Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

3+ Tips Menulis Press Release untuk Bisnis Travel

3+ Tips Menulis Press Release untuk Bisnis Travel

Press release menjadi hal penting untuk perkembangan sebuah bisnis, termasuk travel.

Mengutip artikel Travel Writers Exchange, siaran pers menjadi salah satu media yang paling efektif untuk mempublikasikan tulisan perjalanan Anda.

Berbeda dengan siaran pers lain, bisnis travel perlu melakukan riset yang lebih dalam saat akan mempublikasikan press release.

Pastikan semua informasi tentang tempat wisata, negara, atau kota yang dikunjungi sesuai dengan fakta.

Jangan ragu untuk mencari tahu tentang informasi sesuai dengan anggaran pelancong saat akan mengunjungi lokasi tersebut.

Jika Anda ingin mengenalkan paket tur, pastikan menyisipkan tempat yang populer dan menjadi incaran banyak orang.

Selain itu, ada beberapa tips menulis press release untuk bisnis travel yang sudah dirangkum oleh RadVoice Indonesia.

Tips Menulis Press Release untuk Bisnis Travel

Berikut ini tips menulis press release untuk bisnis travel yang dapat Anda coba.

1. Buat Judul Menarik

Judul menarik menjadi kunci utama ketika Anda menulis sebuah siaran pers.

Sebab, judul menjadi pertimbangan pertama seorang jurnalis membaca siaran pers ketika dikirimkan.

Mengutip TravelPulse, judul sebuah siaran pers harus menggambarkan isi yang ada di dalamnya sehingga menarik perhatian wartawan untuk mengolahnya.

Hanya saja, selalu hindari unsur clickbait atau bahasa yang berlebihan.

Jika hal itu dilakukan, wartawan mungkin akan melirik siaran pers Anda untuk dipublikasikan secara lebih luas.

Sebaliknya, judul yang dianggap kurang menarik tidak akan dipublikasikan oleh wartawan.

Penting untuk tim PR sebuah perusahaan melakukan riset untuk menentukan judul menarik sebuah siaran pers.

2. Hindari Penggunaan Deskripsi Berlebihan

Tips selanjutnya adalah menghindari penggunaan deskripsi berlebihan.

Saat ini banyak sekali siaran pers dari bisnis travel yang menggunakan frasa seperti “hotel mewah”, “pertunjukan spektakuler”, atau “pemandangan luar biasa” untuk mendeskripsikan sebuah tempat.

Hal ini mungkin akan meningkatkan rasa penasaran pembaca, tetapi tidak dengan jurnalis.

Dalam beberapa kasus, jurnalis akan menilai sesuai dengan pengalaman pribadi atau dari sumber lain.

Penting untuk para pemilik bisnis travel untuk selalu membuat siaran pers tanpa menggunakan sesuatu yang hiperbola.

3. Kemukakan Fakta

Tips menulis press release berikutnya adalah kemukakan fakta dari tempat atau paket tur yang disediakan.

Tak hanya fakta lokasi, Anda juga harus memastikan informasi yang diberikan telah di-update setidaknya tiga bulan sebelum menulis artikel.

Selain itu, Anda juga harus menjelaskan secara umum, bukan sesuai dengan pandangan atau pendapat Anda pribadi.

Ini karena siaran pers akan disebarkan lebih luas oleh media, bukan blog pribadi milik seseorang.

Jangkauan pembacanya pun sangat luas dan berasal dari berbagai golongan.

4. Jangan Gunakan Kutipan

Hal yang selanjutnya harus diperhatikan dalam membuat siaran pers untuk perusahaan travel adalah kutipan.

Berbeda dengan siaran pers lain, kutipan tidak dibutuhkan jika Anda ingin memberikan informasi terkait tujuan dan paket wisata.

Sebuah kutipan dari CEO atau pemegang jabatan tertinggi sebuah perusahaan mungkin tidak terlalu dibutuhkan saat Anda ingin mengenalkan tentang tujuan atau paket wisata.

Beberapa jurnalis bahkan akan menghilangkan kutipan dari seorang eksekutif saat mempublikasikan siaran pers yang dikirimkan.

Alih-alih memasukkan kutipan, Anda sebaiknya memperhatikan paragraf pertama dari siaran pers yang telah dibuat.

Pastikan Anda sudah memasukan unsur Who, What, When, dan Where pada paragraf atau kalimat pertama sebuah siaran pers.

Jika keempat unsur itu telah disampaikan, Anda juga akan lebih mudah untuk menggambarkan dan memperkuat berita yang disajikan.

Selain itu, Anda juga tidak perlu membuat kesimpulan di bagian akhir karena hal itu menjadi tugas para wartawan ketika mempublikasikan siaran pers.

Kesimpulan

Press release bisnis travel akan dilirik oleh jurnalis jika Anda mengikuti tips dari RadVoice Indonesia seperti berikut ini.

  1. Buat judul menarik
  2. Hindari penggunaan deskripsi berlebihan
  3. Kemukakan fakta
  4. Jangan gunakan kutipan

Jadi, sudah siap untuk membuat siaran pers travel dan dipublikasikan ke media? Ayo buat!

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id