Press release menjadi elemen yang penting ketika launching produk.
Selain harus menerapkan format standar press release untuk peluncuran produk, Anda juga harus memastikan telah memilih jurnalis yang sesuai dengan target pasar produk tersebut.
Lalu, bagaimana cara menulis siaran pers yang baik untuk launching produk?
Temukan tips menulis press release untuk launching produk dalam artikel berikut ini.
Tips Menulis Press Release untuk Launching Produk
RadVoice Indonesia telah merangkum tips menulis siaran pers untuk launching produk dari beberapa sumber berikut.
1. Buat Perencanaan
Tips pertama menulis press release untuk launching produk adalah membuat perencanaan.
Dalam artikel Airfoil Group dijelaskan bahwa perencanaan adalah hal penting untuk dilakukan dalam menulis siaran pers untuk launching produk.
Untuk hasil terbaik, Anda dapat menempatkan diri sebagai seorang jurnalis.
Pastikan Anda mengetahui apa saja yang diinginkan seorang jurnalis ketika datang ke acara peluncuran produk.
2. Buat Outline dengan Informasi Dasar
Tips selanjutnya untuk membuat press release launching produk adalah menyusun outline.
Langkah ini sangat penting dan tidak boleh terlupakan karena akan mempermudah Anda dalam proses penulisan siaran pers.
Saat menulis outline, pastikan Anda menulis informasi dasar yang mungkin akan ditanyakan oleh jurnalis atau konsumen.
Beberapa informasi dasar yang harus disisipkan adalah cara penggunaan, manfaat, serta harga dari produk tersebut.
Selain itu, Anda juga wajib menuliskan informasi seperti alamat email, nomor kontak, dan nama penanggung jawab jika masih ada pertanyaan dari jurnalis.
3. Buat Headline Menarik
Headline juga menjadi elemen penting dalam menulis siaran pers, termasuk untuk launching produk.
Sebab, headline atau judul siaran pers adalah hal pertama yang dibaca.
Mengutip Shopify, buatlah headline yang merangkum isi dari siaran pers peluncuran produk untuk wartawan.
Menyisipkan informasi tentang fitur dan manfaat dalam judul press release, sehingga banyak orang yang semakin penasaran dengan produk Anda.
Pastikan Anda fokus untuk membuat produk menonjol dengan menekankan fitur dan manfaat uniknya.
Hal ini dipercaya akan membuat audiens semakin penasaran dengan produk yang akan diluncurkan.
Hindari judul-judul yang membosankan seperti menulis “Produk Baru” atau menyisipkan kalimat yang terkesan “terlalu jualan”.
4. Storytelling secara Singkat tetapi Menarik
Tips berikutnya adalah membuat storytelling secara singkat, tetapi menarik.
Saat ingin menyisipkan storytelling, Anda harus memiliki tujuan yang jelas.
Misalnya, Anda dapat menjelaskan tentang bagaimana perjalanan produk tersebut dan tantangan apa yang dihadapi oleh perusahaan.
Gunakan bahasa yang sederhana, sehingga mudah dimengerti oleh calon konsumen saat membuat cerita dalam siaran pers.
5. Lakukan Proofreading
Tips terakhir dalam membuat press release peluncuran produk adalah proofreading.
Mengutip PaperTrue, proofreading adalah proses koreksi sebuah tulisan sebelum disebarkan secara luas.
Dalam proses ini, proofreaders harus memeriksa semua elemen yang ada di dalam siaran pers agar tidak terjadi kesalahan saat dikirimkan.
Beberapa elemen yang perlu diperiksa adalah kesalahan penulisan atau typo, tanda baca, dan pemilihan kata untuk sebuah siaran pers.
Langkah ini tentu sangat penting agar press release akan terlihat profesional.
Kesimpulan
Secara umum, penulisan siaran pers untuk launching produk tidak berbeda jauh dengan berbagai kebutuhan lainnya.
Hanya saja untuk hasil yang efektif, Anda dapat menerapkan tips berikut ini.
- Buat perencanaan
- Buat outline dengan informasi dasar
- Buat headline menarik
- Storytelling secara singkat tetapi menarik
- Lakukan proofreading
Jika kelima tips tersebut dapat dilakukan dengan efektif, press release produk Anda mungkin akan memberikan dampak positif terhadap penjualan.
Penting untuk para praktisi PR selalu mencari referensi agar press release yang dibuat semakin menarik minat jurnalis.
Jadi, Anda sudah siap untuk menulis press release untuk launching produk?