Agensi public relations (PR) menjadi garda terdepan sebuah perusahaan atau brand untuk beberapa situasi dan kondisi. Agensi PR wajib bekerja dengan cepat dan tepat, serta harus dapat diandalkan.
Secara umum, agensi PR menjadi pihak ketiga yang bertugas sebagai pihak yang berhubungan langsung dengan hubungan masyarakat dan perusahaan.
Dikutip dari Jurnal Humaniora Universitas Bina Nusantara, public relations beserta agensinya punya tiga fungsi. Jurnal tersebut mengutip pernyataan Edward l. Berneys dalam buku Public Relations, yakni sebagai pemberi informasi publik, pengubah sikap dan tingkah laku publik, serta pengintegrasi antara sikap dan perbuatan lembaga dengan sikap publik dan sebaliknya.
Karena itu, RadVoice Indonesia merangkum tiga alasan agar Anda mempertimbangkan untuk melibatkan agensi public relations untuk perusahaan atau brand Anda.
Alasan Perusahan Perlu Agensi PR
Melibatkan agensi PR dapat menjadi jembatan sekaligus penyelamat di kala genting dan landai. Berikut adalah tiga alasan agensi PR dapat Anda libatkan.
1. Memperbaiki Reputasi
Alasan pertama mengapa agensi public relations perlu dilibatkan adalah untuk memperbaiki reputasi. Reputasi adalah hal penting dalam citra sebuah perusahaan atau brand.
Dirangkum dari laman PRLab, reputasi erat kaitannya dengan citra (image) dan komunikasi krisis (crisis communication). Agensi public relations dapat mengaplikasikan crisis communication untuk memperbaiki reputasi sebuah brand atau perusahaan. Misalnya melalui press release yang menarik dan efektif atau wawancara.
Meskipun demikian, reputasi dan citra tidak dapat dibangun sehari semalam. Keduanya adalah proses jangka panjang dan harus dimonitor untuk menguji kredibilitas informasi yang sesuai dengan target audiens.
Selain itu, menurut laman Indonesia PR, agensi public relations juga mampu mengelola reputasi, khususnya ketika Anda menjalankan strategi media relations hingga sukses. Agensi PR dapat membantu Anda untuk merangkai pesan yang ingin Anda sampaikan sekaligus mengamati para kompetitor.
2. Menguatkan Hubungan Komunitas secara Organik
Alasan kedua agensi public relations perlu dilibatkan yaitu untuk menguatkan hubungan komunitas dan target audiens secara lebih organik.
Menurut Indonesia PR, agensi public relations yang baik adalah yang mampu membangun hubungan dengan banyak komunitas dan influencer. Selain itu, agensi tersebut dapat mengetahui seberapa sustainable atau berkelanjutan sebuah bisnis hingga menjadi sumber data.
Sebagaimana pada pernyataan Edward L. Berneys dalam buku Public Relations, salah satu fungsi public relations adalah sebagai pengubah sikap dan tingkah laku publik secara persuasif. Karenanya, Anda dapat mengandalkan agensi PR karena memiliki kemampuan komunikator, penyampai pesan, pemonitor audiens, hingga penganalisis dampak komunikasi.
Tentunya agar komunitas terhubung secara organik, Anda membutuhkan agensi public relations yang berpengalaman memanajemen komunitas, influencer, atau KOL (key opinion leader).
3. Mempererat Anda dengan Jurnalis dan Media
Alasan terakhir Anda perlu menggaet agensi public relations yakni karena agensi PR memiliki koneksi kuat dengan awak jurnalis dan media. Jurnalis dan media adalah pihak yang menjadi corong publikasi perusahaan atau brand Anda. Dalam sehari, mereka menerima ratusan surat elektronik. Bagaimana follow up-nya?
Agensi public relations dapat membantu follow up. Bermodal koneksi luas dan kedekatan dengan jurnalis dan media, Anda akan lebih mudah mendapat liputan di media. Menurut Content Collision, berkat kedekatan dengan mereka, agensi PR lebih mudah melakukan kopi darat (kopdar) dengan jurnalis dan jurnalis cenderung responsif saat menerima siaran pers.
Di samping itu, agensi PR juga berkoneksi dengan agensi periklanan yang dapat meningkatkan visibilitas perusahaan atau brand Anda.
Tidak kalah penting, menggaet agensi public relations artinya dapat membantu Anda untuk mengurangi kesalahan saat menulis siaran pers. Kesalahan ini sering kali terjadi dan dapat memperbesar peluang diabaikan wartawan. Maka dari itu, agensi PR dapat meramu press release yang apik dan menarik perhatian wartawan.
Kesimpulan
Agensi public relations dapat membantu Anda untuk mengelola reputasi sekaligus meningkatkan visibilitas pada khalayak publik. Secara umum, terdapat tiga alasan Anda dapat berkolaborasi dengan agensi PR, yakni:
- Memperbaiki dan mengelola reputasi brand atau perusahaan
- Menguatkan hubungan komunitas dan influencer secara lebih organik
- Menambah koneksi dan mempererat hubungan dengan jurnalis dan media
Itulah pembahasan tiga alasan agensi public relations dapat menjadi mitra kolaboratif untuk brand atau perusahaan Anda. Semoga dengan alasan ini, Anda dapat bertemu agensi PR yang sesuai dengan kebutuhan. Tetap semangat!