3 Tips Menulis Press Release untuk Hari Libur Nasional

Salah satu cara menyebarkan berita adalah mengirim press release kepada wartawan.

Siaran pers biasanya akan diolah oleh wartawan ketika mereka sedang dalam waktu bertugas, termasuk di hari libur nasional.

Jurnalis tidak memiliki waktu kerja yang tetap dan sering bertugas bahkan di tanggal merah.

Ketika jurnalis bertugas di tanggal merah, mereka dapat mengolah siaran pers yang diberikan oleh humas perusahaan atau lembaga.

Biasanya, siaran pers yang sifatnya penting atau urgent dari perusahaan atau lembaga akan segera dipublikasikan.

Sebaliknya, press release yang sifatnya marketing dan isinya tidak menarik akan diabaikan oleh para jurnalis, apalagi ketika dikirimkan saat libur nasional.

Jika Anda ingin siaran pers tetap dipublikasikan ketika libur nasional, simak tips menulis press release untuk hari libur nasional seperti berikut ini.

Tips Menulis Press Release untuk Hari Libur Nasional

RadVoice Indonesia telah merangkum tips menulis press release untuk hari libur nasional dalam artikel berikut ini.

1. Buat Judul yang Tidak Terlalu Promosional

Mengutip mailchimp.com, judul harus dibuat dengan unik dan mewakili keseluruhan isi dari sebuah press release.

Jika ingin mengirimkan press release ketika hari libur nasional, pastikan Anda memilih judul yang tidak terkesan promosi.

Anda dapat membuat siaran pers seolah-olah artikel kemudian dikirimkan kepada rekan media.

Jurnalis mungkin akan melirik siaran pers yang dikirimkan, jika Anda tidak membuat judul yang terkesan promosional terhadap sebuah produk.

Setelah memilih judul yang halus, pastikan Anda mengirimkannya melalui body email, bukan attachment berupa PDF.

Siaran pers yang dikirimkan dengan format tersebut mungkin akan diabaikan karena dianggap sulit untuk diolah.

Penting untuk humas perusahaan atau lembaga selalu mengingat hal ini, sehingga ke depannya akan lebih terbiasa mengirimkan siaran pers kepada wartawan.

2. Targetkan Audiens Terkait

Sebelum menulis artikel press release untuk libur nasional, Anda sebaiknya menentukan target audiens terlebih dahulu.

Jika sudah ditentukan, selanjutnya tentukan media yang akan Anda kirimkan siaran pers.

Pastikan Anda telah melakukan kurasi terhadap media sebelum mengirimkan siaran pers.

Media dengan target audiens sesuai isi press release yang telah dibuat, kemungkinan akan lebih tertarik untuk mempublikasikannya.

Hal ini penting untuk diperhatikan, sehingga siaran pers Anda tidak akan berakhir di trash atau email dari jurnalis.

Anda juga dapat menghubungi wartawan terlebih dahulu sebelum mengirimkan siaran pers di hari libur nasional.

Buatlah pendekatan persuasif kepada jurnalis, sehingga kemungkinan untuk dipublikasikan semakin besar.

3. Pilih Topik yang Unik

Tips terakhir dan tak kalah penting adalah memilih topik untuk siaran pers di hari libur nasional.

Pada hari libur nasional, masyarakat mungkin tidak akan membuka situs berita atau membaca koran seperti biasanya.

Jika Anda ingin press release tetap dipublikasikan oleh wartawan di hari libur, sebaiknya tentukan topik yang unik.

Misalnya, Anda dapat mengangkat topik tentang tempat liburan atau restoran yang menarik untuk dikunjungi selama libur nasional.

Topik-topik seperti itu mungkin akan lebih dilirik oleh jurnalis, sebab banyak masyarakat yang akan mencari rekomendasi secara online.

Pastikan Anda telah melakukan riset sebelum menentukan topik press release di hari libur nasional agar dilirik oleh wartawan.

Kesimpulan

Saat membuat press release di hari libur nasional, Anda harus memperhatikan banyak hal agar dilirik oleh rekan media untuk dipublikasikan.

Merangkum berbagai sumber, RadVoice Indonesia telah merangkum tips menulis press release di hari libur nasional seperti berikut.

  1. Buat judul yang tidak terlalu promosional
  2. Targetkan audiens terkait
  3. Pilih topik yang unik

Jika ketiganya telah diterapkan dengan baik, jurnalis mungkin akan melirik siaran pers Anda untuk dipublikasikan secara lebih luas ke masyarakat.

Jangan ragu untuk mencoba menerapkan tips di atas, ya!