3+ Tempat untuk Mengadakan Media Gathering, Bisa di Kantor hingga Kafe

3+ Tempat untuk Mengadakan Media Gathering, Bisa di Kantor hingga Kafe

Media gathering belakangan ini menjadi istilah yang sering digunakan perusahaan atau lembaga untuk berkumpul dengan para jurnalis.

Acara ini biasanya diadakan secara nonformal dan jumlah reporter yang diundang pun tidak terlalu banyak.

Media gathering diadakan agar perusahaan atau lembaga lebih akrab dengan wartawan.

Praktisi PR perusahaan biasanya akan mengadakan acara ini secara rutin.

Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, misalnya, selalu berupaya menjalin hubungan dengan media, mengingat pentingnya menyebarkan informasi kinerja instansi.

Nantinya, perusahaan akan menyediakan tempat dengan nuansa santai seperti yang sudah dirangkum RadVoice Indonesia dalam artikel berikut ini. 

Tempat untuk Mengadakan Media Gathering 

Anda berencana menyelenggarakan media gathering tapi masih bingung memilih tempatnya? Jangan bingung lagi, ya.

Berikut ini tempat-tempat yang sering dipilih oleh perusahaan untuk mengadakan media gathering.

1. Kantor Perusahaan 

Kantor menjadi salah satu pilihan utama humas ketika akan menggelar gathering bersama media.

Biasanya, praktisi PR akan menyiapkan tempat khusus seperti ruang serbaguna atau ruang tunggu di kantor sebagai tempat gathering.

Nantinya, praktisi PR akan mengundang para eksekutif untuk memaparkan tentang isu terbaru atau rencana besar perusahaan kepada media.

Berbeda dengan konferensi pers, paparan dalam acara gathering biasanya hanya disampaikan secara lisan tanpa ada slide presentasi. 

2. Kafe dan Restoran  

Tempat gathering dengan media lain adalah kafe atau restoran.

Praktisi PR mungkin akan menyewa sebuah ruang privat sebagai lokasi gathering dengan media.

Acara yang diadakan pun tidak formal, seperti makan siang atau sekadar minum kopi bersama wartawan.

Narasumber dan wartawan yang datang biasanya tidak terlalu banyak karena keterbatasan tempat acara.

Humas mungkin hanya akan mengajak juru bicara dari perusahaan untuk hadir di acara tersebut, seperti direktur komunikasi atau operasional.

Nah, nantinya wartawan akan diberikan kesempatan untuk tanya jawab kepada narasumber dengan lebih intens.

Kesempatan ini biasanya akan dimanfaatkan untuk wartawan meng-update isu terbaru dari sebuah perusahaan atau lembaga. 

3. Hotel 

Hotel juga menjadi salah satu tempat yang dipilih untuk mengadakan gathering bersama media.

Berbeda dengan kafe atau perusahaan, gathering media di hotel biasanya akan dihadiri lebih banyak wartawan.

Media gathering yang diadakan di ballroom hotel biasanya bertepatan dengan ulang tahun dari perusahaan, sehingga mengundang lebih banyak wartawan.

Jika ingin memaparkan isu yang lebih spesifik, humas akan menyewa tempat lebih kecil seperti meeting room di hotel.

Nantinya, narasumber akan memaparkan terkait isu terkini dan rencana perusahaan secara gamblang kepada rekan media.

Pada sesi ini, wartawan akan diberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab dan meminta klarifikasi terkait isu negatif sebuah perusahaan atau lembaga. 

4. Taman Hiburan di Luar Kota

Acara media gathering juga dapat digelar di area outdoor seperti taman hiburan atau arena permainan di luar kota.

Tak jarang, perusahaan akan mengajak wartawan untuk berkunjung ke taman hiburan di luar kota dan menginap dalam beberapa hari.

Nantinya, pihak panitia penyelenggara akan mengadakan rangkaian acara mulai dari tiba hingga menjelang kepulangan.

Pada sesi tersebut, wartawan akan diberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan para eksekutif terkait isu-isu terbaru maupun rencana perusahaan.

Media gathering yang diadakan di luar kota dianggap lebih efektif untuk menjalin hubungan baik dengan wartawan.

Selain itu, para rekan media juga dapat mengakrabkan diri satu sama lain selama perjalanan atau acara. 

Kesimpulan

Ada banyak manfaat media gathering untuk perusahaan maupun wartawan, sehingga praktisi PR harus memilih tempat terbaik ketika mengadakannya.

Selama media gathering, perusahaan akan memberikan kesempatan kepada para reporter untuk menyampaikan berbagai pertanyaan.

Sementara untuk para wartawan, media gathering menjadi ajang refreshing di tengah kepadatan pekerjaan.

Jadi, penting untuk para praktisi PR memilih tempat yang terbaik seperti berikut:

  1. Kantor perusahaan
  2. Kafe dan restoran
  3. Hotel
  4. Taman hiburan di luar kota

Keempat tempat tersebut dianggap paling baik untuk mengadakan acara gathering media, lho.

Sudah siap mengadakan media gathering dan mengenalkan perusahaan Anda ke masyarakat?