SEO keyword merupakan unsur penting untuk membuat dan mengembangkan konten online.
Menurut Yoast, keyword atau kata kunci adalah istilah yang menggambarkan tentang konten pada website Anda.
Kata kunci sangat penting untuk sebuah website, sehingga konten dapat ditemukan pada halaman pertama mesin pencarian Google.
Meskipun penting, Anda tetap harus berhati-hati ketika memilih kata kunci untuk sebuah artikel.
Pastikan Anda telah memilih kata kunci yang sesuai dengan bisnis perusahaan dan banyak dicari oleh audiens.
Untuk melakukan hal tersebut, Anda dapat memanfaatkan tools pencari keyword, baik yang dapat diakses secara gratis atau berbayar.
Jika ingin website perusahaan Anda selalu berada di halaman pertama mesin pencarian, simak tips mencari kata kunci dari RadVoice Indonesia berikut ini.
Tips Memilih Keyword untuk SEO Strategy
Tips berikut ini dipercaya dapat meningkatkan ranking website perusahaan Anda di mesin pencarian. Yuk, dicoba!
1. Buat Daftar Keyword Sesuai Bidang Bisnis
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat daftar keyword sesuai dengan bidang bisnis perusahaan.
Anda dapat membuat sebuah spreadsheet untuk mengumpulkan semua kata kunci yang telah diidentifikasi.
Pastikan semua kata kunci sesuai dengan target market atau audiens perusahaan Anda, ya.
Jangan sampai kata kunci yang sudah dikumpulkan tidak sesuai dengan bidang bisnis perusahaan Anda.
Kata kunci yang tidak sesuai membuat pekerjaan Anda menjadi sia-sia.
Pasalnya, ini tidak akan memberikan dampak terhadap audiens atau target pasar dari produk atau perusahaan Anda.
Perlu diketahui, website perusahaan merupakan salah satu media penunjang untuk brand awareness perusahaan Anda.
Jadi, jangan ragu untuk membuat daftar sesuai dengan target market dari brand Anda.
2. Sesuaikan Topik Konten dengan Keyword
Jika telah mendapat banyak kata kunci, Anda dapat menyesuaikan topik konten.
Anda dapat mengidentifikasi topik dengan melihat cara pelanggan mencari produk secara online.
Untuk mendapatkan topik, Anda cukup memasukkan kata kunci yang telah ditemukan sebelumnya.
Hal ini memang bukan akhir dari proses pemilihan kata kunci.
Biarpun begitu, Anda dapat mencari inspirasi sebelum menulis artikel untuk web perusahaan.
3. Analisis Keyword
Untuk meningkatkan peringkat di mesin pencarian, Anda juga harus menganalisis kata kunci sebelum digunakan.
Anda harus memastikan jika kata kunci yang digunakan dapat menjawab keinginan dari pelanggan.
Selain itu, Anda juga harus hati-hati menginterpretasikan kata yang Anda targetkan.
Pastikan Anda sudah tahu jika kata kunci tersebut memang paling sering digunakan dalam mesin pencarian.
Jangan sampai, artikel SEO yang Anda buat tidak masuk ke dalam mesin pencarian Google. Akibatnya, traffic website perusahaan Anda tidak akan meningkat.
4. Riset di Mesin Pencarian
Setelah melakukan analisis, Anda dapat melakukan riset singkat melalui mesin pencarian.
Caranya cukup mudah, lho. Anda hanya perlu memasukan kata kunci ke dalam mesin pencarian, kemudian lihat saran yang diberikan.
Saat memasukkan kata kunci ke dalam kotak pencarian Google, Anda mungkin akan menemukan beberapa saran untuk pencarian terkait kata kunci.
Jika Anda merasa kesulitan, jangan ragu untuk mencari topik yang sesuai dengan bisnis perusahaan sebelum membuat draf artikel.
Anda dapat browsing dari website berbahasa asing, kemudian menerjemahkannya ke bahasa Indonesia juga.
5. Gunakan Tools Keyword
Cara terakhir yang dapat digunakan untuk mencari keyword adalah menggunakan tools.
Anda dapat menggunakan berbagai jenis tools keyword, baik yang gratis maupun berbayar.
Pastikan Anda tetap melakukan analisis dan riset lanjutan ketika sudah mendapatkan kata kunci untuk artikel di situs web.
Kata kunci memang bisa meningkatkan traffic website, tetapi Anda juga harus melihat target perusahaan Anda.
Jangan sampai website Anda dikenal, tetapi tidak memberikan dampak positif terhadap kegiatan marketing perusahaan.
Kesimpulan
Kata kunci memang penting untuk membantu meningkatkan traffic sebuah website. Namun, Anda tetap harus memperhatikan cara mencari keyword sehingga hasilnya efektif. Berikut caranya:
1. Buat daftar keyword sesuai bidang
2. Sesuaikan topik konten dengan keyword
3. Analisis keyword
4. Riset di mesin pencarian
5. Gunakan tools keyword
Kelima tips tersebut dapat mempermudah Anda mencari kata kunci sebelum menulis artikel untuk website. Yuk, buat artikel yang ramah SEO dengan mencari kata kunci yang tepat!