RadVoice Indonesia kembali menunjukkan perannya sebagai mitra komunikasi strategis dengan memfasilitasi peliputan Nikkei Asia, media asing asal Jepang, dengan Amartha, perusahaan teknologi nasional yang berfokus pada layanan keuangan mikro (microfinancing).
Cerita Amartha kemudian terbit dengan judul “Indonesian startups face funding fallout from corruption scandals” (Berbagai startup Indonesia menghadapi dampak pendanaan dari skandal korupsi), ditulis oleh Ismi Damayanti dan Rezha Hadyan.
Artikel yang ditulis kedua jurnalis tersebut membahas dinamika iklim pendanaan startup Indonesia yang tengah menghadapi tantangan akibat isu tata kelola dan kepercayaan investor.
Dalam wawancara ini, Amartha menegaskan posisinya sebagai startup yang konsisten menerapkan tata kelola perusahaan yang baik.
Founder dan CEO Amartha, Andi Taufan Garuda Putra, menyampaikan bahwa integritas pemimpin adalah pondasi penting bagi keberlangsungan bisnis. Sebab, semuanya dimulai dari pemimpin untuk melihat sejauh mana perusahaan akan melangkah.
“Integrity as a leader is a must; it all starts with us to see how far we will go,” ujar Taufan.
Sejak berdiri 15 tahun lalu, Amartha telah menyalurkan pembiayaan senilai 35 triliun rupiah kepada lebih dari 3,3 juta nasabah yang sebagian besar perempuan pengusaha mikro di pedesaan.
Tidak seperti banyak startup yang agresif “membakar uang” sebelum pandemi 2020, Amartha mengambil langkah berbeda dengan strategi pertumbuhan yang lebih hati-hati.
Investasi difokuskan pada sumber daya, talenta, dan pemasaran sesuai kemampuan arus kas, sambil tetap menjaga mandat untuk memberikan nilai bagi mitra usaha kecil.
“Bisnis kami adalah mengelola risiko. Apa yang telah kami lakukan sejauh ini adalah menegakkan mandat tersebut,” kata Taufan.
Presiden Komisaris Amartha, Rudiantara, juga menekankan pentingnya fokus pada kesinambungan pengembangan bisnis, bukan sekadar mengejar pertumbuhan cepat, sebuah strategi yang membedakan Amartha dari sejumlah startup lain.
Keterlibatan RadVoice dalam memfasilitasi liputan ini menegaskan komitmen kami sebagai jembatan komunikasi antara jurnalis dan perusahaan.
RadVoice percaya, cerita tentang ketangguhan Amartha dalam menjaga tata kelola dan integritas akan memberi inspirasi, tidak hanya bagi ekosistem startup Indonesia, tetapi juga bagi para pemangku kepentingan global.
Perusahaan Anda ingin mendapatkan eksposur di media nasional maupun internasional? Hubungi RadVoice untuk memfasilitasi liputan Anda, seperti yang telah kami lakukan untuk Amartha!