5 Manfaat Kolom Komentar Blog hingga Media Sosial bagi Perusahaan

3 Manfaat Kolom Komentar Blog bagi Website dan Perusahaan Anda

Sebuah blog hingga media sosial tidak lengkap rasanya tanpa keberadaan kolom komentar.

Melalui kolom komentar, pengguna media sosial dapat berinteraksi satu sama lain sekaligus memberikan tanggapan langsung terhadap konten yang Anda publikasikan.

Selain itu, Anda juga punya kesempatan untuk mendapat kritik tentang tulisan Anda.

Jika dikelola secara optimal, kolom komentar juga dapat meningkatkan brand awareness perusahaan.

Penasaran apa itu kolom komentar dan apa saja manfaatnya bagi perusahaan? Simak penjelasan secara lengkap dari RadVoice Indonesia.

Apa itu Kolom Komentar?

kolom komentar
Kolom komentar biasanya ditempatkan di bagian akhir atau paling bawah sebuah halaman. (Foto oleh Mamewmy/Freepik)

Menurut Fiveable, kolom komentar adalah fitur yang umum digunakan di blog maupun media sosial, di mana pengguna dapat menyampaikan opini dan reaksi mereka terhadap suatu konten.

Kehadiran kolom komentar membuka ruang diskusi antara pembaca dan penulis, memungkinkan percakapan dan interaksi lebih lanjut seputar topik yang dibahas.

Kolom komentar juga memberi wawasan penting terkait sentimen audiens.

Biasanya, fitur ini ditempatkan di bagian akhir atau paling bawah sebuah halaman.

Dari sisi sistem, kolom komentar di blog bekerja mirip dengan yang ada di platform seperti Kaskus, Facebook, atau Twitter.

Namun, keberadaan kolom komentar juga memiliki tantangan. Blog yang tidak terkelola dengan baik, hingga maraknya spam dan scam, membuat ruang komentar bisa menjadi rentan.

Beberapa blog bahkan mewajibkan pembaca untuk mendaftar terlebih dulu sebelum dapat berkomentar.

Kondisi ini membuat beberapa blog menonaktifkan kolom komentar melalui pengaturan CMS (Content Management System) yang digunakan.

Baca Juga: Bagaimana Brand Bertahan dari Krisis PR di Media Sosial?

5 Manfaat Kolom Komentar

Fitur kolom komentar dapat meningkatkan kualitas website perusahaan Anda menjadi lebih baik. Berikut 5 manfaat komentar blog untuk situs perusahaan Anda.

1. Menciptakan Forum Diskusi

Kolom komentar bisa menjadi ruang diskusi yang efektif terkait produk maupun perusahaan Anda.

Contohnya, saat blog Anda mempublikasikan press release tentang produk A, mungkin ada pembaca yang ingin memberi pertanyaan atau meminta penjelasan lebih lanjut.

Dengan adanya kolom komentar, Anda bisa menjawab pertanyaan secara langsung, baik atas nama pribadi maupun perusahaan.

Tentunya, Anda dapat menjawab pertanyaan secara lengkap agar pembaca mendapatkan informasi secara faktual.

Kolom komentar juga dapat Anda gunakan untuk meluruskan isu-isu yang beredar.

2. Mendapat Insight Baru dari Keinginan Pembaca

Fitur kolom komentar juga dapat menjadi tempat menampung aspirasi dan keinginan pembaca. (Foto oleh Freepik).

Selain memberikan komentar, fitur ini juga dapat menjadi tempat menampung aspirasi dan keinginan pembaca.

Masukan yang muncul dapat menjadi bahan evaluasi dan ide pengembangan pada blog, website, produk, hingga perusahaan Anda.

Pada blog pribadi, misalnya, pembaca sering memberikan saran terkait produk yang ditampilkan, seperti kemasan dan ukuran.

Tidak jarang juga muncul komentar yang memberikan pengalamannya selama membaca konten Anda.

3. Meningkatkan Ranking SEO

Jika Anda ingin meningkatkan peringkat website, kolom komentar dapat menjadi elemen pendukung.

Menurut Search Engine Journal, komentar pengguna dapat menambah nilai dari artikel Anda.

Setiap kali seseorang meninggalkan komentar, hal ini menjadi sinyal positif bagi mesin pencari (search engine).

Saat Anda menjawab, terjadi interaksi antara Anda dengan pengunjung, yang mendorong mereka kembali ke blog Anda untuk melihat respons Anda.

Google akan merekam berbagai aktivitas tersebut, mulai dari kunjungan pembaca, tingkat interaksi, hingga seberapa aktif blog Anda dalam merespons.

Aktivitas yang konsisten memberikan data kepada Google bahwa blog Anda aktif dan menjawab kebutuhan pengunjung.

Hasilnya, blog Anda dinilai aktif dan kredibel, membuat ranking SEO blog dan peringkat website Anda akan meningkat.

4. Mendapat High Engagement

Ketika pengguna media sosial mengomentari postingan Anda, mereka berinteraksi yang lebih mendalam dibanding sekadar menyukai atau membagikan konten.

Contoh kolom komentar di postingan Instagram Horse.com. (Tangkapan layar dari laman B Squared Media)

Seperti yang Anda lihat di postingan instagram Horse.com, mengajukan pertanyaan kepada audiens bisa menyenangkan sambil menjaga citra brand.

Baik mereka bertanya, berbagi pendapat, maupun menyampaikan keluhan, semua bentuk komentar ini membuka ruang dialog.

Untuk mendorong lebih banyak komentar, Anda dapat menghadirkan konten yang bersifat percakapan, mulai dari topik diskusi, pertanyaan terbuka, atau permintaan pendapat dari audiens.

5. Memperluas Jangkauan

Semakin banyak komentar yang diterima sebuah konten di media sosial, semakin besar pula visibilitas yang akan didapatkan.

Strategi ini sejalan dengan cara kerja algoritma media sosial yang cenderung memprioritaskan konten dengan tingkat interaksi tinggi.

Di antara berbagai bentuk interaksi, komentar memiliki bobot yang lebih kuat dibandingkan like. Sebab, banyaknya komentar mengambarkan pengguna benar-benar terlibat dan menemukan nilai dalam konten tersebut.

Semakin sering Anda berinteraksi melalui balasan komentar, semakin besar peluang konten Anda dilihat. Dampaknya, jangkauan konten menjadi lebih luas.

Dampak Komentar Positif dan Negatif

Komentar media sosial dan blog bisa berdampak positif maupun negatif pada brand perusahaan.

Mengutip Postmypost, komentar berperan penting dalam membentuk opini publik tentang brand Anda. Selain itu, algoritma media sosial cenderung menyukai interaksi yang tinggi.

Semakin banyak komentar yang diterima, semakin tinggi kemungkinan postingan Anda akan muncul di linimasa pengguna, sehingga meningkatkan jangkauan.

Komentar juga memberi Anda kesempatan untuk menerima feedback dari pelanggan. Ketika ada pertanyaan tentang produk atau layanan Anda, biasanya akan muncul di kolom komentar.

Namun, di sisi lain, menurut Sprinklr, komentar yang negatif bisa merusak brand Anda jika tidak ditangani dengan tepat.

Tips Mengelola Kolom Komentar

Menanggapi kolom komentar itu penting, namun menyiapkan strategi khusus mengelola kolom komentar tak kalah krusial.

Berikut beberapa tips mengelola kolom komentar dari laman Planable:

  1. Berikan respons pada komentar positif dengan sentuhan kepribadian yang ramah.
  2. Tanggapi komentar negatif dengan sikap empati dan pengertian.
  3. Abaikan atau hapus komentar yang berbahaya atau bersifat spam.
  4. Tangani komentar netral dengan interaksi rasa ingin tahu.

Kesimpulan

Kolom komentar pada blog dan media sosial perusahaan Anda punya peran penting. Lima tujuan adanya kolom komentar adalah:

  1. Menciptakan sebuah forum diskusi
  2. Mendapat insight baru dan keinginan pembaca
  3. Meningkatkan ranking SEO
  4. Mendapat high engagement
  5. Memperluas jangkauan

Itulah beberapa manfaat dari kolom komentar blog yang perlu Anda ketahui. Jadi, apakah Anda yakin ingin tetap menaruh fitur komentar di blog Anda?

Kelola komentar di media sosial dan blog Anda bersama RadVoice Indonesia, agar interaksi dengan pengguna semakin seru dan brand Anda makin dikenal.

Let's Amplify Your Voice Together

Tell us about your project, and we will get back to you within one business day.

Contact Us!
Contact Us!
RadVoice Indonesia
Hello
Can we help you?