Press release menarik menjadi hal penting untuk memasarkan produk atau jasa.
Mengingat siaran pers masih diandalkan untuk membangun sebuah ide cerita dalam pemberitaan, penting untuk pelaku bisnis mulai membuat press release menarik.
Selain judul dan konten, visual yang dilampirkan juga bisa menjadi salah pertimbangan seorang wartawan mempublikasikan siaran pers dari perusahaan Anda.
Ellington Digital mengutip data dari PR Newswire yang menyimpulkan bahwa visibilitas press release bisa meningkat hingga lebih dari 500 persen jika menggunakan beberapa foto atau grafik.
Lalu, bagaimana cara membuat press release menarik secara visual? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.
Elemen Visual agar Press Release Menarik
RadVoice Indonesia telah merangkum cara membuat press release menarik secara visual dari beberapa sumber berikut ini.
1. Gambar
Perusahaan biasanya mengirimkan press release dan gambar secara terpisah.
Bahkan, beberapa perusahaan mungkin akan mengirimkan gambar dengan ukuran besar yang membuat jurnalis kesulitan mengunduhnya.
Jika dilakukan secara berulang, jurnalis mungkin tidak akan tertarik lagi untuk membaca apalagi menerbitkan siaran pers Anda. Pastikan ukuran foto tidak terlampau besar, ya.
Cobalah untuk membuat sebuah siaran pers yang sudah dilengkapi dengan gambar untuk menunjang informasi. Ini akan menjadi press release menarik di mana jurnalis.
Mengutip launchmetrics.com, visual atau gambar yang sudah disematkan dalam body email akan menarik perhatian jurnalis untuk mengolah siaran pers Anda.
Bukan sekadar gambar, Mashable juga menyarankan Anda memberikan caption dan keyword yang relevan untuk mengoptimasi berbagai foto yang ada.
2. Call to Action
Cara membuat press release menarik secara visual lainnya adalah menggunakan Call to Action (CTA).
CTA menjadi hal penting dalam sebuah siaran pers, apalagi jika dipublikasikan melalui video atau grafis.
Mengutip Investopedia, CTA adalah istilah pemasaran yang mengacu untuk mengajak audiens melakukan suatu tindakan.
CTA yang baik harus secara langsung menyampaikan apa yang Anda inginkan dari audiens dan tidak lebih dari tiga kata.
Jika Anda ingin menyematkan tautan ke situs, pastikan telah memilih posisi yang benar sehingga audiens dapat melakukan tindakan yang diharapkan.
Anda dapat menyematkan banner dalam siaran pers, sehingga jurnalis dapat diarahkan ke infografis atau dokumen penunjang lainnya.
Asalkan tidak mengganggu isi dalam siaran pers, Anda diperbolehkan untuk memasang banner dalam sebuah press release.
3. Format Visual Lainnya
Berbagai unsur visual lainnya sangat cocok untuk Anda yang sering mengadakan sebuah acara.
Di sinilah kreativitas berperan untuk membuat siaran pers Anda semakin menonjol.
Uniknya, siaran pers dengan format visual dapat diinterpretasikan untuk media digital dan televisi.
Anda hanya cukup mengambil gambar yang menarik, kemudian kirimkan kepada wartawan untuk dipublikasikan.
Jenis press release ini memang belum terlalu familiar, tetapi Anda dapat mencoba membuat untuk dipublikasikan secara lebih luas.
Press release format visual tidak selalu berupa video, tetapi juga dapat berupa GIF atau foto-foto momen selama pagelaran acara.
Jika Anda mengambil gambar dengan baik, sudah pasti jurnalis akan tertarik untuk membaca dan mempublikasikannya.
Selain itu, Agility PR Solutions menyarankan untuk menggunakan kombinasi logo dan gambar. Anda juga bisa menyajikan foto before and after jika perusahaan berencana meluncurkan produk inovatif.
Anda dapat memanfaatkan microsite atau sebuah situs web lebih kecil yang terdiri atas beberapa halaman di siaran pers Anda.
Kesimpulan
Untuk membuat sebuah press release menarik secara visual dengan baik, Anda dapat menyertakan beberapa unsur berikut.
- Gambar
- Call to Action (CTA)
- Format visual lainnya
Kreativitas tidak mengenal batas, begitu pula penggunaan berbagai unsur visual yang dapat membuat press release menarik. Dijamin siaran pers Anda akan semakin dilirik oleh media. Yuk, dicoba!