Sebuah perusahaan tentunya membutuhkan publisitas agar dapat menjual produk dan jasanya ke masyarakat. Di sinilah pentingnya press release.
Namun, Anda harus tahu jenis informasi apa yang mau disampaikan ke publik. Jadi, Anda bisa menentukan pula jenis siaran pers yang sesuai dengan kebutuhan publisitas perusahaan. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui tips membuat press release yang efektif.
Nah, seperti apa saja jenis siaran pers yang umum digunakan? Pada artikel kali ini, RadVoice Indonesia akan berbagai informasi mengenai jenis-jenis tersebut.
Jenis-Jenis Press Release dan Fungsinya
Sebelum melangkah lebih jauh membahas jenisnya, mari ketahui terlebih dahulu definisinya, atau yang biasa disebut sebagai media release.
Menurut Fit Small Business, press release adalah dokumen ringkas yang menyajikan informasi yang layak diberitakan dengan gaya jurnalistik. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan prinsip 5W+1H dalam membuat sebuah siaran pers, apa pun jenisnya.
Nah, bicara soal jenis-jenis press release, berikut ini RadVoice Indonesia merangkum sejumlah jenis yang paling umum digunakan berikut fungsinya bagi perusahaan.
1. Basic Publicity Release
Ini merupakan jenis press release yang paling umum digunakan dan perusahaan wajib tahu mengenai jenis yang satu ini.
Mengutip dari INK For All, basic publicity release adalah pengumuman perusahaan yang mendorong adanya liputan oleh media.
Apa pun yang layak diberitakan dapat menjadi focal point untuk basic publicity release. Misalnya, sebuah perusahaan merilis berita rilis mengenai produknya yang menerima penghargaan.
Fungsi utama dari siaran pers ini, yaitu menghasilkan publisitas untuk merek. Termasuk untuk meningkatkan reputasi perusahaan.
Jenis berita yang disampaikan, umumnya berita bernada positif yang dapat menunjukkan citra baik di mata publik. Terkadang, jenis siaran pers ini digunakan pula untuk melakukan klarifikasi terkait isu publik yang bisa mencoreng nama baik perusahaan.
2. Product Release
Jenis press release lainnya yaitu product release. Setiap perusahaan tentu setidaknya memiliki satu jenis produk atau jasa untuk dijual.
Nah, siaran pers terkait rilis produk menjadi penting untuk mengenalkan layanan atau produk perusahaan kepada publik. Siaran pers ini penting untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap produk Anda.
Anda harus memastikan siaran product release memberikan informasi yang lengkap kepada awak pers yang meliput. Mulai dari spesifikasi utama produk, keunggulannya dibanding kompetitor, hingga segmentasi pasar yang ditargetkan.
Sejumlah fungsi utama product release, seperti diungkapkan Viral Loops, yaitu untuk membuat buzz seputar brand Anda, sekaligus meningkatkan brand awareness. Selain itu, siaran pers ini berpotensi mendorong lebih banyak penjualan.
3. Financial Release
Jenis press release selanjutnya adalah financial release. Menurut Feedough, siaran pers ini bertujuan mengumumkan hasil keuangan triwulanan atau tahunan sebuah perusahaan.
Jenis siaran pers ini penting bagi perusahaan publik yang sudah melantai di bursa efek. Transparansi laporan keuangan menjadi penting karena para pemegang saham perlu tahu kondisi keuangan perusahaan.
Di sini, financial release berperan penting untuk membantu awak pers memberitakan laporan keuangan perusahaan secara akurat. Rilis ini sarat dengan angka dan istilah keuangan lainnya yang tak mudah dipahami orang awam.
Oleh karena itu, financial release harus dibuat dengan sangat detail dan hati-hati. Adapun fungsi utamanya, yaitu memberikan informasi tentang hasil operasi, posisi keuangan, dan arus kas perusahaan.
Informasi ini digunakan oleh publik untuk membuat keputusan pemilik saham dan calon investor. Apakah mereka akan membeli atau melepas saham yang sudah dimiliki.
Kesimpulan
Setidaknya, ada tiga jenis press release yang umum digunakan perusahaan. Fungsinya pun berbeda-beda berdasarkan jenisnya. Ini dia tiga jenisnya:
- Basic publicity release
- Product release
- Financial release
Nah, itu dia 3 jenis press release dan fungsinya. Semoga informasi ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan siaran pers yang tepat bagi perusahaan Anda.