Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, keberadaan PR untuk startup semakin signifikan.
Berbeda dengan PR bagi perusahaan besar yang sudah ada, tentu perlu variasi dan strategi yang kuat bagi PR untuk startup.
Strategi PR yang kuat dapat membantu meningkatkan visibilitas startup Anda, membangun kepercayaan, hingga menempatkan startup Anda menjadi yang terdepan.
Peran PR untuk Startup
RadVoice Indonesia telah merangkum penjelasan mengapa PR penting untuk startup.
Startup sering kali beroperasi dengan sumber daya yang terbatas, sehingga sulit untuk menonjol di pasar yang kompetitif.
Sementara PR akan menawarkan cara untuk memperkuat brand, membangun kredibilitas, dan hubungan jangka panjang dengan pelanggan, investor, serta media melalui cara yang terjangkau.
Untuk itu, keberadaan PR perlu menjadi fokus untuk startup Anda dalam setiap tahap pengembangan.
Berikut sejumlah manfaat keberadaan PR bagi startup:
1. Membantu Meraih Pendanaan atau Investasi
Ketika calon investor tidak memahami bisnis Anda, mereka tidak akan menginvestasikan uangnya ke bisnis yang Anda jalankan.
Investor tentu juga cenderung melihat startup yang memiliki reputasi baik dan terlihat profesional.
Dikutip dari PR Lab, keberadaan PR untuk startup akan membantu Anda meningkatkan peluang untuk mendapatkan investasi dengan menunjukkan kepada investor bahwa Anda adalah yang terbaik di industri.
PR akan membantu startup menyampaikan visi, misi, maupun nilai bisnis secara efektif.
2. Menjangkau Target Audiens Baru
Setelah berhasil mencapai target pendanaan, kini Anda ingin berekspansi. Audiens atau pasar baru mungkin belum memahami tujuan bisnis startup Anda.
Keberadaan PR untuk startup dapat membantu untuk menjangkau audiens baru, sementara Anda tetap fokus pada kinerja startup.
Di sisi lain, PR tetap dapat menjaga hubungan dengan audiens lama Anda. PR dapat membantu Anda memamerkan keberhasilan bisnis yang dijalankan.
3. Menjalin Hubungan dengan Media
Keberadaan PR akan membantu Anda menjalin hubungan dengan media.
Dikutip dari Forbes, PR akan membantu memperkenalkan startup Anda dan memelihara hubungan dengan selalu memberikan informasi terkini tentang bisnis Anda.
Keberadaan PR untuk startup akan membantu mengidentifikasi media mana saja yang sesuai dengan bidang Anda, sehingga informasi yang dibagikan pun lebih relevan.
PR juga akan membantu membuat media kit yang memuat berbagai informasi tentang startup Anda. Mulai dari peluncuran produk, informasi pendanaan, atau hal lain yang signifikan terkait perkembangan startup.
Baca juga: Jurnalis Lepas Putra Muskita Membagikan Tips Hubungan Media untuk Startup
4. Bersaing dengan Startup Lain
PR akan membantu membedakan startup Anda dengan pesaing. Hal ini bisa dilakukan dengan menonjolkan produk atau layanan dari startup yang berbeda dengan pesaing.
Tak hanya dengan sesama startup, PR juga akan membantu Anda bersaing dengan perusahaan yang lebih mapan untuk mendapatkan pasar yang tepat.
Dengan begitu, kesadaran merek terhadap startup Anda pun akan lebih terbangun sejak awal.
Kapan Waktu yang Tepat untuk Merekrut PR?
Ketika beban pekerjaan sudah tidak terkendali, Anda dapat mulai mempertimbangkan untuk merekrut PR.
Anda dapat memanfaatkan agensi PR untuk memaksimalkan tanggung jawab pekerjaan yang berhubungan dengan PR.
Startup Anda ingin menjalin hubungan dengan media? Hubungi RadVoice sekarang.
Membangun hubungan dengan PR agency saat pengembangan perusahaan juga akan membantu mengurangi penilaian negatif dari media atau mengelola saat terjadi krisis.
Setelah itu, Anda dapat meluangkan waktu untuk menggelar rapat mingguan atau bahkan bulanan bersama tim PR untuk membahas berbagai kegiatan PR seperti acara mendatang, siaran pers, atau pendekatan dengan media.
Apa Keuntungannya Bagi PR?
Keberadaan PR untuk startup akan menguntungkan bagi PR itu sendiri. Startup biasanya memiliki tim yang masih kecil, sehingga birokrasinya tak terlalu rumit seperti perusahaan besar.
Selain itu, PR pun dapat berkreativitas lebih banyak dengan inovasi atau ide-ide original di tengah keterbatasan startup yang tengah berkembang.
Kesimpulan
Keberadaan PR akan membantu bagi startup yang tengah berkembang.
Selain memperkuat brand awareness, PR juga membantu meningkatkan peluang untuk meraih pendanaan, menjangkau target audiens baru, menjalin hubungan dengan media, hingga bersaing dengan startup lain.
Untuk mempermudah pekerjaan, Anda dapat memanfaatkan PR agency untuk memaksimalkan agenda atau kegiatan yang terkait dengan PR.