Kerja Sama dengan Media Planner, Lakukan 5 Strategi Ini!

5 Strategi Kerja Sama dengan Media Planner

Kerja sama dengan media planner atau perencana media sangat penting demi mencapai tujuan kampanye di media dan memastikan hasil yang optimal. 

Seorang media planner sendiri, dikutip dari Maryville University, adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengevaluasi banyak pilihan media dan menyusun strategi kampanye untuk mendukung produk, layanan, atau brand tertentu. 

Mereka merupakan pakar pemasaran yang tahu cara mendapatkan laba atas investasi melalui pemasangan iklan maupun promosi.

Media planner biasanya dipekerjakan oleh biro iklan. Meskipun bisa membantu meringankan pekerjaan Anda, bekerja sama dengan perencana media juga butuh strategi, lho.

Strategi Kerja Sama dengan Media Planner

Untuk memastikan kampanye di media yang sukses dengan seorang media planner, ada beberapa strategi kerja sama yang bisa Anda terapkan.

1. Menetapkan Tujuan Kampanye

Penting untuk menetapkan tujuan kampanye di media dengan jelas. 

Beri tahu perencana media tentang tujuan yang ingin dicapai dan bagaimana mereka bisa membantu klien untuk mencapainya. 

Ini akan membantu mereka memahami kampanye dan memberi Anda strategi yang sesuai.

2. Memahami Media yang Tersedia

Pastikan Anda memahami media yang tersedia untuk kampanye. 

Media planner akan menjelaskan berbagai opsi yang tersedia. Biarpun begitu, penting untuk Anda memiliki pemahaman dasar tentang media dan bagaimana hal tersebut dapat membantu mencapai tujuan kampanye.

3. Menggunakan Media yang Tepat

Pastikan Anda menggunakan media yang tepat untuk kampanye. Untuk itu, Anda perlu tahu cara memfilter daftar media

Media planner akan mengetahui media mana yang paling tepat untuk tujuan kampanye dan klien tertentu. 

Namun, penting juga untuk memastikan bahwa media yang Anda pilih sesuai dengan tujuan dan target kampanye.

4. Pelacakan Hasil

Tanyakan tentang pelacakan hasil. Mereka harus dapat membantu Anda memonitor hasil kampanye untuk memastikan bahwa tujuan telah tercapai. 

Ini bisa berupa pelacakan audiens, penjualan, atau data lain yang berkaitan dengan tujuan kampanye.

5. Mempertimbangkan Biaya

Pastikan untuk mempertimbangkan biaya. Media planner harus bisa memberi Anda gambaran tentang biaya yang terkait dengan berbagai opsi media. 

Ini akan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan anggaran dan memastikan bahwa Anda menggunakan media yang benar-benar diperlukan untuk mencapai tujuan kampanye.

Kesimpulan

Untuk membangun kerja sama yang sukses dengan media planner, berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:  

  1. Menetapkan tujuan kampanye
  2. Memahami media yang tersedia
  3. Menggunakan media yang tepat
  4. Pelacakan hasil
  5. Mempertimbangkan biaya

Semoga dengan mengikuti langkah strategi kerja sama dengan media planner di atas akan memaksimalkan suksesnya kampanye Anda di media.