Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

3 Manfaat Media Relations di Era Media Sosial, Praktisi PR Wajib Tahu!

Gaya selingkung media

Banyak yang berpikir tidak ada lagi manfaat media relations di era media sosial saat ini. Hal tersebut salah besar. 

Kenyataannya, ada beberapa manfaat media relations di era media sosial.

Alih-alih menjadi pesaing, media sosial justru bisa membantu media relations. 

Dikutip dari laman Sprout Social, media sosial juga membuat usaha media relations Anda lebih meningkat. Hasilnya, brand Anda tetap dilirik audiens. 

Lantas, apa saja manfaat media relations di era media sosial? Apakah masih tetap relevan? Dan apa saja alasan media relations tetap dibutuhkan? 

RadVoice Indonesia merangkum tiga alasan media relations tetap dibutuhkan. Berikut ulasannya.

Manfaat Media Relations di Era Media Sosial

Mengutip pernyataan dari laman Sprout Social, kehadiran media sosial justru memperluas jangkauan sebuah brand atau perusahaan, seiring dengan bantuan media relations

Poin penting dalam media relations adalah menyampaikan pesan brand.

Media sosial menjadi wadah penyampaian pesan tersebut selain siaran pers atau press release

Agar pesan tersebut dapat tersampaikan lebih luas, media relations tetap dibutuhkan. 

Utamanya ketika berhubungan dengan public relations (PR), siaran pers, hubungan baik dengan jurnalis, hingga mouth-to-mouth marketing (pemasaran dari mulut ke mulut).

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut pembahasan lebih lanjut mengenai tiga manfaat media relations di era media sosial. 

1. Media Relations Menjadi PR Digital

Manfaat media relations di era media sosial yang pertama adalah menjadi PR digital.

Menurut laman Jive PR + Digital, PR digital adalah pengembangan PR tradisional yang menggunakan perencanaan strategis berbagai kanal internet dan digital untuk mencapai kehadiran daring lebih besar. 

Dibandingkan sebelumnya yang banyak menggunakan publikasi cetak, TV, radio, atau platform above the line (ATL) lainnya, PR digital lebih memaksimalkan internet, salah satunya media sosial. 

Meskipun demikian, persamaan antara PR tradisional dan PR digital yakni dapat membangun dan menjaga citra brand atau perusahaan yang positif melalui media relations

Bahkan, keduanya dapat diimplementasikan untuk memperluas jangkauan. 

Keuntungannya, PR digital dengan bantuan media sosial dapat mempercepat persebaran informasi lebih efektif dengan pilihan media sosial yang segmented atau lebih sesuai target audiens. 

Bahkan PR digital dapat melibatkan user-generated content atau konten yang dihasilkan pengguna untuk menciptakan engagement yang bermakna. 

2. Media Relations Berkolaborasi dengan Media Sosial

Berikutnya, manfaat media relations di era media sosial adalah bisa saling melengkapi.

Laman Sprout Social juga menyatakan bahwa media sosial dapat membuat pitch Anda tetap relevan dan bernilai berita. 

Plus, Anda terbantu untuk membangun dan menjaga relasi personal dengan para jurnalis. 

Kesempatan untuk mendapatkan liputan dari jurnalis juga makin besar, bukan? 

Nik Sharma, pengusaha Amerika Serikat yang masuk daftar Forbes 30 Under 30, menulis di akun Twitter-nya mengenai agensi PR yang saja tidak cukup untuk mendapatkan organic coverage atau jangkauan secara organik. 

Mengapa demikian? Strategi media relations harus dilakukan “ekstra” dengan bantuan agensi PR dan media sosial. 

Beberapa di antaranya adalah membuat momen sebagai brand. Pastikan Anda terlibat dalam percakapan yang relevan secara kultural. 

Tidak lupa, lakukan juga hal-hal yang belum dilakukan brand lain. 

Untuk tampil beda di media sosial dengan media relations memang terasa lebih menantang dibanding sebelumnya. 

Namun, ada satu alasan yang membuat hal ini tetap dilakukan. Scroll untuk poin selanjutnya. 

3. Media Relations Dapat Menghemat Biaya

Terakhir, manfaat media relations di era media sosial adalah bisa menghemat biaya. Mengapa demikian? 

Mengutip laman PR.co, media relations adalah jenis pemasaran yang hemat biaya. 

Namun hal tersebut menjadi bonus, tergantung cara komunikasi yang Anda pilih.

Menurut laman Forbes, jika Anda melakukan kegiatan PR dan media relations secara benar seperti berita, penempatan produk (product placement), hingga blog, kegiatan ini dapat dilakukan dengan biaya lebih terjangkau. 

Perlu Anda ketahui bahwa PR dan media relations fokus pada kualitas dan bergantung pada strategi Anda dan efektivitas media. 

Bagaimana jika Anda membuat kampanye PR? Hal tersebut juga berlaku sampai kampanye tersebut menjadi ramai dibicarakan dan abadi di benak masyarakat. 

Kesimpulan

Laman Forbes menyatakan bahwa PR, termasuk media relations, adalah segala hal tentang menempatkan sebuah brand atau perusahaan agar memiliki efek positif melalui kanal-kanal yang berbeda. 

Oleh karena itu, media relations masih relevan meski di era media sosial. Bahkan, media relations dan media sosial dapat berjalan secara beriringan, tergantung target audiens, cara penyampaian komunikasi, objektif kampanye, hingga kanal penyebaran informasi yang dituju. 

Dapat disimpulkan, terdapat tiga manfaat media relations di era media sosial seperti berikut. 

  1. Media relations menjadi PR digital 
  2. Media relations berkolaborasi dengan media sosial 
  3. Media relations dapat menghemat biaya 

Masih ragu mempercayakan media relations untuk brand atau perusahaan Anda? Cari tahu selengkapnya mengenai keuntungan media relations untuk perusahaan dan jenis media relations yang tepat untuk Anda. Semangat! 

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id