. 

Selain itu, kebiasaan membaca juga akan membuat Anda menemukan ide-ide baru untuk tulisan. Dari situlah, Anda akan mempelajari lebih banyak teknik menulis. Jadi, pastikan Anda konsisten membaca, baik artikel online, koran, buku fiksi atau nonfiksi, jurnal, dan lainnya.

4. Manfaatkan Situs Freelance

Anda bisa menemukan banyak peluang untuk menjadi penulis freelance. Kunjungi website freelance, lalu buatlah profil dan cantumkan portofolio terbaik Anda. Dikutip dari IDN Times, setidaknya ada belasan rekomendasi situs freelance terbaru yang bisa Anda coba. Jangan lupa untuk memperhatikan perusahaan dan kompensasi yang ditawarkan. 

Tinjau konten di situs mereka untuk mendapatkan gambaran tentang konten yang mereka butuhkan. Sesuaikan setiap lamaran dengan persyaratan pekerjaan, dan sertakan contoh tulisan yang sesuai. Jika beruntung, maka Anda akan dihubungi oleh perusahaan yang tertarik dengan karya Anda.

5. Gabung dengan Komunitas

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah bergabung dengan komunitas menulis. Networking menjadi hal penting dalam dunia profesional, termasuk dalam dunia seorang penulis. Anda bisa bergabung dengan komunitas penulis freelance, baik online atau offline. 

Mulailah mencari komunitas penulis freelance di website, LinkedIn, atau media sosial. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan wawasan dan tips terkait dunia penulisan. Selain itu, bisa mendapatkan informasi mengenai proyek menulis atau lowongan kerja menjadi penulis freelance

Kesimpulan

Untuk menjadi seorang penulis freelance, keterampilan menulis menjadi hal yang sangat penting. Anda harus memiliki pengetahuan tata bahasa dan kosakata yang luas. Setelah menguasai hal tersebut, Anda bisa mulai mencari peluang untuk mendapatkan penghasilan dari menulis freelance

Kesimpulannya, ada lima cara untuk menjadi penulis freelance pemula:

  1. Ikuti kursus menulis online
  2. Mulai menulis di blog pribadi
  3. Bangun kebiasaan membaca
  4. Manfaatkan website freelance
  5. Gabung dengan komunitas

Itulah lima cara menjadi penulis freelance untuk pemula. Semoga membantu!


RadVoice Indonesia dapat membantu Anda menulis dan mempublikasikan blog perusahaan Anda. Berbekal pendekatan bercerita dan standar konten yang tinggi, RadVoice Indonesia akan bekerja sama dengan Anda untuk menulis artikel yang edukatif dan membuat brand Anda semakin menonjol.

Jadwalkan konsultasi online dengan RadVoice Indonesia di sini. 100% gratis, tanpa komitmen.