Iklan advertorial menjadi salah satu elemen penting dalam sebuah perusahaan media.
Mengutip The Economic Times, advertorial adalah bentuk iklan di surat kabar, majalah, atau situs web yang melibatkan pemberian informasi tentang produk dalam bentuk artikel.
Sebuah brand akan membayar kepada media untuk menerbitkan artikel advertorialnya.
Berbeda dengan iklan pada umumnya, advertorial lebih detail yang membuat konsumen lebih memahami produknya.
Advertorial biasanya ditulis oleh biro iklan, klien, atau copywriter dari media yang akan diajak bekerja sama.
Nantinya, pihak brand akan membeli tempat untuk beriklan di situs web, koran, atau majalah.
Jika perusahaan memilih untuk meminta content writer dari perusahaan media menulis artikelnya, mereka wajib menyediakan brief yang akan diterjemahkan ke dalam sebuah artikel.
Jika ingin sasaran iklan advertorial sesuai dengan target, sebaiknya Anda mengikuti tips berikut ini.
Tips Memilih Media untuk Menerbitkan Iklan Advertorial
RadVoice Indonesia telah merangkum tips memilih media untuk menerbitkan iklan advertorial seperti berikut ini.
1. Demografi dan Besaran Audiens Media

Demografi dan besaran audiens media menjadi salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan.
Target utama memasang advertorial adalah menjangkau lebih banyak orang mengetahui tentang brand Anda.
Jadi, penting untuk sebuah perusahaan atau brand memeriksa demografi dari sebuah media.
Demografi media dapat membantu Anda dalam mengatur pemasaran dan memahami audiens secara lebih rinci.
Nantinya, Anda dapat menggunakan data demografis yang ada untuk mencari tahu jaringan yang dapat digunakan dalam memfokuskan kekuatan konten.
Setelah mengetahui data demografis, Anda juga perlu mencari tahu besaran audiens media tersebut.
Audiens yang besar memungkinkan brand atau perusahaan Anda semakin dikenal luas.
Anda juga dapat melakukan perbandingan jumlah audiens berbagai media sebelum mulai beriklan.
2. Otoritas dan Reputasi Media
Memeriksa otoritas dan reputasi sebuah media saat akan memasang iklan advertorial juga sangat penting.
Media yang sudah memiliki otoritas dianggap lebih tepercaya oleh masyarakat secara luas.
Pasalnya, salah satu tugas lembaga otoritas media massa adalah menjaga kebenaran dan pengawas kekuasaan.
Di Indonesia, otoritas sebuah media dipegang oleh Dewan Pers.
Selain otoritas, Anda juga wajib memeriksa reputasi media saat akan memasang sebuah iklan advertorial.
Media dengan reputasi yang baik biasanya memiliki audiens lebih banyak karena beritanya dianggap tepercaya.
Tak hanya itu, reputasi media yang baik juga dapat mengangkat posisi mereka di mesin pencarian.
Biasanya, media dengan reputasi baik akan menjadi pilihan pertama audiens ketika mencari informasi.
Penting untuk divisi marketing perusahaan atau brand selalu memeriksa kedua hal ini saat ingin memasang iklan advertorial.
3. Kualitas Penulisan Konten

Hal lain yang harus diperhatikan ketika ingin memasang iklan advertorial adalah kualitas penulisan konten.
Anda dapat mencari contoh-contoh artikel advertorial di media yang akan dipilih.
Pastikan gaya penulisan dan pengejaan sudah sesuai dengan kaidah jurnalisme.
Perlu diingat, advertorial berbeda dengan direct advertising yang berisi ajakan untuk membeli atau menggunakan sebuah produk.
Sedangkan artikel advertorial harus menjabarkan informasi dan edukasi terkait sebuah produk atau jasa.
Penting untuk para pemasar untuk memeriksa hal tersebut sebelum memasang sebuah iklan dengan format advertorial.
Biasanya, konten yang kurang berkualitas disebabkan beberapa faktor, termasuk kurangnya proses editing sebelum dipublikasikan.
Seorang marketer dapat meminta seorang penulis konten untuk melakukan revisi sebelum mempublikasikan sebuah artikel.
Kesimpulan
Saat akan memasang iklan advertorial, ada berbagai hal yang perlu diperhatikan oleh seorang marketer. Berikut tiga faktor yang wajib dicermati.
- Demografi dan besaran audiens media
- Otoritas dan reputasi media
- Kualitas penulisan konten
Seorang marketer dapat meminta informasi terkait ketiga hal di atas kepada media yang akan diajak bekerjasama.
Jangan ragu untuk meminta data kepada pihak media, sehingga iklan advertorial meraih audiens sesuai dengan targetnya. Jadi, sudah siap untuk memasang iklan advertorial di media massa?