Anda pasti sering melihat hashtag atau tanda pagar atau tagar (#) disertai caption di media sosial. Hashtag memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat sekarang, apalagi dengan banyaknya social media. Tagar pertama kali digunakan di Twitter pada 2007.
Dikutip dari Hootsuite, orang yang pertama kali menggunakan # yaitu Chris Messina, web marketing specialist Twitter. Chris menyarankan perusahaannya menggunakan tagar untuk mengelompokkan tweets yang terkait.
Kini, penggunaan tagar sudah semakin meluas. Hashtag sekarang juga digunakan pada platform media sosial lainnya, seperti Facebook dan Instagram. Siapa sangka tagar memiliki manfaat yang banyak bagi konten yang Anda buat.
Manfaat Hashtag untuk Konten
Menggunakan hashtag di media sosial pada dasarnya bertujuan untuk mengelompokkan konten pada satu topik. Tujuannya yakni memudahkan pengguna untuk menemukan konten yang menurutnya menarik.
Hashtag ternyata memiliki peranan yang penting bagi konten. Fungsi utama dari konten tagar adalah untuk meningkatkan SEO agar para audiens bisa terus mendapatkan update dari kita.
Penggunaan tagar tentu menjadi celah baru bagi Anda untuk mempromosikan konten yang dibuat. Berikut adalah alasan mengapa tagar sangat penting bagi konten.
1. Kebutuhan Branding
Membuat hashtag untuk brand merupakan salah satu cara efektif untuk mempromosikan bisnis. Ketika Anda konsisten menggunakan tagar, pengguna media sosial jadi terarah pada postingan Anda. Selanjutnya, konten yang Anda buat bisa terarah otomatis terhadap pengguna tersebut.
Dikutip dari Kompas.tv, dengan menggunakan tagar yang spesial pada setiap postingan, itu akan membuat ciri khas bagi brand yang Anda bangun. Tagar membantu target audiens Anda untuk menemukan brand.
Berdasarkan sebuah jurnal yang diterbitkan Universitas Airlangga, penggunaan tagar menghasilkan tingkat keterlibatan konsumen yang lebih tinggi dengan lebih dari 50% pertumbuhan per unggahan. Hal itu tentu menguntungkan bagi konten yang Anda buat.
2. Memudahkan Pencarian Konten
Ini merupakan keunggulan utama dari hashtag. Dengan adanya fitur hashtag, pencarian konten akan lebih mudah. Cukup dengan menyertakan tagar yang dicari, maka semua update mengenai postingan tersebut akan secara otomatis terkelompok. Hasil yang ditemukan dengan menggunakan tagar juga beragam meliputi teks, video, foto, dan lainnya.
Hashtag juga bisa menjadi referensi bagi Anda untuk mencari tahu referensi konten yang akan Anda buat selanjutnya. Anda bisa menjadikan tagar yang sedang banyak dibahas sebagai ide konten selanjutnya. Hal ini bertujuan agar konten yang dibuat dilirik banyak orang. Dampaknya: tingkat engagement pun meningkat.
3. Membantu Kampanye Lintas Platform Media Sosial
Hashtag atau tagar bisa Anda gunakan untuk kampanye lintas platform. Hal ini karena tagar yang Anda buat di berbagai platform media sosial dapat terhubung satu sama lain.
Sebagai contoh, Anda membuat konten dan menyertakan tagar di Facebook. Anda juga menyertakan tagar tersebut di platform media sosial yang lain seperti Instagram. Tagar tersebut dapat ditemukan di lebih dari satu platform. Ini tentu lebih mempermudah Anda untuk promosi konten.
Kesimpulan
Beberapa keuntungan yang Anda dapatkan dari penggunaan hashtag yaitu:
- Kebutuhan branding
- Memudahkan pencarian konten
- Membantu kampanye di lintas platform media sosial
Sekarang Anda sudah tahu manfaat dari penggunaan hashtag bagi konten, bukan? Anda bisa mencari ide konten melalui tagar yang sedang ramai. Namun, tidak hanya itu, Anda juga harus membuat isi konten yang dilirik pembaca. Selamat mencoba!