Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

5+ Cara Meningkatkan SEO Press Release, PR Wajib Tahu!

Press release atau siaran pers adalah cara yang ampuh untuk mengkomunikasikan berita dan acara perusahaan Anda.

Agar cakupan press release semakin luas, Anda dapat menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO).

Dengan membuat press release yang ramah SEO, Anda dapat memastikan bahwa siaran pers juga membantu upaya SEO.

Jika Anda mengadopsi strategi yang tepat, situs web pun bisa mendapatkan tautan tambahan yang diindeks dan dihitung oleh mesin pencari utama.

Dengan kata lain, press release Anda dapat membantu memberikan tautan berkualitas dan kaya akan keyword.

Namun, tentu saja ini berlaku hanya jika Anda menulisnya dengan benar. Salah satunya dengan mengacu kepada beberapa jenis optimasi SEO yang telah terbukti bermanfaat.

Meningkatkan SEO press release hanyalah bagian dari optimasi SEO on-page. Anda juga harus memperhatikan optimasi SEO off-page dan tips memaksimalkan technical SEO

Cara Meningkatkan SEO Press Release

Press release yang baik harus ditulis dengan mempertimbangkan SEO.

Jika ditulis dengan benar, siaran pers dapat berdampak positif terhadap aktivitas SEO Anda.

Berikut adalah beberapa tips meningkatkan SEO pada press release seperti dikutip dari Digital Third Coast.

1. Optimalkan 250 Kata Pertama

Kalimat pertama yang ada dalam press release Anda adalah upaya terpenting dalam meningkatkan SEO. Pastikan Anda menyampaikan inti pesan dalam 250 kata pertama.

Ada dua alasan hal ini perlu diperhatikan. Pertama, penting bagi Anda untuk memiliki konten yang relevan di awal, sebab ini akan memudahkan algoritma mesin pencari untuk memahami press release Anda.

Selain itu, optimasi 250 kata pertama ini juga dapat memastikan bahwa Anda benar-benar memberikan informasi yang relevan kepada pembaca.

Jika informasi disampaikan secara menarik, audiens akan lanjut membaca keseluruhan press release Anda.

2. Sesuaikan Kata Kunci

Penyesuaian terkecil pada kata-kata yang Anda gunakan untuk mendeskripsikan produk atau layanan dalam press release Anda dapat memberikan dampak yang besar.

Itulah mengapa Anda membutuhkan tips memilih keyword yang tepat.

Misalnya, search volume keyword ‘Namsan Tower’ pada press release yang berhubungan dengan wisata memiliki volume pencarian yang lebih tinggi dari keyword ‘N Seoul Tower’.

Hanya dengan membuat perubahan kecil ini, Anda dapat menerima lonjakan yang besar di mesin pencari.

Jika Anda tidak yakin bagaimana cara mengukur volume penelusuran, mulailah dengan tools gratis dan sederhana untuk meriset keyword.

Google Trends, misalnya. Alat ini bisa dengan cepat dan mudah memungkinkan Anda untuk membandingkan dua kata kunci atau lebih. 

3. Gunakan Hyperlink dengan Tepat

Salah satu kesalahan yang umum dilakukan oleh para pemula saat mencoba menulis press release yang ramah SEO adalah banyak menautkan internal link.

Melakukan hal tersebut hanya akan membuat rilis Anda sulit dibaca. Lebih buruk lagi, mesin pencari akan menganggapnya sebagai spam dan mungkin akan mengabaikan konten Anda.

4. Pastikan Topik Layak Diberitakan

Apa yang memenuhi syarat sebagai berita yang layak tayang? Jawabannya tentu tergantung pada audiens.

Di sinilah Anda perlu target audience dan menjaga minat mereka. Di bawah ini adalah beberapa topik yang perlu dipertimbangkan ketika menulis press release yang ramah SEO.

  • Pencapaian oleh perusahaan atau staf
  • Sumber daya informasi
  • Acara khusus
  • Kegiatan amal atau corporate social responsibility 
  • Penghargaan yang dimenangkan atau diberikan
  • Hadiah atau promosi
  • Produk atau layanan baru
  • Perbaikan maupun perluasan produk atau layanan
  • Perubahan organisasi atau staf

5. Berikan Kutipan dari Sosok Terkenal

Sebagian besar press release menyertakan kutipan dari seseorang. Namun, jika orang tersebut terkenal atau namanya memiliki nilai search volume yang tinggi, Anda bisa mendapatkan manfaat SEO.

Anda juga dapat menyisipkan quote dari CEO atau figur terkenal lainnya.

Semua ini dapat membantu Anda muncul dalam pencarian yang berhubungan langsung dengan produk Anda dan membuat produk Anda lebih dikenal oleh audiens baru.

6. Tambahkan Gambar

Baik itu infografik, grafik, ilustrasi, atau fotografi asli, gambar yang tepat dapat membantu press release Anda muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Pastikan Anda mengoptimalkan setiap foto dengan alt text, deskripsi, serta judul yang kuat.

Hal ini tidak hanya akan meningkatkan SEO Anda secara keseluruhan, tetapi juga merupakan sumber traffic yang berharga.

Kesimpulan

Membuat dan mendistribusikan press release adalah strategi pemasaran digital yang efektif untuk menyampaikan pesan dan identitas online sebuah merek.

Banyak orang mengetahui siaran pers, tetapi mereka biasanya tidak menyadari dampaknya terhadap SEO.

Berikut beberapa cara meningkatkan SEO pada press release Anda.

  1. Optimalkan 250 kata pertama
  2. Sesuaikan kata kunci
  3. Gunakan hyperlink dengan bijak
  4. Pastikan topik layak diberitakan
  5. Berikan kutipan dari sosok terkenal
  6. Tambahkan gambar

Enam tips di atas akan membantu Anda menyempurnakan press release, performa SEO, serta citra perusahaan Anda secara keseluruhan. Strategi manakah yang belum Anda jalankan?

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id