Press release masih menjadi media yang dipilih praktisi PR dalam mengenalkan bisnis Anda, termasuk ke media asing.
Jika bisnis ingin dikenal hingga ke luar negeri, Anda sebaiknya mulai membuat press release dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
Siaran pers dalam bahasa Inggris bisa menjadi salah satu cara menarik perhatian audiens asing terhadap bisnis Anda, lho.
Penggunaan bahasa Inggris dalam sebuah siaran pers akan mempermudah media asing dalam mencerna maksud dan tujuan bisnis Anda.
Selain itu, Anda juga harus memperhatikan grammar ketika menulis sebuah siaran pers dalam bahasa Inggris agar lebih mudah dipahami oleh pembaca.
Manfaat Press Release dalam Dua Bahasa
RadVoice Indonesia telah merangkum manfaat press release yang dibuat dalam dua bahasa. Berikut penjelasannya.
1. Dapat Menggaet Media Asing

Manfaat press release jika dibuat dalam dua bahasa yang pertama adalah bisa menggaet media asing.
Sebuah siaran pers yang dibuat dalam bahasa Inggris mungkin akan membuat jurnalis asing tertarik untuk mengolahnya.
Penggunaan bahasa asing, khususnya Inggris, lebih mudah diserap oleh jurnalis asing ketika memperkenalkan bisnis Anda.
Rutin mengirimkan siaran pers dalam bahasa Inggris ke media asing dapat menjadi cara awal bisnis Anda dikenal di luar negeri, lho.
Gunakan bahasa yang mudah dan tidak terlalu rumit ketika membuat siaran pers dalam bahasa Inggris.
2. Permudah Jurnalis Asing untuk Mengolah

Siaran pers yang sudah dibuat dalam bahasa Inggris juga dapat mempermudah jurnalis asing saat mengolahnya, lho.
Seorang jurnalis pasti memiliki kemampuan bahasa Inggris yang sangat baik, sehingga mereka akan lebih mudah mengolahnya menjadi sebuah berita.
Jika ingin mengirimkan siaran pers untuk media asing, pastikan Anda sudah mengetahui audiensnya, ya.
Media asing mungkin tidak akan mengolah siaran pers dari perusahaan Anda jika tidak sesuai dengan pembaca mereka, lho.
Penting bagi praktisi PR perusahaan untuk selalu mencari tahu tentang media tersebut sebelum mengirimkan siaran pers.
Anda dapat melihat website atau membaca mengenai artikel yang biasa ditulis dalam media tersebut.
Selain itu, Anda juga dapat menghubungi wartawan dari media tersebut melalui email sebelum mengirimkan sebuah press release.
Seorang wartawan akan lebih senang jika mengenal seorang PR perusahaan secara personal dibandingkan hanya menerima press release tanpa ada perkenalan lebih dahulu.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah penggunaan kalimat saat menulis siaran pers dalam bahasa Inggris.
Pastikan Anda telah menulisnya dalam bahasa Inggris, bukan menerjemahkannya dari bahasa Indonesia.
Mengutip hispanicmarketadvisors.com, penerjemahan langsung cenderung membuat pembaca bingung dan kalimat akan kehilangan makna.
Grammar dalam bahasa Inggris berbeda dengan bahasa Indonesia, sehingga penyampaian berita akan lebih mudah dimengerti oleh jurnalis asing.
Anda harus memposisikan diri sebagai native speaker ketika sedang menulis siaran pers. Dengan begitu, tidak akan ada makna ganda dalam press release Anda.
3. Kesempatan untuk Perusahaan Go International

Pengusaha pasti ingin bisnis mereka berkembang hingga ke seluruh dunia.
Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkan keinginan tersebut adalah publikasi di media asing lewat press release.
Manfaat ini mungkin tidak akan didapat dalam waktu singkat, sehingga Anda harus secara rutin mengirimkannya.
Selain mengirimkan press release, Anda juga dapat menjalin hubungan baik dengan media asing atau perwakilannya di Indonesia.
Hubungan yang baik dengan rekan media dapat memberikan banyak keuntungan terhadap perkembangan bisnis Anda. Salah satunya yakni menekan biaya promosi perusahaan ke kancah internasional.
Kesimpulan
Press release yang dibuat menggunakan dua bahasa seperti bahasa Inggris dan Indonesia akan memberikan manfaat untuk perusahaan Anda. Berikut keuntungannya:
1. Dapat menggaet media asing
2. Permudah media asing untuk mengolah
3. Kesempatan perusahaan go international
Siaran pers yang dipublikasikan oleh media asing tentu memberikan banyak manfaat untuk perusahaan Anda, termasuk kesempatan menjangkau audiens global.
Jangan pernah ragu untuk selalu mengirimkan siaran pers kepada media asing, sehingga jangkauan pasar perusahaan Anda akan semakin luas.
Nah, ayo mulai menulis press release dalam dua bahasa untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada media asing.