Dalam mengembangkan bisnis, brand awareness adalah kuncinya. Namun dengan begitu banyaknya tools untuk meningkatkan brand awareness, sebaiknya memulai dengan yang mana, ya?
Dikutip dari FlippingBook, 94% data statistik menunjukkan bahwa populasi dunia mengenali logo Coca-Cola.
Ketika Anda mengingat logo merek tersebut, maka itulah yang dilakukan perusahaan masing-masing untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek.
Singkatnya, perusahaan berusaha menanamkan sebuah merek ke dalam hidup Anda dan kebiasaan belanja Anda.
Salah satunya, misalnya, melalui konten sesuai dengan manfaat artikel feature yang dapat meningkatkan brand awareness.
Baik itu blog perusahaan, iklan, podcast, atau postingan media sosial, konten tersebut harus menjangkau audiens target, melibatkan mereka, dan menyampaikan pesan brand Anda kepada calon konsumen.
Semuanya dilakukan dengan memanfaatkan tools untuk meningkatkan brand awareness.
RadVoice Indonesia telah mengumpulkan beberapa tools yang dapat membantu dan meningkatkan brand awareness melalui konten yang dibuat.
Tools untuk Meningkatkan Brand Awareness
Banyak perusahaan beralih ke alat bantu pemasaran konten atau tools untuk meningkatkan brand awareness dengan membuat konten berkualitas.
Beberapa tools di bawah ini akan membantu brand Anda dikenal di pasar yang Anda bidik.
1. Hootsuite
Perangkat lunak manajemen media sosial Hootsuite dirancang untuk membantu Anda membuat konten yang lebih menarik, mendapatkan lebih banyak pengikut, dan membuat bisnis Anda bersinar secara online.
Menjadi salah satu tools untuk meningkatkan brand awareness dengan konten yang dibuat, Hootsuite membantu menjadwalkan dan mempublikasikan konten ke semua saluran sosial Anda, melacak efektivitas secara real-time, dan meningkatkan volume pada konten berkinerja terbaik.
Dengan alat ini, Anda dapat melihat tren dan tetap mendapat pemberitahuan tentang bisnis, pelanggan, pesaing, atau topik apa pun yang membuat Anda penasaran.
Dashboard-nya dapat disesuaikan dengan rangkuman yang mudah dibagikan, terutama tentang performa postingan Anda di media sosial.
2. Ahrefs
Ahrefs memungkinkan Anda mempelajari lebih lanjut tentang situs web Anda dan mendapatkan wawasan yang mendalam.
Alat ini membantu memeriksa hasil pencarian Google yang terkait dengan bisnis Anda dan topik mana yang paling menarik bagi pengguna.
Informasi ini akan menjadi dasar untuk membuat konten yang relevan dengan kata kunci yang tepat, sehingga audiens Anda dapat menemukan dan mengenali Anda secara online.
Selain itu, dengan Ahrefs Anda dapat mempelajari mengapa kompetitor Anda memiliki peringkat yang lebih tinggi dan menyesuaikan strategi pemasaran Anda untuk mengungguli mereka.
3. Typeform
Typeform dapat membantu Anda mendesain survei brand awareness yang akan mengumpulkan informasi atau umpan balik.
Salah satu tools untuk meningkatkan brand awareness ini memiliki interface yang ramah pengguna, dilengkapi dengan tema yang dirancang khusus, template, dan opsi menarik lainnya yang bisa Anda gunakan.
Jika Anda perlu mengumpulkan informasi, merampingkan komunikasi tim internal, dan “menggali” prospek, Typeform sangat layak untuk dicoba.
4. Cision
Ini adalah salah satu instrumen public relations yang paling terkenal dan berfitur lengkap.
Cision memiliki basis data lebih dari 1,6 juta jurnalis dan editor.
Platform ini membantu menargetkan, melibatkan, menganalisis, dan mengukur kampanye brand awareness yang Anda bangun.
Dengan informasi ini, Anda bisa melacak upaya Anda dan menceritakan kesuksesan Anda dengan terhubung pada jurnalis yang tepat.
Harga Cision tergantung pada kebutuhan klien dan disediakan berdasarkan permintaan.
5. HARO
HARO yang juga dikenal sebagai Help a Reporter Out akan memudahkan Anda untuk terhubung dengan para jurnalis.
HARO adalah platform gratis di mana Anda dapat mendaftar sebagai narasumber ahli.
HARO menyediakan database narasumber yang kuat bagi para jurnalis untuk berita yang akan datang.
Dengan ini, peluang harian bagi narasumber untuk diliput media akan semakin besar.
Dengan mendaftar ke HARO, Anda akan menerima rangkuman permintaan atau pertanyaan jurnalis setiap hari.
Itu artinya, Anda akan menyumbangkan pengalaman atau keahlian dari brand produk atau jasa Anda yang relevan.
Tentu saja ini menjadi salah satu tools untuk meningkatkan brand awareness yang baik ketika Anda ingin dikenal oleh masyarakat.
Kesimpulan
Brand awareness adalah bagian penting dari semua lini bisnis, terlepas dari ukuran organisasi. Salah satunya dibantu dengan konten.
Semakin kuat konten Anda, maka konten tersebut menunjukkan kepada audiens tentang apa yang diperjuangkan oleh brand Anda.
Beberapa tools untuk meningkatkan brand awareness dari konten yang dibuat adalah:
1. Hootsuite
2. Ahrefs
3. Typeform
4. Cision
5. HARO
Dengan bantuan tools di atas, diharapkan Anda dapat menyoroti apa yang membedakan Anda dari para pesaing dalam konten Anda dan membangun brand awareness.