5 Tips Sukseskan Media Gathering untuk Tingkatkan Brand Awareness

Tips Sukses Mengadakan Media Gathering

Menyelenggarakan acara yang menarik perhatian pers membutuhkan perencanaan dan eksekusi yang matang. Itulah mengapa PR harus mengetahui tips-tips sukses mengadakan media gathering

Berbagai media event tentu memiliki manfaat, seperti keuntungan mengadakan press conference untuk bisnis.

Baik itu peluncuran produk, konferensi pers, atau pertemuan industri, acara yang berhasil melibatkan media dapat secara signifikan mempengaruhi reputasi dan visibilitas perusahaan, serta mendapatkan liputan media.

Media gathering juga memberikan kesempatan langsung kepada perusahaan Anda untuk meningkatkan awareness.

Tips Sukses Mengadakan Media Gathering

Seperti dikutip dari LiveAbout, berikut adalah beberapa tips sukses mengadakan media gathering.

1. Buat Press Release

Mempersiapkan press release akan membantu media memutuskan apakah perusahaan Anda layak diliput. Pastikan siaran pers Anda menggunakan bahasa sederhana dan tidak menggunakan kata-kata overklaim.

Faktanya, stasiun televisi dan surat kabar mencari berita dan mereka tidak mencari promosi penjualan. 

Pahami bagaimana mempertahankan konsistensi merek di press release dan cara membuat press release menarik secara visual. Hal ini akan membantu Anda membuat konten yang sesuai dengan pedoman brand. 

2. Rencanakan Jadwal Acara dengan Baik

Semua media bekerja dengan tenggat waktu, terutama stasiun televisi yang memiliki siaran berita yang tayang di waktu tertentu. Prosedurnya juga tidak singkat karena naskah harus ditulis dan rekaman harus diedit.

Tips sukses mengadakan media gathering selanjutnya adalah merencanakan waktu acara Anda. Tidak hanya nyaman bagi para reporter, jadwal yang tepat juga meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan exposure yang lebih cepat.

3. Pastikan Akses ke Lokasi Mudah

Jika Anda mengadakan acara di hotel dan area yang Anda izinkan untuk media berada di bagian belakang gedung, berikan mereka akses semudah mungkin.

Jangan biarkan mereka parkir di bagian depan gedung dan kemudian membawa peralatan kerja mereka sampai ke belakang. Jika ada cara untuk berkendara ke belakang, beri tahu media arah berkendara dan tandai jalan dengan jelas ketika mereka tiba.

Barangkali ada beberapa lokasi di perusahaan Anda yang memiliki kebijakan yang ketat tentang area-area terlarang yang tidak diperbolehkan untuk difoto.

4. Sertakan Press Kit

Hal yang juga tidak boleh Anda lupakan saat menyiapkan media gathering adalah menyediakan perangkat pers atau press kit. Sertakan informasi tentang acara Anda dan berikan kepada media.

Informasi ini tidak hanya akan membantu mereka menulis berita, tetapi juga membantu Anda untuk memiliki kontrol lebih besar atas berita yang akan dibuat karena Anda memberikan informasi penting kepada mereka.

Press kit yang baik memudahkan reporter untuk mempelajari produk dan brand Anda, serta mengakses foto dan materi pemasaran yang dapat mereka gunakan dalam sebuah cerita. Untuk lebih mudah membuatnya, pelajari cara membuat press kit. 

Dengan menyediakan press kit untuk media gathering, Anda mengatakan, “Ini semua yang Anda butuhkan untuk menyusun cerita Anda, serta cara menghubungi kami.”

5. Menyiapkan Statement

Jika Anda mewakili perusahaan dan berencana untuk berbicara kepada reporter surat kabar saat media gathering, pikirkan terlebih dahulu apa yang ingin Anda sampaikan.

Buatlah daftar pertanyaan yang mungkin diutarakan media dan susun jawaban yang harus diberikan.

Kesimpulan

Jika Anda siap untuk mulai merencanakan sebuah media gathering, maka ingatlah bahwa dibutuhkan strategi agar acara tersebut sukses dan benar-benar mendapatkan media exposure.

Berikut lima tips sukses mengadakan media gathering.

1. Buat press release

2. Rencanakan jadwal acara dengan baik

3. Pastikan akses ke lokasi mudah

4. Sertakan press kit

5. Menyiapkan statement

Selain itu, apa pun tips sukses media gathering yang Anda persiapkan, semua ini tentu saja membutuhkan tim. Penting untuk bekerja sama dengan para ahli yang dapat menampilkan Anda dan brand Anda dengan baik.


RadVoice Indonesia dapat menyampaikan pesan institusi Anda melalui laporan media yang kredibel di Indonesia. Berbekal pendekatan bercerita dan standar konten yang tinggi, RadVoice Indonesia akan bekerja sama dengan Anda untuk menulis artikel yang edukatif dan membidik media-media nasional atau internasional yang relevan.

Jadwalkan konsultasi online dengan RadVoice Indonesia di sini. 100% gratis, tanpa komitmen.