Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

3 Manfaat Kolom Komentar Blog bagi Website dan Perusahaan Anda

3 Manfaat Kolom Komentar Blog bagi Website dan Perusahaan Anda

Pernahkah Anda memperhatikan kolom komentar di blog? Ternyata, komentar blog punya banyak manfaat!

Memiliki sebuah blog menjadi salah satu bentuk strategi marketing yang bisa Anda lakukan agar perusahaan atau brand yang Anda miliki semakin dikenal publik.

Jika digunakan secara optimal, komentar blog dapat memiliki tujuan yang baik bagi website dan perusahaan Anda ke depannya.

Penasaran tentang apa itu komentar blog dan manfaatnya? Simak di bawah ini.

Apa itu Komentar Blog?

Secara singkat, komentar blog merupakan sebuah kolom yang dapat diisi oleh audiens dengan tujuan mengomentari isi dari blog tersebut.

Biasanya, kolom ini terdapat di bagian akhir atau paling bawah dari sebuah blog.

Secara sistemnya, komentar blog sama saja seperti blog Kaskus atau Facebook dan Twitter.

Setelah audiens mengetahui isi artikel, mereka memiliki kesempatan untuk berkomentar tentang apa yang mereka tahu dan rasakan.

Keberadaan kolom komentar blog bisa dikatakan mengancam. Hal ini mengingat kemudahan media sosial, blog tidak ter-maintain dengan baik, hingga pesan scam dan spam.

Bahkan, terdapat beberapa blog yang mengharuskan audiens mendaftar di situs tersebut untuk bisa berkomentar.

Hal di atas ternyata membuat beberapa blog menghapuskan kolom komentar dengan mematikan fitur tersebut melalui pengaturan CMS (Content Management System) yang digunakan.

Padahal, komentar blog ini punya manfaat untuk website perusahaan Anda, lho!

Manfaat Komentar Blog

Fitur ini memiliki tujuan yang penting dan dapat membuat website Anda menjadi lebih baik. Berikut beberapa manfaat komentar blog untuk situs perusahaan Anda.

1. Menciptakan Sebuah Forum Diskusi

Keberadaan komentar blog dapat membuat sebuah forum diskusi terkait produk ataupun perusahaan Anda.

Contohnya, saat Anda menjelaskan tentang produk A, tentunya ada pembaca yang memiliki pertanyaan dari apa yang dituliskan.

Dari hal tersebut, Anda, baik atas nama pribadi atau perusahaan, dapat menjawab pertanyaan yang ada.

Tentunya, Anda dapat menjawabnya dengan baik dan lengkap agar mereka yang bertanya mendapatkan informasi yang cukup.

Hal ini juga dapat Anda gunakan untuk meluruskan isu-isu yang beredar.

Contoh perusahaan yang membuat blog khusus untuk menjawab permasalahan yang dihadapi pembaca adalah Halodoc, Kaskus, hingga beberapa blog pribadi lainnya.

2. Insight Baru dari Keinginan Pembaca

Selain memberikan komentar, fitur ini juga dapat menjadi tempat menampung aspirasi dan keinginan pembaca.

Masukan tersebut dapat Anda implementasikan nantinya pada blog, website, produk, hingga perusahaan Anda.

Contoh paling sering ditemukan pada blog pribadi adalah saran terhadap produk yang ditampilkan, seperti kemasan dan ukuran.

Tidak jarang juga ada komentar yang memberikan pengalamannya selama membaca blog Anda.

Lalu, bagaimana jika mereka menuliskan pengalaman buruk atau spam?

Tips dari RadVoice Indonesia agar blog Anda tetap berjalan baik adalah menerimanya dan pastikan selalu adanya interaksi dengan penulis komentar.

Namun, jika merasa komentar tersebut berupa scam, spam, atau tidak relevan dengan konten, Anda bisa menghapusnya melalui pengaturan CMS yang Anda pakai.

3. Meningkatkan SEO Ranking

Jika Anda bertujuan untuk menaikkan ranking SEO dari website Anda, kolom komentar dapat membantu.

Mengutip dari Search Engine Journal, komentar dari pengguna dapat meningkatkan nilai dari artikel Anda.

Untuk lebih mudahnya, ini gambaran mudahnya. Saat seseorang meninggalkan komentar pada blog Anda, tanpa disadari, orang tersebut menanamkan nilai pada blog Anda.

Saat Anda menjawab, terjadi interaksi antara Anda dengan pengomentar, sehingga penanya akan kembali lagi ke blog Anda untuk melihat jawaban Anda.

Lalu, apa yang direkam oleh Google? Google merekam aktivitas yang terjadi pada blog tersebut.

Mulai dari datangnya pembaca, aktifnya sebuah blog, hingga kembalinya pembaca ke blog tersebut.

Hal tersebut memberikan data kepada Google bahwa blog Anda aktif dan dapat menjawab suatu topik. 

Hal tersebut membuat ranking SEO blog dan bahkan peringkat website Anda akan meningkat.

Kesimpulan

Komentar blog memiliki tujuan penting yang baik bagi blog, website, hingga perusahaan Anda. Tiga tujuannya yaitu:

  1. Menciptakan sebuah forum diskusi
  2. Insight baru dan keinginan pembaca
  3. Meningkatkan ranking SEO

Itulah beberapa manfaat kolom komentar blog yang perlu Anda ketahui. Jadi, masih yakin untuk menghapus fitur komentar di blog Anda?

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id