Annual report atau laporan tahunan adalah salah satu laporan yang diterbitkan perusahaan untuk menjabarkan pencapaian bisnis dalam satu tahun terakhir.
Annual report biasanya diterbitkan untuk internal perusahaan, investor atau pemegang saham, dan publik yang membutuhkan.
Laporan ini memuat informasi tentang rangkuman kegiatan, kondisi keuangan perusahaan, hingga target yang akan dicapai.
Panduan Membuat Annual Report yang Menarik dan Informatif
RadVoice Indonesia telah merangkum panduan membuat annual report yang menarik namun tetap informatif. Berikut selengkapnya.
Siapkan Dokumen
Sebelum mulai membuat annual report, pastikan semua dokumen yang dibutuhkan telah tersedia. Dokumen ini penting untuk memastikan laporan tetap akurat, relevan, dan informatif.
Menyiapkan dokumen sejak awal juga akan mempermudah penyusunan sehingga proses penulisan akan lebih efisien.
Dokumen yang dibutuhkan biasanya adalah profil perusahaan, laporan keuangan yang telah diaudit, laporan operasional, laporan aset, serta laporan pendukung lainnya.
Anda perlu membuat annual report perusahaan? Hubungi RadVoice sekarang.
Tentukan Struktur Laporan
Terdapat sejumlah struktur bagian yang harus tercantum dalam membuat annual report perusahaan.
Mengutip Harvard Business School, pembuatan annual report biasanya dibagi menjadi dua bagian.
Bagian pertama berisi narasi perusahaan dalam bentuk surat kepada pemegang saham, profil perusahaan, pembahasan dan analisis manajemen, informasi umum perusahaan, serta kegiatan operasional yang terkait dengan kinerja perusahaan.
Sementara bagian kedua adalah penyajian data yang didukung dengan dokumen pelengkap.
Untuk profil perusahaan yang ada pada bagian pertama berisi ringkasan informasi yang mencakup produk atau layanan perusahaan, visi misi perusahaan, laporan dewan komisaris atau dewan direksi, profil investor, serta penjelasan mengenai peluang maupun risiko yang dihadapi perusahaan.
Sedangkan untuk laporan keuangan meliputi laporan laba rugi, arus kas, neraca, serta analisis internal atas kinerja dan laporan keuangan tersebut.
Merancang Desain Penyajian yang Menarik
Desain penyajian yang menarik dalam membuat annual report penting untuk memastikan informasi dapat dipahami dengan jelas dan mudah diakses.
Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk membuat desain menarik dalam annual report adalah memilih tema yang mencerminkan identitas perusahaan.
Mengutip Annual Report, identitas perusahaan dapat terlihat dari pemilihan warna, huruf, dan elemen grafis yang digunakan.
Tampilan data berupa angka, tabel, infografis, dan diagram juga efektif untuk menyederhanakan laporan keuangan, pencapaian perusahaan, serta laporan kinerja lainnya.
Perhatikan juga struktur bagian dalam membuat annual report agar sesuai urutan dan mudah dipahami. Misalnya: awali dengan pendahuluan, laporan keuangan, pencapaian, dan target selanjutnya.
Penulisan Informatif
Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami dalam pembuatan annual report.
Umumnya, annual report memuat banyak data dan informasi teknis. Penting untuk menyederhanakan dengan bahasa yang mudah dipahami berbagai latar belakang pembaca.
Dalam penulisan annual report juga perlu penjelasan konteks terhadap data yang disajikan. Misalnya, jika ada kenaikan laba atau penurunan pendapatan, dapat dijelaskan penyebab atau keputusan strategis yang memengaruhi hasil tersebut.
Perusahaan juga dapat fokus menuliskan pencapaian yang positif dalam laporannya. Namun perlu dituliskan contoh konkret, misalnya, dalam inovasi produk ataupun tanggung jawab sosial perusahaan.
Tetapkan Jadwal yang Jelas
Menentukan jadwal yang jelas perlu dilakukan karena akan membantu mengatur waktu dan menghindari keterlambatan dalam membuat annual report.
Mengutip Ivosights, jadwal tetap harus dibuat dengan realistis dan memperhitungkan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pembuatan laporan.
Penetapan jadwal ini dapat dilakukan dengan menentukan deadline di setiap tahap. Misalnya: dengan mengumpulkan data dalam dua minggu, kemudian menulis draf laporan dalam tiga minggu, revisi dan pengeditan dalam satu minggu, desain dan layout dalam satu minggu, hingga review keseluruhan laporan dalam satu minggu.
Perusahaan juga perlu mengatur waktu untuk publikasi dan distribusi laporan kepada para pihak yang berkepentingan maupun publik.
Dengan menetapkan deadline yang jelas, perusahaan dapat memastikan laporan diterbitkan sesuai rencana.
Pencetakan Laporan
Pada tahap pencetakan, perusahaan sudah tak bisa melakukan revisi terhadap isi annual report. Untuk itu, harus dipastikan tidak ada lagi kesalahan dalam annual report yang akan dicetak.
Perusahaan harus memastikan seluruh konten laporan telah melalui tahap penyuntingan dan persetujuan dari manajemen atau dewan direksi.
Laporan juga harus diatur sesuai format pencetakan dengan memerhatikan tata letak halaman dan elemen visual sehingga dapat terbaca jelas.
Kesimpulan
Membuat annual report adalah proses yang memerlukan perencanaan matang dan ketelitian demi melaporkan pencapaian perusahaan.
Proses membuat annual report dapat dimulai dengan mengumpulkan data melalui dokumen yang tersedia, diikuti penulisan yang informatif serta desain menarik sesuai citra perusahaan.
Selain itu, tetapkan jadwal yang jelas dapat membantu proses penulisan laporan selesai tepat waktu.