Media sosial memiliki pengaruh besar terhadap SEO website Anda.
Media sosial dapat berdampak pada SEO dengan meningkatkan traffic pada web, brand awareness, serta brand reputation.
Selain itu, media sosial juga dapat meningkatkan jumlah backlink ke situs web perusahaan Anda.
Sebagai contoh, ketika Anda membagikan postingan blog di Twitter atau LinkedIn kemudian mendapat repost dari para pengikut, kemungkinan besar traffic web Anda akan meningkat.
Hal ini dapat membantu meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web Anda di halaman mesin pencarian.
Berkut ulasan tentang pengaruh sosial media terhadap SEO.
Pengaruh Media Sosial Terhadap SEO
Berikut ini pengaruh social media terhadap SEO yang sudah dirangkum RadVoice Indonesia.
1. Menambah Traffic
Mengutip adespresso.com, traffic dianggap sebagai salah satu faktor yang membuat website berada di ranking pertama.
Salah satu cara meningkatkan traffic adalah dengan membagikannya melalui social media.
Ketika link website Anda dibagikan melalui social media, visibilitas konten pun akan meningkat.
Saat tautan website dibagikan ulang oleh pengguna media sosial, traffic pun akan semakin meningkat.
Jika hal ini terus berulang, bukan tidak mungkin website Anda akan berada di halaman pertama mesin pencarian.
2. Akun Media Sosial Muncul di Mesin Pencari
Social media yang aktif juga dapat memengaruhi SEO dengan muncul pada mesin pencarian.
Akun media sosial yang sudah ada di mesin pencari tidak hanya berdampak pada SEO, tetapi juga branding dari sebuah perusahaan.
Saat akun social media muncul di halaman pertama, secara otomatis brand akan semakin terekspos.
Perlu diingat, social media dapat membuat calon pembeli lebih dekat dengan brand secara personal.
Hal ini akan terjadi jika profil social media Anda berisi informasi umum yang mungkin ingin diketahui oleh calon konsumen.
Jadi, penting untuk Anda selalu memperbaharui profil social media secara berkala.
3. Meningkatkan Content Reach
Pengaruh media sosial terhadap SEO lainnya adalah meningkatkan content reach.
Perlu diketahui bahwa social media adalah alat terbaik untuk menjangkau orang sebanyak mungkin.
Cara kerja social media cukup unik, sebab berbagai platform tersebut akan menampilkan konten tanpa disadari oleh penggunanya.
Saat jangkauan konten Anda meluas, traffic website pun akan terus meningkat sehingga berada di halaman pertama mesin pencarian.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat memanfaatkan semua jenis sosial media untuk membagikan konten secara luas.
4. Media Sosial Juga Berfungsi sebagai Mesin Pencari
Perkembangan internet membuat mesin pencarian bukan satu-satunya alat yang digunakan untuk mencari suatu informasi.
Saat ini, banyak orang yang mencari informasi melalui social media.
Media sosial dianggap lebih cepat dalam memberikan informasi terkini, sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Ketika seseorang menganggap informasi dari media sosial Anda kredibel, mereka mungkin akan mengunjungi website yang disematkan pada bagian profil.
Itulah mengapa sangat penting untuk mengoptimalkan halaman dan konten social media Anda dengan kata kunci yang relevan untuk meningkatkan visibilitas.
Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk mencari kata kunci dari kompetitor atau yang paling banyak dicari seseorang.
Hal ini dapat memberikan Anda gambaran tentang keyword apakah yang akan digunakan agar konten semakin terlihat di social media dan mengajak orang untuk mengunjungi situs web Anda.
Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menulis caption dengan kata kunci yang sesuai.
Kesimpulan
Pengaruh social media terhadap SEO sangat signifikan dan dapat memberikan efek positif terhadap website Anda.
RadVoice Indonesia telah merangkum ada empat pengaruh social media terhadap SEO seperti berikut.
- Menambah traffic
- Akun media sosial muncul di mesin pencari
- Meningkatkan content reach
- Media sosial juga berfungsi sebagai mesin pencari
Jika dilakukan dengan benar, jangkauan produk Anda akan semakin luas dan dikenal banyak orang. Jadi, sudah siap memanfaatkan sosial media untuk kesuksesan usaha Anda?