3+ Tema Press Release yang Cocok untuk Perusahaan Asuransi

3+ Tema Press Release yang Cocok untuk Perusahaan Asuransi

Tema press release menjadi hal yang penting ketika Anda ingin mempublikasikannya di media massa. Biasanya, tema press release ditentukan dari perusahaan pengirim dan target pembaca sebuah media.

Tema press release berbeda dengan format atau jenis press release, ya. Untuk menentukannya, Anda dapat melihat jenis produk atau layanan yang ada di perusahaan Anda.

Untuk perusahaan asuransi, Anda dapat mengangkat tema press release yang terkait dengan produk asuransi perusahaan Anda.

Seorang wartawan mungkin akan lebih suka jika siaran pers sifatnya timeless dan informatif untuk pembaca. Alih-alih menulis tentang keterangan produk terbaru, Anda dapat menulis tentang manfaatnya terhadap nasabah.

Selain itu, Anda juga dapat mengangkat tema press release lainnya yang berkaitan dengan layanan dan produk asuransi.

Tema Press Release untuk Perusahaan Asuransi

Tema press release untuk perusahaan asuransi cukup beragam, seperti yang sudah dirangkum oleh RadVoice Indonesia berikut ini.

1. Manfaat Produk

Inovasi produk sudah menjadi salah satu hal wajib dilakukan setiap perusahaan asuransi.

Ketika sebuah produk diluncurkan, Anda mungkin akan mengirimkan press release kepada wartawan untuk dipublikasikan secara luas. Mengutip Hubspot.com, jenis press release peluncuran produk harus menekankan spesifikasi, harga, ketersediaan, dan detailnya untuk konsumen.

Saat menulis jenis press release ini, sebaiknya Anda hindari judul atau headline press release yang terkesan jualan atau hard selling. Jika Anda menggunakan judul seperti ini, mungkin wartawan tidak akan tertarik untuk membaca apalagi mengolahnya.

Anda dapat menekankan manfaat dari produk tersebut, sehingga tidak terkesan seperti iklan di media massa.

Pembaca mungkin akan lebih tertarik ketika melihat judul yang terkesan lebih edukatif dan informatif.

2. Tips Penggunaan Asuransi

Tema lain yang dapat Anda angkat dalam penulisan press release perusahaan asuransi adalah tips penggunaannya.

Belakangan ini, banyak penipuan berkedok perusahaan asuransi yang merugikan masyarakat. Anda dapat mengangkat isu ini sebagai tema press release yang akan dikirimkan kepada rekan media. Misalnya, Anda dapat memberikan siaran pers dengan judul “Cara Mengenali Asuransi Bodong” atau “Ciri-ciri Asuransi Bodong yang Merugikan Masyarakat”.

Judul-judul tersebut mungkin akan membuat wartawan tertarik untuk mengolah dan mempublikasikan siaran pers Anda. Pasalnya, saat ini banyak masyarakat yang belum teredukasi dengan baik mengenai penggunaan sebuah asuransi.

Anda juga dapat menambahkan informasi terkait produk dan layanan pada akhir press release.

3. Cara Memilih Asuransi

Tema press release lain yang dapat diangkat adalah cara memilih asuransi. Anda dapat menjelaskan tentang jenis-jenis asuransi ke dalam sebuah tulisan, sehingga calon nasabah akan lebih mengerti ketika akan menggunakannya.

Gunakan kalimat yang sifatnya umum ketika menjelaskan jenis asuransi sebelum menambahkan cara memilih asuransi untuk kebutuhan nasabah.

Anda juga perlu menjelaskan tawaran asuransi Anda secara detail, sehingga pembaca mengerti dan mungkin tertarik untuk membeli produk atau layanan asuransi Anda.

Jangan lupa untuk menggunakan format listicle agar wartawan akan lebih mudah untuk mengolah siaran pers yang diberikan oleh perusahaan asuransi.

Jika format tersebut sudah dibuat, wartawan mungkin akan semakin tertarik untuk mengolah dan mempublikasikan siaran pers Anda, lho.  

4. Informasi Terbaru

Untuk tema siaran pers ini, Anda dapat menggunakan brand perusahaan sebagai judul jika kontennya membahas pencapaian sebuah perusahaan. Keberhasilan suatu perusahaan mungkin akan menarik perhatian wartawan, apalagi berskala besar.

Saat mengirimkan siaran pers dengan tema ini, sebaiknya Anda menambahkan kutipan yang menarik dan tidak bersifat general.

Menurut Prezly.com, kutipan merupakan bagian dari press release yang tidak dapat diganti oleh wartawan, sehingga harus dibuat menarik.

Kesimpulan

Press release sebuah perusahaan asuransi mungkin akan mendapat perhatian wartawan jika mengangkat beberapa tema berikut.

  1. Manfaat produk
  2. Tips penggunaan
  3. Cara memilih asuransi
  4. Informasi terbaru dari perusahaan

Jika Anda akan mengangkat tema di atas, pastikan memilih judul yang bersifat umum dan menarik. Dijamin wartawan tidak akan pikir panjang untuk mengangkat siaran pers Anda.