Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

3+ Topik untuk Media Gathering, Jadi Ide Potensial untuk Artikel 

3+ Topik untuk Media Gathering, Jadi Ide Potensial untuk Artikel 

Topik yang akan dibahas dalam sebuah media gathering menjadi hal utama yang harus disiapkan.

Jika topik yang diangkat menarik, wartawan mungkin tidak akan berpikir panjang ketika akan mempublikasikan tentang acara perusahaan Anda.

Biasanya, topik yang dapat memberikan impact atau inspirasi kepada masyarakat akan menarik perhatian wartawan untuk mengangkatnya menjadi berita.

Dikutip dari jurnal yang diterbitkan Universitas Indonesia, pemberitaan yang positif mengenai sebuah perusahaan akan meningkatkan kepercayaan dari publik maupun konsumen.

Jika Anda ingin nama perusahaan diliput media, sebaiknya angkat topik-topik berikut ini ketika mengadakan media gathering, ya.

Topik yang Perlu Dibahas di Media Gathering 

RadVoice Indonesia telah merangkum beberapa topik yang perlu dibahas saat media gathering dalam artikel berikut ini. 

1. Perkenalan Perusahaan  

Informasi umum tentang perusahaan menjadi salah satu topik menarik untuk para wartawan. Jadi, pastikan Anda mengangkat topik ini ketika mengadakan media gathering.

Anda dapat menjelaskan tentang bisnis perusahaan, termasuk target market dan produksi yang akan dilakukan sepanjang tahun.

Jangan lupa untuk selalu menghadirkan seorang pengambil keputusan atau pemegang jabatan tinggi di perusahaan.

Seseorang dengan jabatan tinggi biasanya akan lebih mudah menjawab pertanyaan dari wartawan, sehingga akan meninggalkan kesan yang baik.

Jika kesan yang ditinggalkan positif, kepercayaan publik juga meningkat. Hal ini mungkin akan membuat penjualan dan brand Anda lebih mudah dikenali publik.

2.  Pencapaian dan Tantangan Perusahaan  

Topik menarik lainnya yang dapat diangkat dalam acara media gathering adalah pencapaian dan tantangan perusahaan.

Jelaskan secara rinci tentang pencapaian dan tantangan perusahaan mulai dari awal berdiri hingga sekarang. Ini dapat menjadi inspirasi untuk para pembaca ketika kisah diliput oleh media.

Anda dapat meminta pendiri perusahaan untuk hadir sebagai narasumber dan menceritakan tentang perjalanan perusahaan.

Seorang wartawan mungkin akan lebih senang ketika diberi kesempatan untuk bertanya kepada founder terkait perjalanan perusahaan Anda.

Jangan pernah ragu untuk menjelaskan proses ketika perusahaan Anda jatuh dan dapat kembali bangkit lagi.

Topik-topik seperti ini dapat diangkat menjadi sebuah artikel inspiratif di media massa.

3. Rencana Perusahaan 

Rencana jangka pendek dan pandang sebuah perusahan juga menjadi topik yang perlu dibahas dalam media gathering. 

Sebuah rencana perusahaan bisa menjadi ide tulisan potensial untuk jurnalis selama disampaikan dengan baik dan tidak menekan wartawan.

Jika rencana perusahaan Anda menarik dan memberikan imbas besar kepada publik, wartawan mungkin tidak akan ragu untuk mengangkatnya menjadi sebuah artikel mendalam di media massa.

Jangan ragu untuk menjelaskan tentang target dari rencana tersebut sehingga wartawan akan semakin tertarik menulis artikel tentang perusahaan Anda. 

4. Cara Menghubungi Perwakilan Perusahaan 

Media gathering biasanya diadakan dengan santai, sehingga perusahaan akan lebih mudah berinteraksi dengan rekan media.

Jika sifatnya personal, Anda dapat mengangkat cara menghubungi perwakilan perusahaan dalam acara media gathering.

Dalam acara tersebut, Anda dapat menghadirkan perwakilan perusahaan dan memberikan kartu nama mereka secara langsung kepada wartawan.

Selain itu, praktisi PR juga dapat menjelaskan bagaimana cara menghubungi perwakilan perusahaan, khususnya yang memiliki jabatan tinggi.

Biasanya, wartawan akan menghubungi seorang narasumber atau perwakilan perusahaan untuk diwawancarai.

Kesimpulan 

Topik yang menarik bisa menjadi pertimbangan utama seorang wartawan untuk datang ke acara media gathering sebuah perusahaan.

Nah, jika Anda bingung mencari topik menarik untuk media gathering, RadVoice Indonesia telah merangkumnya seperti berikut.

  1. Perkenalan tentang perusahaan
  2. Pencapaian dan tantangan perusahaan
  3. Rencana perusahaan
  4. Cara menghubungi perusahaan untuk wawancara

Keempat topik itu penting untuk dibahas oleh perusahaan khususnya saat media gathering, sehingga wartawan memiliki insight yang baik ketika menulis artikel Anda. 

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id