Anda tentu ingat bahwa terdapat tiga jenis media coverage: paid media, owned media, dan earned media.
Dari tiga pilar media tersebut, earned media menciptakan kepercayaan tertinggi antara brand dan audiensnya.
Dalam mendapatkan rekomendasi, banyak orang mempercayai teman, keluarga, situs ulasan online, dan unggahan influencer media sosial non-berbayar.
Semua ini adalah media yang diperoleh dan berpengaruh dalam membangun reputasi brand Anda.
Dikutip dari Enterpreneur.com, sebuah survei yang dilakukan YouGov sebelum pandemi menunjukkan bahwa 9 dari 10 konsumen lebih mempercayai earned media.
Sebagai perbandingan, hanya sekitar 5 dari 10 orang mereka yang disurvei mempercayai konten iklan berbayar.
Alasan Mengapa Earned Media Penting
Earned media banyak digunakan oleh berbagai e-commerce dan banyak bisnis lainnya.
RadVoice Indonesia telah merangkum beberapa alasan mengapa earned media penting untuk bisnis Anda.
1. Strategi yang Tepat untuk Tingkatkan Brand Awareness
Ada banyak manfaat blog bisnis untuk media branding.
Jika orang-orang membicarakan brand Anda di media sosial atau media online, hal ini akan meningkatkan kesadaran akan bisnis Anda dan membangun brand awareness.
Secara tidak langsung, salah satu keuntungan dari earned media adalah membantu meningkatkan keakraban publik dengan bisnis.
Setelah itu, Anda juga membantu meningkatkan peluang para audiens tersebut untuk membeli dari brand Anda nantinya.
2. Meningkatkan Traffic & Konversi Website
Salah satu manfaat penting dari earned media adalah exposure yang diberikan kepada brand dan produk Anda.
Ketika Anda menghasilkan lebih banyak buzz, Anda juga akan meningkatkan lalu lintas ke situs web perusahaan dan saluran pemasaran lainnya seperti Instagram.
Peningkatan aktivitas ini dapat menghasilkan lebih banyak konversi karena orang menjadi tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.
3. Menunjukkan Social Proof
Selain membantu orang menemukan bisnis Anda, earned media juga meningkatkan kepercayaan terhadap brand Anda dengan memberikan bukti atau social proof.
Jadi, mengapa Anda membutuhkan social proof dalam strategi konten atau marketing Anda?
Ketika orang lain membahas tentang produk atau layanan Anda, maka ada pihak lain yang akan memperhatikan dan juga ingin mempelajari produk atau jasa tersebut lebih lanjut.
4. Memiliki Pengaruh Besar
Seperti dikutip dari channelsight.com, konsumen Amerika Serikat mengatakan bahwa earned media merupakan cara yang paling sering digunakan untuk menemukan produk secara online.
Sebanyak 30% konsumen mengatakan bahwa artikel berita editorial atau blog yang positif kemungkinan besar akan mempengaruhi keputusan pembelian mereka.
Sementara itu, 28% mengatakan bahwa postingan media sosial yang positif dari teman dan keluarga akan mendorong mereka melakukan hal yang sama. Sebagai perbandingan, hanya 12% yang mengatakan bahwa iklan online membentuk keputusan pembelian mereka.
5. Membuat Pelanggan Merasa Didengar
Earned media kerap berjalan seiring dengan pemasaran dari mulut ke mulut. Bagaimanapun juga, media ini muncul dalam percakapan antara pelanggan, pemberi pengaruh, dan pihak ketiga lainnya.
Bentuk pemasaran ini menempatkan pelanggan sebagai pusat perhatian dan membuat mereka merasa didengar dan dihargai.
6. Gratis
Earned media juga sangat hemat biaya. Hal ini karena sebagian besar pilar media ini diberikan secara gratis.
Meskipun brand Anda mengeluarkan biaya untuk paid media, sebagian besar earned media diperoleh atau terjadi secara organik.
7. Bertahan Lama
Sebagian besar earned media akan mempromosikan brand Anda untuk waktu yang lama.
Contohnya adalah artikel, ulasan podcast, dan konten lainnya yang membuat brand akan tetap online tanpa batas waktu.
Brand Anda bahkan dapat ditemukan melalui mesin pencari hingga beberapa tahun ke depan.
Ini berarti konsumen akan terus terpengaruh oleh konten tersebut, meskipun telah dipublikasikan lama. Tidak seperti paid media, konten ini tidak memerlukan investasi yang berkelanjutan.
Mungkin itulah alasan mengapa banyak pemasar B2B berencana untuk menjadikan earned media sebagai area investasi utama terhadap bisnis mereka.
Kesimpulan
Ada banyak alasan mengapa earned media dinilai sangat penting. Alasannya bukan hanya meningkatkan kepercayaan antara brand dan audiens. Beberapa di antaranya adalah:
1. Strategi yang tepat untuk meningkatkan brand awareness
2. Meningkatkan traffic & konversi website
3. Menunjukkan social proof
4. Memiliki pengaruh besar
5. Membuat pelanggan merasa didengar
6. Gratis
7. Bertahan lama.
Dengan tujuh alasan mengapa pilar media yang satu ini sangat penting, apakah Anda semakin ingin mencoba memperoleh manfaatnya?