Launching produk menjadi tantangan paling menarik untuk setiap perusahaan.
Kegiatan ini melibatkan banyak divisi perusahaan, salah satunya public relations atau PR.
Dalam sebuah launching produk, PR memegang peranan yang sangat penting untuk keberhasilannya.
Mengutip Enterpreneur.com, strategi PR yang digunakan dengan baik akan membangun persepsi positif terhadap sebuah merek.
Jika ini sudah terjadi, pasar pun akan menerima dengan baik. Penjualan produk akan terus meningkat.
Lalu, apa saja peran PR dalam launching produk? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut.
Peran PR dalam Launching Produk
Berikut ini beberapa peran PR dalam launching produk yang sudah dirangkum oleh RadVoice Indonesia.
1. Storytelling Produk

Peran utama PR saat launching produk adalah membuat storytelling.
Cerita menarik dapat memikat hati audiens hingga tertarik dengan produk yang Anda luncurkan.
Penting bagi PR untuk membuat narasi yang membangkitkan minat pasar saat launching produk.
Fokus utama dalam menghadirkan produk adalah sebagai solusi dari masalah yang dihadapi banyak orang.
Jangan ragu untuk menceritakan kisah di balik pengembangan produk dengan menekankan inovasi, kreativitas, serta dedikasi yang terkandung dalam proses pembuatannya.
Kisah humanis dan relevan lebih mudah untuk dipahami dan disukai oleh calon pelanggan Anda.
2. Membangun Kredibilitas
Peran PR selanjutnya saat launching produk adalah membangun kredibilitas.
Hal ini dapat dilakukan dengan dua cara, melalui media atau influencer.
Liputan media atau media coverage memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap peluncuran produk.
Hal ini dapat menghasilkan validasi dan kesadaran merek secara luas.
Penting untuk semua praktisi PR agar selalu menjaga hubungan baik dengan media untuk mempermudah proses launching produk.
Jangan lupa untuk selalu mengedepankan fitur dan manfaat unik dari produk yang akan diperkenalkan lewat siaran pers untuk diberikan pada media.
Sama halnya seperti media, influencer juga memiliki peran penting dalam membangun kredibilitas dan ketertarikan terhadap produk yang Anda kenalkan.
Pastikan Anda telah melakukan identifikasi demografi untuk memastikan bahwa audiens mereka sesuai dengan produk yang akan dikenalkan.
Kolaborasi dengan influencer adalah cara terbaik untuk membuat konten yang otentik dan menarik saat launching produk.
Mintalah influencer untuk melakukan video unboxing ketika Anda melakukan launching produk.
Setelahnya, Anda dapat meminta mereka untuk mengulas produk yang akan diperkenalkan.
Ulasan dari influencer tepercaya dapat meningkatkan kredibilitas merek dan menarik perhatian lebih banyak calon pelanggan.
3. Membuat dan Mendistribusikan Konten

Peran lain PR dalam launching produk adalah mengembangkan konten yang berkualitas.
Buatlah sebuah video atau grafis menarik yang dapat disebarkan melalui artikel blog, video, dan konten media sosial lainnya.
Anda juga dapat memaksimalkan jangkauan dengan memanfaatkan website perusahaan, media sosial, dan newsletter melalui email.
Jangan lupa untuk selalu menerapkan strategi SEO agar konten masuk ke peringkat satu mesin pencarian.
Pastikan konten yang Anda buat juga memperoleh lalu lintas organik yang dapat memperluas visibilitas produk.
Selain memanfaatkan kanaldigital, PR juga akan mendistribusikan konten melalui acara launching produk secara online.
Buatlah sebuah konferensi pers, demo produk, atau acara yang memungkinkan para peserta berinteraksi dengan produk secara langsung.
Presentasi yang menarik dalam menggelar acara akan meninggalkan kesan mendalam untuk audiens dan memberikan dampak positif terhadap produk perusahaan Anda.
Selain itu, kesan yang baik memungkinkan pemasaran dari mulut ke mulut akan tercipta dengan natural.
4. Evaluasi Melalui Media Monitoring
Setelah peluncuran produk, pastikan Anda selalu melakukan evaluasi melalui media monitoring.
Mengutip agilitypr.com, media monitoring adalah kegiatan di mana Anda memeriksa apakah produk Anda telah tersampaikan dengan baik.
Para praktisi PR wajib melakukan hal ini, sehingga kegiatan pemasaran di masa depan akan semakin berdampak positif.
Kesimpulan
RadVoice Indonesia telah merangkum beberapa peran PR dalam kesuksesan launching produk. Berikut di antaranya:
- Storytelling produk
- Membangun kredibilitas
- Membuat dan mendistribusikan konten
- Evaluasi melalui media monitoring
Jika keempat peran tersebut dilakukan secara efektif, peluncuran produk pun akan berjalan sesuai rencana. Semoga berhasil!