Salah satu cara yang paling efektif untuk terhubung dengan audiens Anda adalah dengan membuat konten berdasarkan trending topic atau topik yang sedang tren di kalender editorial dan media sosial Anda.
Faktanya, memang tidak semua konten yang Anda buat harus berkaitan dengan peristiwa terkini.
Namun menggunakan topik yang sedang tren, konten Anda lebih mungkin dan mudah ditemukan di media sosial.
Anda dapat menemukan trending topic dengan menjelajahi berbagai platform media sosial, situs web, dan forum. Akan tetapi, proses penemuan topik-topik ini memakan waktu dan tidak efisien.
Anda bisa saja membutuhkan beberapa jam untuk menemukan satu topik yang sedang tren dan berpotensi untuk diolah.
Tools untuk Mencari Trending Topic
Dibandingkan mencoba metode manual untuk menemukan trending topic, Anda bisa mencoba beberapa tools yang dapat membantu mencari topik yang sedang banyak diperbincangkan.
Seperti dikutip dari Search Engine Journal, berikut adalah beberapa rekomendasi tools yang bisa memberi Anda inspirasi trending topic.
1. Google Trends
Google Trends adalah standar emas untuk mengidentifikasi topik penelusuran yang sedang tren.
Alat untuk mencari trending topic yang satu ini dapat melacak tren penelusuran global dan menyediakan banyak data yang dikelompokkan berdasarkan rentang tanggal, lokasi geografis, kategori, jenis penelusuran (misalnya penelusuran web vs YouTube), dan banyak lagi pilihan lainnya.
Salah satu kemajuan terbaru dari Google Trends selama beberapa tahun terakhir adalah penggabungannya ke dalam Google Search.
Google telah menjadi tujuan tidak hanya untuk memasukkan query, tetapi juga untuk membaca berita yang sedang tren berdasarkan minat Anda.
2. Exploding Topics
Alat untuk mencari trending topic yang kedua ini berguna bagi pengusaha, investor, atau mereka yang ingin mengidentifikasi ide bisnis, kategori, atau perusahaan yang sedang tren.
Exploding Topics adalah website yang sederhana dan mudah digunakan. Alat ini dapat membantu Anda mengidentifikasi tren terbaru dalam hitungan menit dan memanfaatkannya sebelum pesaing Anda melakukannya.
Yang harus Anda lakukan adalah mengatur filter pada hasil pencarian dan Anda akan disajikan dengan informasi yang relevan. Anda juga bisa berlangganan buletin mereka untuk mendapatkan informasi tentang tren terbaru bersama dengan data penting lainnya.
3. SparkToro Trending
SparkToro Trending menampilkan artikel pemasaran, SEO, dan teknologi yang sedang ngetren di ruang digital.
Aplikasi ini menarik tren dari jumlah share yang dibuat pengguna menggunakan akun mereka di media sosial. Algoritmanya menangkap apa yang paling banyak mendapat perhatian di Internet dan menyampaikannya kepada Anda sebagai pengguna.
4. Buzzsumo
Buzzsumo telah lama menjadi salah satu tools terbaik di kelasnya untuk membantu Anda mengidentifikasi konten viral atau trending topic di seluruh media sosial.
Bahkan, alat yang satu ini memiliki fitur tambahan dengan penemuan konten yang menjangkau seluruh situs web video.
Cukup ketik kata kunci dan Anda akan mendapatkan hasilnya secara instan.
BuzzSumo memiliki periode uji coba gratis 30 hari, setelah itu Anda bisa memilih langganan berbayar.
5. Treendly
Treendly membantu Anda mengetahui topik apa yang harus Anda persiapkan untuk artikel blog berikutnya.
Tools ini bekerja ekstra untuk memberi tahu Anda bagaimana tren telah meningkat selama periode waktu tertentu.
Dengan versi premiumnya, Anda bisa mengetahui trending topic yang dikurasi di lebih dari sepuluh negara berbeda.
Selain itu, aplikasi ini juga akan membawa Anda melewati tren musiman yang mungkin akan kembali atau tren yang mungkin bertahan lebih dari satu tahun di industri ini.
Anda bisa mencoba demo gratis Treendly sebelum berlangganan versi berbayarnya.
Kesimpulan
Mencari konten atau artikel yang sedang ngetren dengan tools tertentu akan sangat membantu daripada melakukannya secara manual. Hal ini membuat seluruh proses menjadi lebih cepat, lebih mudah, dan jauh lebih efektif.
Beberapa alat mencari trending topic yang bisa digunakan yaitu:
1. Google Trends
2. Exploding Topics
3. SparkToro Trending
4. Buzzsumo
5. Treendly
Alat-alat di atas akan membantu Anda menjelajahi internet dengan pikiran kreatif Anda dan menemukan topik-topik menarik dalam prosesnya.
Meskipun demikian, penting juga untuk diingat bahwa kualitas lebih penting dibandingkan kuantitas konten yang Anda buat. Pastikan Anda hanya memilih konten yang relevan dengan audiens Anda dan tentunya bermanfaat bagi mereka.