Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

3+ Tips Bekerja dengan Freelance Content Writer

3+ Tips Kerja Sama dengan Freelance Content Writer

Profesi freelance content writer mulai banyak diminati saat ini.

Mengutip simplilearn.com, content writer atau penulis konten adalah seorang profesional yang memproduksi dan mengelola konten tertulis untuk bisnis atau organisasi.

Nantinya, para freelance content writer akan menulis dengan cara yang informatif dan menarik untuk pembaca.

Biasanya, sebuah perusahaan atau agency akan memanfaatkan jasa penulis konten lepas untuk mengisi artikel di website atau media sosial.

Pihak perusahaan atau agency akan memberikan ide berupa keyword atau pitch kepada penulis konten untuk dikembangkan menjadi sebuah artikel panjang.

Nah, perusahaan yang ingin bekerja sama dengan freelance content writer sebaiknya mencatat beberapa hal berikut. 

Tips Kerja Sama dengan Freelance Content Writer

RadVoice Indonesia telah merangkum tips kerja sama dengan content writer dalam artikel berikut ini. 

1. Jelaskan Tujuan Konten

Langkah pertama yang harus dilakukan perusahaan atau agensi adalah menjelaskan tujuan konten.

Anda harus menjelaskan dengan detail terkait konten yang akan diproduksi kepada seorang freelance content writer.

Hal ini penting untuk mempermudah penulis konten dalam membuat sebuah artikel untuk situs web atau blog perusahaan Anda.

Dalam artikel superdream.com dijelaskan bahwa ada empat tujuan utama konten: hiburan, inspirasi, edukasi dan, menyakinkan pembaca.

Keempat tujuan utama konten ini dapat disesuaikan dengan target market dari sebuah perusahaan.

Jika Anda tidak menyesuaikan dengan keempat tujuan tersebut, sudah dipastikan website perusahaan tidak menarik minat pembaca. 

2. Buat Outline yang Detail

Tips lain untuk bekerja sama dengan freelance content writer adalah membuat outline.

Penting untuk sebuah perusahaan atau agensi membuat outline yang detail saat akan bekerja sama dengan penulis konten.

Sebuah outline yang detail harus terdiri dari tujuan atau goals dari konten, identifikasi audiens, riset topik, struktur konten, dan optimasi konten atau SEO.

Perwakilan perusahaan wajib memberikan outline ini ketika akan bekerja sama dengan para penulis konten.

Biasanya, seorang freelance content writer akan lebih senang jika sudah diberikan outline dari perusahaan atau agensi sebelum mulai menulis konten.

Outline konten mempermudah penulis dalam menerjemahkan tujuan perusahaan atau agensi ke dalam sebuah tulisan.

Penting untuk perusahaan untuk tidak mengubah outline ketika sudah memberikannya kepada para penulis.

Jika terdapat perubahan, penting untuk perusahaan memberikan informasi lebih dahulu kepada penulis.  

3. Rajin Memberikan Feedback

Tips lain yang tak kalah penting adalah rajin memberikan feedback kepada penulis konten.

Hal ini mungkin terlihat sepele, tetapi sangat penting untuk para penulis.

Jangan ragu untuk selalu memberikan masukan kepada penulis selama bekerja sama.

Jika Anda tidak puas dengan hasil kerja penulis, sebaiknya disampaikan sehingga ke depannya mereka akan bekerja lebih baik lagi.

Selain itu, perusahaan juga dapat meminta masukan dari penulis terkait dengan beban kerja yang diberikan.

Pastikan Anda selalu memberikan feedback ketika selesai bekerja sama dengan freelance content writer.

Saat memberikan feedback, pastikan Anda menyampaikannya dengan sopan kepada penulis agar tidak ada salah paham dan kerja sama berjalan dengan baik.

Sebuah masukan dari klien akan sangat berarti untuk kualitas pekerjaan seorang penulis lepas. 

Anda juga bisa memberikan saran, misalnya cara menggunakan writing tools untuk membantu pekerjaan content writer.

4. Berkomunikasi dengan Jelas

Komunikasi menjadi hal yang paling penting untuk dilakukan antara perusahaan atau agensi dan penulis lepas.

Penulis lepas bekerja secara remote dan hanya dapat berhubungan melalui chat, email, atau telepon.

Jadi, penting untuk para penulis lepas selalu cepat merespons komunikasi dari perusahaan.

Jangan lupa untuk selalu mengaktifkan ponsel agar klien atau perusahaan mudah menghubungi penulis.

Hal yang sama juga harus dilakukan oleh klien.

Pastikan untuk selalu membalas pertanyaan terkait konten yang diinginkan dari penulis lepas.

Jika komunikasi berjalan dengan baik, kerja sama pun akan semakin lancar. 

Kesimpulan

Bekerja sama dengan seorang freelance content writer dapat berjalan dengan baik.

Berikut beberapa hal yang dapat klien lakukan:

  1. Jelaskan tujuan konten
  2. Buat outline yang detail
  3. Rajin memberikan feedback
  4. Berkomunikasi dengan jelas

Jika keempat tips tersebut dilakukan dengan baik, penulis konten akan merasa senang bekerja sama dengan perusahaan Anda.

Tidak menutup kemungkinan mereka dapat menjalin kerja sama dalam jangka panjang. Yuk, coba tips di atas! 

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id