Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

3+ Tips Membuat Iklan Advertorial Produk, Hindari Kalimat Pemasaran! 

Beriklan di mana-mana dapat membangun brand awareness

Iklan merupakan salah satu solusi efektif yang mampu meningkatkan penjualan. Salah satunya lewat iklan advertorial. Apakah Anda sudah familiar dengan iklan advertorial?

Iklan advertorial dikemas dalam bentuk artikel berita di media dan dirancang agar terlihat seperti konten jurnalistik. Tujuannya untuk memasarkan produk kepada pembaca dalam bentuk informasi yang berguna. 

Berbeda dengan iklan pada umumnya, advertorial dibuat seobjektif mungkin sehingga pembaca tidak menyadari bahwa artikel yang dibaca adalah iklan.

Iklan advertorial banyak digunakan sebagai metode promosi karena adanya ketidakpercayaan pembaca terhadap iklan. Pembaca sering mengabaikan konten satu ini tanpa mencerna informasi yang disajikan. 

Dengan menggunakan advertorial, pembaca menjadi tidak sadar kalau sebenarnya yang mereka baca adalah iklan. Mereka akan lanjut membaca artikel tersebut untuk mendapatkan informasi. 

Artikel advertorial nyatanya bermanfaat untuk bisnis. Ini menjadi sarana perusahaan untuk mempromosikan usaha dan produk serta edukasi calon konsumen. Keuntungan lainnya yaitu menonjolkan brand melalui jaringan jurnalis profesional.  

Pada akhirnya, konten ini dapat membantu membangun public awareness dan meningkatkan engagement di antara calon konsumen.

Tips Membuat Iklan Advertorial Produk

Setelah mengetahui keuntungan menggunakan iklan advertorial, Anda juga perlu mengetahui beberapa tips untuk membuatnya. 

Berikut ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar advertorial menarik perhatian pembaca. 

1. Artikel Ringan

Dikutip dari Kompas.com, berdasarkan kesulitannya, artikel dibagi menjadi empat yaitu artikel praktis, artikel ringan, artikel halaman opini, serta artikel analisis isi. 

Dalam membuat iklan advertorial, sebaiknya Anda menggunakan bahasa yang ringan. Artikel ringan maksudnya yaitu artikel yang membahas topik ringan yang dimengerti pembaca. 

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan artikel disajikan secara ringan untuk dibaca oleh konsumen.

Artikel yang berat dan rumit akan membuat pembaca kebingungan. Informasi yang disampaikan pun tidak sampai kepada pembaca sehingga tujuan promosi Anda gagal.

2. Bahasa Editorial

Tujuan utama penggunaan bahasa editorial pada artikel advertorial yaitu agar pembaca dan konsumen tidak menyadari bahwa artikel tersebut adalah iklan. 

Walaupun iklan advertorial sendiri menggunakan artikel yang ringan, namun bahasa yang digunakan haruslah tetap bahasa editorial.

Ada empat aturan teks editorial yang harus Anda perhatikan dalam penulisan artikel advertorial: penggunaan kalimat efektif, menggunakan kata populer, menggunakan kata ganti penunjuk, serta konjungsi atau kata hubung.

3. Hindari Gaya Bahasa Berlebihan dan Kalimat Pemasaran

Saat membuat iklan advertorial, Anda harus menghindari gaya bahasa yang superlatif atau berlebihan. 

Gaya bahasa yang berlebihan membuat pembaca bosan dan calon pelanggan juga tidak tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

Tidak hanya itu, Anda juga harus menghindari kalimat pemasaran saat menulis artikel advertorial. Tujuan akhir yakni agar pembaca maupun konsumen tidak sadar artikel tersebut adalah iklan. 

Anda harus menghindari kalimat ajakan seperti “Tunggu apa lagi? Ayo beli sekarang!” dan berbagai kalimat pemasaran lainnya.

4. Memilih Media yang Tepat

Tahap akhir yang harus Anda lakukan setelah menyelesaikan iklan advertorial adalah memilih media yang tepat untuk segera ditayangkan. 

Media merupakan hal yang harus Anda perhatikan. Kesuksesan penyebaran artikel advertorial sangat bergantung pada media yang digunakan.

Langkah yang bisa Anda ambil adalah memilih media yang pembacanya memiliki karakteristik serupa dengan konsumen yang ingin Anda bidik. Setiap media tentu memiliki karakter pembacanya sendiri. Pastikan media yang Anda pilih sejalan dengan strategi promosi perusahaan.

Kesimpulan

Secara umum, berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam membuat iklan advertorial produk.

  1. Artikel ringan
  2. Bahasa editorial
  3. Hindari gaya bahasa berlebihan dan kalimat pemasaran
  4. Memilih media yang tepat

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan agar iklan advertorial yang dibuat memberikan keuntungan untuk bisnis. Selamat mencoba!

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id