Press release masih menjadi andalan sebuah perusahaan untuk memperkenalkan produk atau layanannya ke publik.
Distribusi siaran pers ke media dianggap lebih terjangkau dan efektif untuk mempromosikan bisnis Anda.
Mengutip Finextra Research, siaran pers yang diterbitkan oleh media besar dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan Anda. Kepercayaan konsumen pun akan meningkat.
Ketika kepercayaan konsumen meningkat, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan budget besar untuk melakukan kegiatan promosi terkait produk atau jasa terbaru perusahaan.
Jika ingin mengetahui lebih jelas tentang manfaat press release untuk penjualan, berikut ulasannya.
Manfaat Press Release untuk Penjualan
Dalam artikel ini, RadVoice Indonesia telah merangkum manfaat dari siaran pers untuk penjualan. Simak, yuk!
1. Menekan Biaya Promosi
Biaya promosi masih menjadi masalah untuk perusahaan, apalagi yang baru berdiri atau rintisan.
Tak heran, jika setiap perusahaan harus selalu berpikir cermat ketika mengeluarkan biaya tersebut.
Salah satu cara yang dilakukan PR perusahaan untuk menekan biaya ini adalah mengirimkan siaran pers ke berbagai media.
Jangkauan media yang sangat luas dianggap akan memberikan dampak positif terhadap sebuah perusahaan.
Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mendistribusikan siaran pers untuk promosi bisnis Anda.
Pastikan Anda telah memilih media kredibel dan bereputasi baik.
Hal ini harus selalu diperhatikan ketika Anda ingin mengenalkan produk atau layanan baru dari perusahaan.
Jika Anda melakukan kesalahan dalam mendistribusikan sebuah siaran pers, mungkin penjualan tidak akan sesuai dengan yang ditargetkan.
Jangan ragu untuk melakukan riset media, sehingga siaran pers yang Anda buat akan memiliki dampak positif terhadap perusahaan.
Pastikan juga jenis press release yang Anda kirim sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
2. Brand Lebih Mudah Dikenal
Perusahaan baru atau rintisan sebaiknya mulai mengandalkan siaran pers untuk memperkenalkan produk maupun jasanya ke publik.
Sebuah siaran pers yang diterbitkan oleh media tentu akan lebih mudah dikenal oleh publik.
Gunakan narasi yang baik agar press release tidak terkesan terlampau promosi.
Anda perlu ingat bahwa media tidak akan menerbitkan sebuah siaran pers jika narasi yang disampaikan terkesan promosional.
Selain itu, Anda juga harus menyisipkan nilai berita di dalam siaran pers yang akan didistribusikan kepada media. Ini merupakan cara agar press release diterbitkan media.
Ketika siaran pers sudah diterbitkan oleh media, sifatnya akan bertahan sangat lama dan mudah dicari oleh target market Anda.
Pastikan Anda menyisipkan kata kunci sesuai dengan kaidah SEO, sehingga brand Anda akan lebih mudah terlacak oleh mesin pencari.
3. Tingkatkan Penjualan
Manfaat lain dari sebuah press release adalah peningkatan penjualan sebuah produk atau layanan dari perusahaan Anda.
Anda mungkin tidak akan langsung mendapatkan manfaat ini dalam waktu cepat karena butuh waktu untuk hal tersebut.
Namun, sebuah produk atau layanan yang sudah diberitakan melalui media kredibel akan lebih dipercaya oleh pasar.
Bukan rahasia lagi jika konsumen belakangan mencari penjelasan lewat media massa ketika akan membeli sebuah produk atau jasa.
Jadi, penting untuk Anda memberikan penjelasan dengan detail ketika mengirimkan siaran pers kepada media.
Dalam beberapa kasus, brand mungkin harus memberikan sebuah produk bersama dengan siaran pers untuk diulas oleh rekan media.
4. Jalin Hubungan Baik dengan Media
Hubungan baik dengan media merupakan salah satu manfaat yang Anda dapatkan dari sebuah press release.
Pasalnya, hubungan baik dengan media memberikan banyak manfaat terhadap penjualan dan reputasi perusahaan.
Praktisi PR yang sudah memiliki hubungan baik dengan media akan lebih mudah melakukan klarifikasi jika terjadi masalah di perusahaan.
Jangan ragu untuk meminta kontak pribadi para wartawan, sehingga Anda dapat menghubungi mereka dengan mudah ketika ingin menyiarkan suatu berita.
Kesimpulan
Sebuah press release yang didistribusikan dengan baik dapat memberikan manfaat seperti berikut:
1. Menekan biaya promosi
2. Brand lebih mudah dikenal
3. Tingkatkan penjualan
4. Jalin hubungan baik dengan media
Manfaat press release tersebut dapat dirasakan jika Anda telah memilih media yang kredibel dan memiliki jangkauan luas.
Jadi, sudah siap memasarkan produk dan layanan bisnis Anda lewat press release?