Media gathering menjadi salah satu cara yang sering digunakan perusahaan ketika mengadakan acara dengan rekan media.
Menurut salah satu makalah Universitas Indonesia dijelaskan, media gathering merupakan salah satu acara spesial untuk mendekatkan hubungan antara pihak perusahaan dan pihak media.
Berbeda dengan konferensi pers, gathering media biasanya diadakan dengan santai tanpa memerlukan tempat yang besar.
Anda juga dapat mengadakan acara ini di kantor atau restoran yang tidak terlalu besar kapasitasnya. Selain itu, jumlah wartawan yang diundang pun tidak perlu terlalu banyak.
Media gathering wajib menjadi agenda rutin sebuah perusahaan jika ingin semakin berkembang.
Tak hanya itu, masih ada alasan media gathering jadi agenda rutin sebuah perusahaan seperti yang sudah dirangkum oleh RadVoice Indonesia berikut ini.
Alasan Media Gathering Wajib Jadi Agenda Rutin
Simak beberapa alasan mengapa media gathering wajib menjadi agenda rutin sebuah perusahaan atau lembaga dalam artikel ini.
1. Bertemu Wartawan Secara Tatap Muka dan Bangun Koneksi
Berbicara secara langsung dengan rekan media akan mempermudah humas dalam menyampaikan informasi. Hal ini pun berlaku untuk para wartawan.
Kesempatan untuk bertemu dan berbicara secara tatap muka akan memberikan kesempatan untuk menggali banyak informasi dari perusahaan atau lembaga.
Biasanya, wartawan akan menanyakan isu-isu yang belum pernah diungkapkan oleh sebuah perusahaan atau lembaga.
Adanya gathering memberikan mereka kesempatan untuk mendapatkan informasi yang lebih komprehensif dalam menulis sebuah artikel.
Selain itu, pertemuan ini dapat membangun koneksi yang lebih kuat antara PR dan wartawan.
Kedua profesi ini saling membutuhkan satu sama lain, sehingga hubungan baik harus terus terjalin.
Bahkan, hubungan PR dan jurnalis juga dapat terus berlanjut meskipun sudah tidak berada di tempat kerja yang sekarang.
Jangan ragu untuk saling bertukar sosial media, sehingga hubungan baik akan tetap terjaga dengan baik.
2. Memperkenalkan Perusahaan dan Industri Secara Luas
Perusahaan yang baru atau belum dikenal luas sebaiknya mulai mengatur budget untuk mengadakan media gathering.
Acara ini dapat memperkenalkan perusahaan dan industri, khususnya yang belum dikenal secara luas.
Anda dapat menggelar media gathering di ruang serbaguna kantor atau restoran, sehingga tidak perlu mengundang terlalu banyak media.
Pastikan Anda telah mengundang media yang jangkauannya luas ketika menggelar gathering.
Jangan ragu untuk menyeleksi jurnalis yang Anda undang ke acara. Selain itu, Anda juga harus menghadirkan narasumber terbaik ketika ingin mengadakan media gathering.
Biasanya, wartawan akan lebih tertarik jika ada narasumber yang kredibel dan ahli dalam bidang yang akan dijelaskan.
3. Menjaga agar Perusahaan Tetap ‘Eksis’ dan Tidak Dilupakan Media
Salah satu alasan media gathering wajib jadi agenda rutin adalah demi menjaga eksistensi perusahaan.
Semakin sering Anda mengajak media untuk berkumpul, nama perusahaan pun akan sering terpampang di media.
Jangan ragu untuk mengundang wartawan ketika perusahaan Anda meraih penghargaan atau mengeluarkan produk baru.
Jika budget perusahaan tidak terlalu besar, Anda cukup menggelar di kantor dengan jumlah wartawan yang tidak terlalu banyak.
Asalkan media yang diundang kredibel, perusahaan atau produk Anda bisa dikenal secara luas.
4. Meningkatkan Penjualan Produk atau Jasa
Di era teknologi seperti saat ini, seseorang akan mencari tahu informasi terkait sebuah produk atau jasa melalui pemberitaan di media, khususnya online.
Nah, jika perusahaan Anda sering diberitakan oleh media, tingkat kepercayaan konsumen pun akan meningkat.
Jika kepercayaan konsumen sudah meningkat, penjualan produk atau jasa dari perusahaan Anda pun akan semakin meningkat.
Meskipun tidak semua wartawan akan memberitakan tentang acara gathering, tetapi mereka mungkin akan menulis tentang nama eksekutif yang hadir dari acara tersebut.
Jadi, jangan ragu untuk mengajak perwakilan perusahaan dalam gathering agar wartawan tidak ragu untuk hadir.
Kesimpulan
Media gathering perlu dilakukan secara rutin karena alasan berikut ini.
- Bertemu wartawan secara tatap muka dan bangun koneksi
- Memperkenalkan perusahaan dan industri secara luas
- Jaga perusahaan tetap ‘eksis’ dan tidak dilupakan media
- Meningkatkan penjualan produk atau jasa
Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, buat acara ini secara rutin!